Toko Pertanian

Peluang Usaha Pertanian Menjanjikan di Era Digital

Usaha Budidaya Tanaman Hias

Tanaman hias banyak disukai masyarakat sebagai hiasan rumah. Peluang usaha menjual tanaman hias sangat menguntungkan. Tanaman hias biasanya untuk taman rumah, kantor, hotel atau saat acara penting.

Tanaman hias lebih banyak dicari masyarakat perkotaan daripada di desa. Namun bila di desa, tanaman hias bisa dijual bersamaan bibit lainnya yang potensial . Seperti bibit buah-buahan atau sayuran. Di perkotaan, peluang usaha ini khusus menjual tanaman hias baik daun maupun bunga.

Pemula dengan modal terbatas, peluang usaha ini bisa dimulai dengan tanaman hias daun. Bila tanaman tersebut memang lebih laku di daerah Anda. Bila lebih laku tanaman bunga maka perbanyak jenis yang berbunga.

Perawatan tanaman hias harus hati-hati dan perlu sedikit pengetahuan. Menyiram tanaman hias tidak harus setiap hari. Bila tanah dalam kondisi lembab berarti media tanamnya masih dalam kondisi cukup air. Tanah terendam air menyebabkan pembusukan akar. Siramlah tanaman saat tanahnya mulai mengering.

Menyiram sebaiknya dilakukan saat pagi hari. Karena air menyerap cepat ke seluruh bagian saat pagi hari. Sebelum air nanti menguap di siang harinya.

Penyiangan tanaman hias petani lakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan. Pangkas daun yang mulai layu dan menguning. Bersihkan sekitar tanaman dari daun-daun yang rontok dan busuk. Berikan pupuk organik khusus untuk tanaman hias dan berkualitas. Pupuk petani berikan 2 minggu sekali dengan membuat lubang-lubang kecil sekitar tanaman.

Untuk hama tanaman hias biasanya adalah dari jenis ulat dan belalang. Hama ini akan menyerang daun dan bunganya sehingga tanaman tidak indah lagi. Bila tidak terlalu parah, buanglah hama atau belalang yang menempel dan bersihkan kotorannya.

Namun bila hama terlanjur parah, dapat disemprotkan pestisida secukupnya sesuai dosis anjuran. Semprotkan pestisida dengan metode spray. Cairan kunyit dapat Anda pilih sebagai pestisida alami.

Usaha Persewaan dan Distributor Alat Pertanian

Persewaan Alat Pertanian Permudah Petani

Pertanian zaman dulu tidak menggunakan alat-alat secanggih dan secepat sekarang. Dulu mengolah tanah sawah menggunakan cangkul atau bajak dengan ditarik kerbau atau sapi.

Saat panen, tidak menggunakan ani-ani untuk memisahkan padi dengan jerami seperti sekarang. Dulu, padi dipukul-pukulkan agar gabahnya rontok dan membutuhkan tenaga banyak.

Kini era digital dan modern. Banyak alat modern penunjang proses pertanian di desa. Seperti traktor, alat penanam benih, alat pemisah padi dengan jerami, sprayer untuk penyiraman.

Alat-alat tersebut sangat membantu petani agar lebih cepat mengerjakan pekerjaannya. Namun juga alat-alat tersebut sangat mahal harganya. Teradang juga tak terjangkau oleh petani di desa.

Untuk itulah, beberapa orang dengan kemampuan keuangan lebih bisa menyediakan alat-alat pertanian. Kemudian bisa disewakan ke petani yang membutuhkan untuk menggarap sawahnya.

Sebagai distributor, anda pun bisa sekaligus menjadi penyuluh pertanian. Petani juga perlu dibimbing dan dibina tentang perkembangan pertanian sekarang. Apalagi petani juga perlu diperkenalkan cara memanfaatkan internet.

Petani Harus Melek Teknologi Digital

Teknologi digital semakin marak kini di Indonesia. Teknologi ini membantu pemerintah mengetahui kondisi pertanian di lapangan. Pemerintah juga menggunakan penginderaan jauh dan drone, mengawasi beberapa wilayah tentang pertaniannya. Sehingga dapat diketahui wilayah mana surplus dan defisit. Kemudian segera dapat diambil tindakan cepat dan tepat.

Kelemahannya, petani di Indonesia kebanyakan berusia 45 tahun keatas. Usia demikian agak sulit untuk belajar tentang teknologi digital seperti internet.

Hal ini menjadi hambatan karena banyak petani tidak melek teknologi. Bahkan paling sederhana adalah kesulitan untuk mengoperasikan smartphone.

Kebanyakan usia petani cukup tua dan tinggal di pedesaan yang masih hidup sederhana. Mereka juga kurang akrab dengan kecanggihan internet terutama dari smartphone. Melihat kondisi ini, Pemerintah bergerak untuk mendukung kemajuan pertanian. Melibatkan semua pihak untuk ikut dalam pengembangan sektor pertanian.

