Bibit Benih

Budidaya Sawi Putih Dataran Rendah Menguntungkan Kelompok Tani

Ulat grayak (Spodoptera exigua dan Spodoptera litura)

Hama satu ini memiliki ukuran mulai 15-25 mm. Memiliki ciri fisik berwarna hijau tua kecoklatan dengan totol-totol berwarna hitam di ruas-ruas buku badannya.

Sedangkan Spodoptera exigua mempunyai ukuran yang sama akan tetapi memiliki perbedaan yaitu warna yang hijau muda dan tanpa totol hitam di ruas badannya.

Hama ini menyerang tumbuhan dengan cara memakan daun-daun muda pada tanaman sehingga daun menjadi berlubang.

Secara umum pembasmian hama ini dalam budidaya sawi putih dataran rendah bisa petani lakukan dengan cara penyemprotan insektisida pada tanaman yang terserang hama ini.

Ulat Daun (Plutella xylostella)

Merupakan hama kecil yang meresahkan para petani sawi putih. Pasalnya Hama yang berukuran 7-10 mm ini lebih suka bergerombol dan menempati pucuk tanaman.

Akibatnya pucuk tanaman yang memiliki daun muda menjadi berlubang. Serangan semakin parah apabila sudah mengenai titik tembus tunas. Karena akan mengganggu proses pertumbuhan krop.

Pembasmian hama ini petani budidaya sawi putih dataran rendah petani bisa melakukan dengan menyemprot insektisida pada tanamanĀ  secara merata.

Ulat tanah (Agrotis sp.)

hewan berwarna coklat kehitaman ini menyerah tanaman kecil setelah tanaman dipindah ke lahan tanam. Hama ulat tanah akan menyerang tanaman pada malam hari karena ulat tanah takut sinar matahari.

Ulan tanah akan menyerang pangkal batang yang masih sukulen hingga putus dan membuat tanaman mati karena tidak memiliki titik tumbuh.

Melakukan sanitasi pada tanaman yang belum terserang hama ini dapat membantu meringankan beban petani. Apabila sudah terlanjur terserang hama ini, petani harus siap melakukan pemberantasan dengan penyemprotan insektisida.

Dari sekian hama, petani belum aman sampai di situ. Karena petani masih mempunyai musuh lain yaitu penyakit yang dapat menyerang tanaman sawi putih ini. Ada beberapa penyakit yang bisa menyerang tanaman sawi putih, yaitu:

Downy Mildew ( Pseudoperonospora sp.)

Penyakit Downy Mildew ini sering menyerang tanaman sawi putih. Serangan penyakit ini membuat sawi putih menjadi muncul bercak kuning dengan bentuk kotak sesuai alur tulang daun. Bercak kuning akan muncul pada daun tua.

Semakin tua daun yang menungging semakin lebar dan mengarah ke arah daun yang lebh muda yang berada pada atas daun.

Pencegahan penyakit ini dapat petani lakukan dengan cara menghindarkan tanaman sawi putih dari tanaman sawi putih yang berumur lebih tua dan kemungkinan terjangkit penyakit ini.

Selain itu bisa juga dengan memperbaiki drainase lahan ketika musim hujan tiba, dan melakukan sanitasi lahan.

Jika sudah terjangkit penyakit Downy Mildew, petani harus menyemprot tanaman menggunakan fungisida yang tepat dan merata pada semua tumbuhan.

Page: 1 2 3 4

imgaagro25
Share
Published by
imgaagro25

Recent Posts

Tips Cara Memupuk Tanaman Padi Yang Benar Dan Paling Efektif

Tips Cara Memupuk Tanaman Padi Yang Benar Dan Paling Efektif. 082141747141 (Telp) 081-252-221-17 (via SMS/WA).… Read More

Mei 6, 2024

Jual Harga Cabrio 250 EC Murah Ampuh Mengatasi Penyakit Tanaman

Jual Harga Cabrio 250 EC Murah Ampuh Mengatasi Penyakit Tanaman. Toko Lmga Agro telepon (0821-4174-7141)… Read More

Mei 4, 2024

Tips Jadwal Pemupukan Padi Agar Maksimal Menguntungkan

Tips Jadwal Pemupukan Padi Agar Maksimal Menguntungkan. 082141747141 (Telp) 081-252-221-17 (via SMS/WA). Toko Pertanian Lmga… Read More

Mei 2, 2024

Jual Harga Ultradap 1 Kg Terjangkau Dapat Menyuburkan Tanaman

Jual Harga Ultradap 1 Kg Terjangkau Dapat Menyuburkan Tanaman. Toko Pertanian Online Lmga Agro Whatsapp/SMS… Read More

April 30, 2024

Waktu Yang Tepat Pemberian Pupuk NPK Pada Tanaman Budidaya

Waktu Yang Tepat Pemberian Pupuk NPK Pada Tanaman Budidaya. 082141747141 (Telepon) 0812-522-2117 (SMS/WA). Toko Pertanian… Read More

April 28, 2024

Jual Movento Untuk Cabe, Insektisida Yang Ampuh Basmi Hama

Jual Movento Untuk Cabe, Insektisida Yang Ampuh Basmi Hama. Toko Pertanian Lmga Agro telepon (0821-4174-7141)… Read More

April 26, 2024