Bibit Benih

Sayur Kubis Takada Tahan Penyakit Favorit Petani

Penyakit Tanaman Ancam Sayur Kubis

Budidaya sayur kubis mampu hasilkan banyak keuntungan bagi para petani karena termasuk komoditas unggulan di pasaran. Sehingga, banyak petani memanfaatkan benih kubis seperti sayur kubis takada untuk budidaya tanaman.

Namun, para petani juga perlu menjaga kualitas pertumbuhan tanaman kubis dari serangan penyakit tanaman. Hal ini karena, penyakit tanaman kubis menyebabkan kualitas pertumbuhan tanaman menurun.

Penyakit pada tanaman kubis bisa terjadi akibat infeksi jamur maupun bakteri selama masa budidaya di lahan pertanian. Beberapa jenis penyakit berbahaya bagi usaha budidaya sayur kubis adalah akar gada, bercak daun, busuk lunak, dan busuk hitam.

Penyakit akar gada pada tanaman sayur kubis terjadi akibat jamur atau cendawan Plasmodiophora brassicae. Ciri utama dari penyakit akar gada pada kubis adalah bagian akar tanaman membesar dan menghambat penyerapan unsur hara dalam tanah.

Sedangkan gejala umum dari akar gada adalah tanaman kubis akan layu pada siang hari dan segar kembali saat malam hari. Selain itu, penyakit akar gada membuat tanaman menjadi kerdil serta pembentukan krop tidak maksimal.

Penyakit bercak daun pada kubis terjadi akibat serangan jamur Alternaria brasicae saat lingkungan budidaya dalam keadaan basah dan lembab. Gejala penyakit bercak daun adalah terdapat bercak berwarna coklat dan membuat daun berlubang.

Penyakit busuk lunak pada budidaya sayur kubis terjadi akibat serangan bakteri jenis Erwinia carotovora. Bakteri jenis ini sering menyerang budidaya kubis saat kondisi lingkungan basah dan lembab.

Gejala serangan penyakit busuk lunak atau soft root pada budidaya kubis adalah batang kubis atau krop kubis mengalami busuk basah. Selain itu, pada lokasi terjadinya busuk basah akan menimbulkan bau yang tidak sedap.

Penyakit busuk hitam terjadi akibat infeksi bakteri Xanthomonas campestris yang bisa terbawa pada benih tanaman. Gejala utama dari penyakit busuk hitam adalah terdapat bagian tanaman yang menguning dan apabila dibiarkan maka seluruh daun kubis akan mudah gugur.

Baca Juga : Arashi Manjur Mencegah dan Mengobati Akar Gada

Benih Sayur Kubis Takada Known You Seed

Benih Kubis Takada Favorit Petani

Peluang usaha budidaya sayur kubis atau kol sudah banyak petani lakukan di lahan pertanian guna mencukupi kebutuhan pasar. Hal ini karena, sayur kubis atau kol merupakan sayuran hijau favorit masyarakat dari berbagai kalangan.

Para petani rutin membudidayakan sayur kubis di lahan pertanian memanfaatkan varietas benih kubis terbaik. Salah satu varietas benih kubis terbaik yang bisa petani budidayakan adalah benih sayur kubis takada.

Sayur kubis takada merupakan varietas benih sayur kubis kualitas terbaik produksi PT Known You Seed Indonesia. Benih sayur kubis takada bisa petani budidayakan pada lingkungan dataran menengah hingga dataran tinggi.

Sehingga, benih kubis takada Known You Seed ini sangat membantu bagi para petani yang memiliki lahan di dataran menengah dan tinggi. Selain itu, budidaya sayur kubis takada bisa petani lakukan saat musim hujan maupun kemarau.

Hal ini membuat benih sayur takada Known You Seed menjadi primadona bagi para petani karena mudah beradaptasi dengan cuaca. Sehingga, petani bisa membudidayakan sayur kubis takada kapan saja.

Benih sayur kubis takada dari Known You Seed mampu tumbuh dengan kokoh dan memiliki lapisan lilin yang cukup tebal. Selain itu, pertumbuhan sayur kubis takada seragam sehingga memudahkan petani dalam proses perawatan.

Budidaya sayur kubis takada bisa petani panen saat tanaman berumur 65 hari setelah pindah tanam. Potensi panen dari budidaya sayur kubis takada menguntungkan bagi petani karena mampu mencapai 2.5 kg/krop.

Sayur kubis takada memiliki karakteristik seperti krop berbentuk gepeng, besar, keras, dan tahan tunda panen. Selain itu, hasil panen sayur kubis takada memiliki ketahanan ketika proses distribusi ke lokasi yang cukup jauh.

Para petani bisa mendapatkan benih sayur kubis takada Known You Seed di toko bibit sayuran terdekat atau toko pertanian terdekat. Selain itu, toko pertanian online bisa menjadi pilihan petani untuk membeli benih kubis takada kapan saja dan dimana saja.

Baca Juga : Benih Kubis, Manfaat Kubis, dan Cara Menanam Kubis

Page: 1 2 3 4

imgaagro25
Share
Published by
imgaagro25

Recent Posts

Umur Bibit Cabe Siap Tanam Dengan Hasil Panen Yang Maksimal

Umur Bibit Cabe Siap Tanam Dengan Hasil Panen Yang Maksimal. 082141747141 ( Khusus telepon )… Read More

April 24, 2024

Potensi Hasil Tanam Cabe 1000 Batang Yang Untungkan Petani

Potensi Hasil Tanam Cabe 1000 Batang Yang Untungkan Petani. 082141747141 (Telp) 081-252-221-17 (via SMS/WA). Toko… Read More

April 22, 2024

Jual Orondis Opti Untuk Cabe Ampuh Basmi Penyakit Tanaman

Jual Orondis Opti Untuk Cabe Ampuh Basmi Penyakit Tanaman. Toko Lmga Agro Whatsapp/SMS (081-252-221-17) serta… Read More

April 20, 2024

Ketahui Masa Panen Bawang Putih Berkualitas Untungkan Petani

Ketahui Masa Panen Bawang Putih Berkualitas Untungkan Petani. 082141747141 (Telp) 081-252-221-17 (via SMS/WA). Lmga Agro… Read More

April 18, 2024

Cara Menanam Cabe Rawit Di Kebun Dengan Hasil Yang Optimal

Cara Menanam Cabe Rawit Di Kebun Dengan Hasil Yang Optimal. 082141747141 (untuk Telp) 081-252-221-17 (Untuk… Read More

April 16, 2024

Bagaimana Cara Merawat Tanaman Tomat Yang Tingkatkan Panen

Bagaimana Cara Merawat Tanaman Tomat Yang Tingkatkan Panen. 082141747141 (Telepon ) 0812-5222-117 ( via SMS… Read More

April 14, 2024