Cara

Budidaya Semangka Inul Kuning Menguntungkan Banyak Petani

Pemupukan Susulan

Untuk melakukan pemupukan susulan dengan fokus perbesaran dengan menggunakan pupuk NPK 16-16-16 ketika tanaman memasuki usia 45 hari setelah tanam.

Atau petani juga bisa melakukan pemupukan susulan bersamaan dengan pengairan tanaman semangka inul kuning di lahan pertanian.

Pemupukan susulan dengan menggunakan pupuk NPK bisa petani lakukan secara rutin selama 10 hari berturut-turut.

Penyeleksian Buah Semangka Inul Kuning

Petani perlu melakukan penyeleksian buah semangka inul kuning untuk memperhatikan buah semangka inul kuning yang tumbuh.

Hal pertama yang perlu petani lakukan adalah membiarkan semua buah semangka inul kuning tumbuh mulai dari sulur utama hingga cabang.

Buah semangka inul kuning yang bisa petani pilih adalah buah yang terletak jauh dari akar tanaman semangka yang petani budidayakan.

Pilih buah semangka inul kuning yang proporsional setiap tanaman dan perlu petani sisakan 2 – 3 buah per tanaman.

Selanjutnya petani bisa melakukan perempelan sekunder pada tanaman untuk tetap menjaga nutrisi dan tingkat kesuburan buah.

Setelah melakukan perempelan, petani bisa melakukan lapisan pelindung pada bagian bawah buah agar buah tidak bersentuhan langsung dengan tanah.

Buah semangka inul kuning yang bersentuhan langsung dengan tanah berpotensi terserang hama ulat.

Alas yang petani gunakan harus memiliki pori pori agar air bisa menyerap ke tanah dan jadi tidak menggenangi buah semangka inul kuning.

Pembalikan Buah

Untuk pembalikan buah semangka inul kuning yang petani budidayakan bisa petani lakukan setiap 1 minggu sekali.

Proses pembalikan buah semangka inul kuning bertujuan untuk mendapatkan warna kulit buah yang merata dan bagus.

Pengendalian Hama Dan Penyakit

Hama dan penyakit tanaman merupakan kendala utama petani dalam melakukan budidaya semangka inul kuning di lahan pertanian.

Tanaman semangka inul kuning memiliki hama langganan yang bisa menyerang seperti hama serangga dan serangan jamur.

Untuk hama serangga yang menyerang tanaman semangka inul kuning yang petani budidayakan bisa petani kendalikan dengan menggunakan insektisida.

Sedangkan untuk jamur yang menyerang tanaman semangka inul kuning bisa petani kendalikan dengan fungisida kualitas terbaik.

Penggunaan insektisida dan fungisida juga harus sesuai dengan dosis yang terlampir dan tidak boleh berlebihan.

Penggunaan insektisida dan fungisida yang berlebihan akan merusak lingkungan sekitar tanaman semangka inul kuning yang petani budidayakan.

Baca Juga : Jual Benih Pohon Semangka Inul Kualitas Unggul Idaman Petani

Masa Panen Semangka Inul Yang Petani Budiayakan

Dalam budidaya semangka inul kuning, petani bisa mendapatkan panen yang melimpah apabila petani mampu merawat tanaman dengan baik dan benar.

Pemanenan semangka inul kuning bisa petani lakukan ketika tanaman semangka inul kuning memasuki usia 55 hingga 70 hari setelah tanam.

Semua itu tergantung kepada varietas bibit semangka inul kuning yang petani budidayakan di lahan pertanian milik petani.

Panen semangka inul kuning bisa petani lakukan ketika terlihat gagang buah mulai mengering dan memiliki buah yang sudah besar.

Biasanya setelah tanaman semangka inul kuning sudah selesai petani panen buahnya maka tanaman akan menjadi layu dan mati.

Potensi hasil panen yang bisa petani dapatkan dalam budidaya semangka inul kuning dalam satu hektar lahan bergantung kepada varietas bibit.

Varietas bibit semangka inul kuning terbaik pasti akan menghasilkan panen semangka inul kuning yang maksimal dan berkualitas.

Hasil panen semangka inul kuning bisa petani pasarkan untuk memenuhi permintaan pasar yang tinggi terhadap semangka inul kuning.

Buah semangka inul kuning yang berkualitas juga tahan simpan lama sehingga bisa petani pasarkan untuk luar pulau.

Dan juga buah semangka inul kuning yang berkualitas juga sudah menjadi incaran utama para tengkulak dan pedagang pasar induk.

Panen semangka inul kuning yang berkualitas dan tinggi membuat petani bisa mendapatkan keuntungan yang besar dan bisa mencapai kesuksesan.

Baca Juga : Bibit Semangka Inul Yang Paling Bagus Hasilkan Panen Menguntungkan

Page: 1 2 3 4

imgaagro25
Share
Published by
imgaagro25

Recent Posts

Jual Orondis Opti Untuk Cabe Ampuh Basmi Penyakit Tanaman

Jual Orondis Opti Untuk Cabe Ampuh Basmi Penyakit Tanaman. Toko Lmga Agro Whatsapp/SMS (081-252-221-17) serta… Read More

April 20, 2024

Ketahui Masa Panen Bawang Putih Berkualitas Untungkan Petani

Ketahui Masa Panen Bawang Putih Berkualitas Untungkan Petani. 082141747141 (Telp) 081-252-221-17 (via SMS/WA). Lmga Agro… Read More

April 18, 2024

Cara Menanam Cabe Rawit Di Kebun Dengan Hasil Yang Optimal

Cara Menanam Cabe Rawit Di Kebun Dengan Hasil Yang Optimal. 082141747141 (untuk Telp) 081-252-221-17 (Untuk… Read More

April 16, 2024

Bagaimana Cara Merawat Tanaman Tomat Yang Tingkatkan Panen

Bagaimana Cara Merawat Tanaman Tomat Yang Tingkatkan Panen. 082141747141 (Telepon ) 0812-5222-117 ( via SMS… Read More

April 14, 2024

Lmga Agro Grosir Toko Pertanian Terdekat Andalan Para Petani

Lmga Agro Grosir Toko Pertanian Terdekat Andalan Para Petani. 082141747141 (Telp) 081-252-221-17 (via SMS/WA). Toko… Read More

April 12, 2024

Tempat Jual Bibit Buah Terdekat Lmga Agro Hadir Bantu Petani

Tempat Jual Bibit Buah Terdekat Lmga Agro Hadir Bantu Petani. 082141747141 (Telepon) 0812-5222-117 (SMS/WA). Toko… Read More

April 10, 2024