Pestisida

Fungisida Sistemik Untuk Bawang Merah Murah Pilihan Petani

Budidaya Bawang Merah Menarik dan Menguntungkan

Usaha Menguntungkan Budidaya Bawang Merah

Peluang usaha pertanian seperti budidaya tanaman telah lama petani lakukan untuk menghasilkan bahan pangan nabati kualitas terbaik. Sehingga, kebutuhan pangan sehari-hari masyarakat tetap terpenuhi.

Bawang merah menjadi salah satu jenis tanaman rempah-rempah yang bisa petani budidayakan di lahan pertanian. Selain itu, bawang merah juga termasuk dalam bumbu masak utama dan menjadi komoditas unggulan di pasaran.

Sehingga, banyak petani yang tertarik untuk membudidayakan bawang merah di lahan pertanian. Hal ini karena, potensi keuntungan yang cukup besar dari hasil penjualan panen bawang merah ke pasaran.

Namun, para petani tentunya harus mengetahui syarat tumbuh yang optimal untuk usaha budidaya bawang merah di lahan pertanian. Hal ini penting agar petani mampu menumbuhkan bawang merah dengan kualitas terbaik dan menguntungkan.

Budidaya bawang merah bisa petani budidayakan dari dataran rendah hingga dataran tinggi, atau dari ketinggian 0-450 mdpl untuk rekomendasinya. Selain itu, usahakan lahan pertanian yang petani gunakan bebas dari hama penyakit tanaman.

Petani juga perlu memilih varietas benih bawang merah berkualitas yang memiliki keunggulan seperti pertumbuhan tanaman kokoh dan tahan hama penyakit. Sehingga, petani bisa lebih mudah dalam melakukan proses perawatan tanaman bawang merah.

Proses perawatan bawang merah perlu petani lakukan secara rutin seperti penyiraman, pemupukan, hingga pencegahan hama penyakit. Hal ini penting agar bawang merah mampu tumbuh berkualitas dan hasilkan panen terbaik.

Budidaya bawang merah yang menghasilkan panen berkualitas memudahkan petani untuk menjualnya kepada para juragan sayur maupun pedagang. Sehingga, petani bisa mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan panen bawang merah.

Selanjutnya bawang merah akan didistribusikan ke pasaran guna mencukupi kebutuhan bawang merah untuk konsumen. Sehingga, stok bawang merah tetap aman dan terhindar dari kelangkaan.

Kesimpulannya, budidaya bawang merah merupakan salah satu peluang usaha pertanian yang menguntungkan. Selain itu, petani juga membantu menjaga stok bawang merah di pasaran agar tetap terkendali.

Baca Juga : Budidaya Bawang Merah Yang Baik dan Benar

Penyakit Bawang Merah Rugikan Petani

Budidaya bawang merah menjadi salah satu peluang usaha yang menguntungkan untuk petani karena hasil panennya menjadi komoditas unggulan. Selain itu, budidaya bawang merah sangat penting untuk menjaga stok bawang merah di pasaran.

Sebagai salah satu jenis tanaman yang bisa petani budidayakan, bawang merah juga memiliki penyakit tanaman langganan. Sehingga, petani perlu menyiasatinya dengan melakukan langkah pencegahan dan pengendalian penyakit tanaman.

Penyakit tanaman pada budidaya bawang merah terjadi akibat serangan atau infeksi dari organisme pengganggu tanaman seperti virus maupun jamur. Sehingga, petani perlu mewaspadai beberapa ciri-ciri yang menunjukkan bahwa tanaman terserang OPT.

Beberapa penyakit tanaman mampu membuat tanaman bawang merah mengalami penurunan kualitas pertumbuhan dan merugikan petani. Berikut ini beberapa penyakit tanaman yang mengancam budidaya bawang merah.

Layu Fusarium

Penyakit layu fusarium pada bawang merah terjadi akibat serangan jamur patogen Fusarium oxysporum. Selain itu, jenis penyakit akibat jamur ini juga kerap menyerang jenis tanaman lain seperti cabe dan tomat.