Dorongan diberikan ke pemuda untuk mampu berinovasi dalam teknologi digital. Pemuda diharapkan bisa menularkan ilmunya ke petani dan membuat teknologi menguntungkan bagi petani. Pendidikan formal petani rata-rata SD, sulit untuk menerima kecanggihan teknologi.

Minimal Petani bisa berkomunikasi dan mendapatkan informasi lewat internet. Karena sekarang segala hal bisa kita lakukan dengan sistem online. Mulai berbelanja kebutuhan bercocok tanam sampai memasarkan hasil panen. Petani pun harus bisa memanfaatkan internet untuk selalu terdepan mendapatkan informasi pertanian.

Online Merambah Ke Sektor Pertanian

Mau tidak mau sistem online sudah berkembang cepat di Indonesia. Semua sektor kehidupan masyarakat semua bisa dikerjakan dengan sitem online. Demikian juga merambah ke sektor pertanian.

Toko pertanian offline juga berjualan secara online. Tujuannya agar semakin dekat ke petani sebagai sasaran pasar toko pertanian. Dengan sistem online, jangkauan pasar juga makin berkembang. Sehingga meningkatkan pendapatan dari peluang usaha toko pertanian.

Online juga bisa dilakukan petani untuk memasarkan hasil pertanian mereka kepada pembelinya. Jadi petani bisa menjual sendiri tanpa ada perantara tengkulak. Sehingga petani mendapatkan harga jual tinggi. Pembeli dapat membeli dengan harga tidak terlalu tinggi.

Lewat online, petani dapat bertaransaksi secara online melalui transfer antar bank. Prosesnya cepat dan tidak banyak memakan waktu dan tenaga. Hal ini perlu kerja keras dan kemauan tinggi petani untuk terus belajar. Demi kemajuan dan peningkatan hasil produksi usaha tani mereka.

Demikian artikel kami dengan judul : Peluang Usaha Pertanian Menjanjikan di Era Digital. Hubungi kami di nomer 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro jual benih, pupuk, ZPT, pestisida dan alat pertanian. Harga bersaing, promo dan produk lengkap.

Toko pertanian LMGA Agro supplier sudah berpengalaman dan didukung pabrik pertanian terkemuka. Seperti BISI, East West Seed, Bayer, Syngenta, Benih Pertiwi, Takii Seed dan lain-lain. Kami melayani konsultasi gratis bagi Anda tentang pertanian dan permasalahan di lahan.

Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Pengiriman dibantu jasa ekspedisi JNE, POS INDONESIA, KI8 dan lainnya. Semoga artikel peluang usaha dunia pertanian menjanjikan ini bermanfaat. Selamat mencoba. Salam sukses…

Page: 1 2 3 4

imgaagro25
Share
Published by
imgaagro25

Recent Posts

Jual Bibit Tomat TM Blazer Unggul Potensi Keuntungan Tinggi

Jual Bibit Tomat TM Blazer Unggul Potensi Keuntungan Tinggi. 0821-4174-7141 untuk (Telp) 0812-5222-117 untuk (SMS/WhatsApp).… Read More

April 6, 2024

Jual Bibit Cabe Siap Tanam Terdekat Menguntungkan Para Petani

Jual Bibit Cabe Siap Tanam Terdekat Menguntungkan Para Petani. 082141747141 ( Untuk telfon ) 08125222117… Read More

April 4, 2024

Jual Bibit Terong Terdekat Unggul Dengan Harga Terjangkau

Jual Bibit Terong Terdekat Unggul Dengan Harga Terjangkau. 082141747141 untuk (Telepon) 08125222117 untuk (SMS/WhatsApp). Toko… Read More

April 2, 2024

Jual Obat Semprot Untuk Tanaman Timun Yang Paling Efektif

Jual Obat Semprot Untuk Tanaman Timun Yang Paling Efektif. Toko Pertanian Online LMGA AGRO (0821-4174-7141)… Read More

Maret 31, 2024

Pemupukan Bawang Merah Musim Kemarau Tingkatkan Panen

Pemupukan Bawang Merah Musim Kemarau Tingkatkan Panen. 082141747141 (Telp) 081-252-221-17 (via SMS/WA). Toko Pertanian Lmga… Read More

Maret 29, 2024

Takaran Pemupukan Jagung Yang Tepat Tingkatkan Produktivitas

Takaran Pemupukan Jagung Yang Tepat Tingkatkan Produktivitas. 082-141-747-141 (Telephone) 081-2522-2117 (SMS/WhatsApp). Toko Pertanian Lmga Agro… Read More

Maret 27, 2024