Bibit Benih

Jual Cabai Rawit Rawita Harga Murah Tahan Antraknosa

Cabai Rawit Sumber Keuntungan Petani Cabe

Tanaman cabe merupakan salah satu jenis tanaman penghasil bahan pangan nabati yang banyak petani budidayakan di lahan pertanian. Sehingga, mampu menghasilkan buah cabe dengan kualitas terbaik yang jadi favorit konsumen.

Tanaman cabe yang petani budidayakan di lahan pertanian terdiri dari beberapa jenis berbeda menyesuaikan dengan keinginan petani. Beberapa jenis tanaman cabe yang populer untuk petani budidayakan adalah cabe besar, cabe keriting, dan cabe rawit.

Cabe rawit menjadi salah satu jenis tanaman cabe yang bisa petani budidayakan di lahan pertanian. Selain itu, cara menanam cabe rawit terbilang mudah bagi para petani cabe dan pelaku usaha pertanian.

Budidaya cabe rawit bisa petani lakukan pada daerah dataran rendah hingga dataran tinggi atau menyesuaikan dengan varietas benih cabe. Selain itu, lahan pertanian yang petani pilih haruslah memiliki unsur hara yang cukup untuk asupan nutrisi tanaman.

Kebutuhan nutrisi bagi tanaman cabe rawit sangatlah penting karena berpengaruh pada kualitas hasil pertumbuhan tanaman cabe. Selain itu, kebutuhan nutrisi yang cukup mampu menghasilkan buah cabai rawit dengan kualitas terbaik.

Hasil panen budidaya cabe rawit bisa petani jual kepada para juragan cabe maupun pedagang sayur. Proses penjualan hasil panen ini tergolong mudah dan cepat karena cabai rawit termasuk dalam komoditas pangan unggulan incaran para konsumen.

Sebagai salah satu komoditas pangan unggulan, cabai rawit memiliki banyak konsumen dari berbagai kalangan. Sehingga, stok cabai rawit di pasaran rentan habis apabila petani cabe tidak membudidayakannya di lahan pertanian.

Peminat cabai rawit terdiri dari masyarakat umum, pelaku usaha kuliner, hingga usaha mikro kecil menengah. Hal ini karena, cabai rawit termasuk bahan pangan serbaguna yang mampu menambah cita rasa suatu makanan.

Sehingga, peluang usaha budidaya cabe rawit menjadi hal yang menguntungkan bagi para petani cabe. Karena mampu menghasilkan salah satu komoditas pangan unggulan yang memiliki banyak peminat.

Baca Juga : Budidaya Cabe Rawit Pedas Nikmat Idola Petani dan Masyarakat

Antraknosa Ancam Budidaya Cabai Rawit

Penyakit Antraknos Sumber Kerugian Petani

Budidaya cabe rawit menjadi salah satu peluang usaha pertanian yang mampu menghasilkan banyak keuntungan bagi para petani. Hal ini karena, budidaya cabe rawit mampu menghasilkan panen komoditas pangan unggulan.

Namun, peluang usaha pertanian ini terkadang mengalami kendala atau masalah yang merugikan seperti penyakit tanaman. Jenis penyakit tanaman yang seringkali menyerang budidaya cabai rawit adalah antraknosa.

Penyakit antraknosa pada tanaman cabai rawit terjadi akibat infeksi jamur patogen Colletotrichum capsici. Jamur patogen ini bisa menyerang tanaman cabai rawit akibat lingkungan lahan pertanian yang lembab dan basah.

Lingkungan lahan pertanian yang basah dan lembab bisa dengan mudah terjadi pada budidaya cabe rawit di musim hujan. Hal ini karena, curah hujan yang terjadi secara teratur mampu meningkatkan kelembaban pada lingkungan.

Selain itu, lingkungan lahan pertanian yang tidak memiliki drainase yang baik berpotensi hasilkan genangan air. Sehingga, pertumbuhan jamur patogen menjadi lebih cepat dan menyebabkan penyakit antraknosa.

Gejala umum serangan antraknosa pada budidaya cabe rawit sering terjadi pada bagian buah cabai rawit. Sehingga, pada buah cabai rawit akan terdapat bercak melingkar, cekung, dan berwarna coklat.

Bercak tersebut seiring waktu akan berkembang dan mulai meluas pada permukaan buah cabe rawit. Sehingga, menghasilkan cekungan yang membuat buah cabai rawit membusuk, kering, dan akhirnya jatuh.

Penyakit antraknosa ini bisa menular dengan mudah pada tanaman cabai rawit lainnya melalui air maupun angin. Sehingga, potensi kerugian petani akan meningkat apabila penyakit antraknosa tidak segera petani kendalikan.

Salah satu cara ampuh untuk menghindari dan meminimalisir serangan antraknosa pada cabai rawit adalah menggunakan benih tahan antraknosa. Salah satu varietas benih yang bisa petani gunakan adalah benih cabai rawit Rawita.

Kesimpulannya, budidaya cabe rawit terancam oleh penyakit antraknosa yang merusak buah cabe. Sehingga, petani harus cepat mencari solusi yang tepat guna tidak hasilkan banyak kerugian.

Baca Juga : 5 Varietas Cabai Rawit Tahan Antraknosa Andalan Petani

Page: 1 2 3 4

imgaagro25
Share
Published by
imgaagro25

Recent Posts

Jual Harga Cabrio 250 EC Murah Ampuh Mengatasi Penyakit Tanaman

Jual Harga Cabrio 250 EC Murah Ampuh Mengatasi Penyakit Tanaman. Toko Lmga Agro telepon (0821-4174-7141)… Read More

Mei 4, 2024

Tips Jadwal Pemupukan Padi Agar Maksimal Menguntungkan

Tips Jadwal Pemupukan Padi Agar Maksimal Menguntungkan. 082141747141 (Telp) 081-252-221-17 (via SMS/WA). Toko Pertanian Lmga… Read More

Mei 2, 2024

Jual Harga Ultradap 1 Kg Terjangkau Dapat Menyuburkan Tanaman

Jual Harga Ultradap 1 Kg Terjangkau Dapat Menyuburkan Tanaman. Toko Pertanian Online Lmga Agro Whatsapp/SMS… Read More

April 30, 2024

Waktu Yang Tepat Pemberian Pupuk NPK Pada Tanaman Budidaya

Waktu Yang Tepat Pemberian Pupuk NPK Pada Tanaman Budidaya. 082141747141 (Telepon) 0812-522-2117 (SMS/WA). Toko Pertanian… Read More

April 28, 2024

Jual Movento Untuk Cabe, Insektisida Yang Ampuh Basmi Hama

Jual Movento Untuk Cabe, Insektisida Yang Ampuh Basmi Hama. Toko Pertanian Lmga Agro telepon (0821-4174-7141)… Read More

April 26, 2024

Umur Bibit Cabe Siap Tanam Dengan Hasil Panen Yang Maksimal

Umur Bibit Cabe Siap Tanam Dengan Hasil Panen Yang Maksimal. 082141747141 ( Khusus telepon )… Read More

April 24, 2024