Gejala utama dari penyakit layu fusarium pada budidaya bawang merah adalah tanaman menjadi mudah layu. Selain itu, daun tanaman bawang merah berubah warna menjadi kuning dan melintir.

Layu fusarium juga menyerang bagian umbi tanaman, sehingga warna umbi berubah menjadi putih dan busuk. Hal ini karena, pada umbi tanaman terdapat kumpulan jamur penyebab penyakit layu fusarium.

Langkah pengendalian yang bisa petani lakukan adalah mencabut tanaman yang sudah terinfeksi layu fusarium. Lalu lakukan perbaikan pada drainase dan sanitasi lahan agar penyakit layu fusarium tidak menyebar pada tanaman lain.

Fungisida sistemik untuk bawang merah juga bisa menjadi pilihan petani untuk mencegah dan mengendalikan layu fusarium pada tanaman. Petani bisa memberikan fungisida sistemik untuk bawang merah sesuai dosis yang berlaku.

Antraknosa

Budidaya bawang merah juga terancam oleh salah satu penyakit akibat jamur patogen, yaitu antraknosa. Penyakit antraknosa bisa terjadi pada budidaya bawang merah karena serangan jamur Coletotrichum gloeosporiodes.

Penyakit antraknosa pada bawang merah memiliki gejala timbulnya bercak pada daun tanaman berukuran 1-2 mm. Bercak pada daun tanaman tersebut seiring waktu akan berubah menjadi merah muda hingga hitam gelap.

Petani bisa mencegah dan mengendalikan antraknosa dengan cara mengatur jarak tanam agar tidak terlalu rapat. Selain itu, penggunaan pupuk secara seimbang juga menurunkan resiko tanaman bawang merah terinfeksi antraknosa.

Petani juga bisa menggunakan mulsa pertanian untuk menjaga kelembaban pada lahan pertanian. Selain itu, penggunaan fungisida sistemik untuk bawang merah juga bisa petani lakukan sesuai dosis yang dianjurkan.

Page: 1 2 3 4 5

imgaagro25
Share
Published by
imgaagro25

Recent Posts

Jual Harga Cabrio 250 EC Murah Ampuh Mengatasi Penyakit Tanaman

Jual Harga Cabrio 250 EC Murah Ampuh Mengatasi Penyakit Tanaman. Toko Lmga Agro telepon (0821-4174-7141)… Read More

Mei 4, 2024

Tips Jadwal Pemupukan Padi Agar Maksimal Menguntungkan

Tips Jadwal Pemupukan Padi Agar Maksimal Menguntungkan. 082141747141 (Telp) 081-252-221-17 (via SMS/WA). Toko Pertanian Lmga… Read More

Mei 2, 2024

Jual Harga Ultradap 1 Kg Terjangkau Dapat Menyuburkan Tanaman

Jual Harga Ultradap 1 Kg Terjangkau Dapat Menyuburkan Tanaman. Toko Pertanian Online Lmga Agro Whatsapp/SMS… Read More

April 30, 2024

Waktu Yang Tepat Pemberian Pupuk NPK Pada Tanaman Budidaya

Waktu Yang Tepat Pemberian Pupuk NPK Pada Tanaman Budidaya. 082141747141 (Telepon) 0812-522-2117 (SMS/WA). Toko Pertanian… Read More

April 28, 2024

Jual Movento Untuk Cabe, Insektisida Yang Ampuh Basmi Hama

Jual Movento Untuk Cabe, Insektisida Yang Ampuh Basmi Hama. Toko Pertanian Lmga Agro telepon (0821-4174-7141)… Read More

April 26, 2024

Umur Bibit Cabe Siap Tanam Dengan Hasil Panen Yang Maksimal

Umur Bibit Cabe Siap Tanam Dengan Hasil Panen Yang Maksimal. 082141747141 ( Khusus telepon )… Read More

April 24, 2024