Pertanian

Tanaman Jagung Makanan Pokok Lezat Menguntungkan

Padi

Jenis tanaman pangan pokok pertama yang sangat mudah dikenali oleh petani dan masyarakat luas adalah tanaman padi. Tanaman padi merupakan jenis tanaman pangan yang sangat terkenal karena menghasilkan jenis makanan pokok populer, yaitu nasi. Sehingga, tanaman padi menjadi jenis tanaman budidaya yang populer untuk petani budidayakan karena menjadi peluang usaha menguntungkan.

Budidaya tanaman padi bisa petani lakukan dengan memperhatikan syarat tumbuhnya tergantung lingkungannya. Pada daerah dataran rendah mulai dari 0-650 mdpl padi bisa tumbuh dengan suhu rata-rata 22-27 derajat celcius. Sedangkan pada daerah dataran tinggi mulai dari 650-1500 mdpl padi bisa tumbuh dengan suhu 19-23 derajat celcius.

Apabila petani melakukan usaha budidaya padi pada lingkungan yang cocok dan sesuai maka hasil panennya berpotensi memiliki kualitas terbaik. Hasil panen padi dengan kualitas terbaik mampu menghasilkan beras berkualitas yang akan mencukupi stok kebutuhan beras untuk masyarakat.

Jagung

Jagung merupakan jenis tanaman pangan lain yang menjadi makanan pokok bagi sebagian masyarakat dan memiliki kandungan karbohidrat yang bermanfaat. Tanaman jagung adalah salah satu tanaman pangan paling penting setelah gandum dan padi. Jenis tanaman ini populer pada daerah Amerika Tengah, Amerika Selatan, Afrika, dan Indonesia sebagai salah satu makanan pokok.

Selain menjadi makanan pokok, jagung juga bisa dimanfaatkan menjadi produk lain yang berguna seperti minyak jagung maupun tepung maizena. Selain itu, tanaman jagung juga bisa menjadi berbagai produk industri lain yang bermanfaat seperti industri farmasi, kosmetik, dan kimia.

Jagung berasal dari usaha budidaya jagung yang petani lakukan pada lingkungan lahan pertanian dan memanfaatkan benih jagung. Selain itu, untuk menghasilkan jagung kualitas terbaik maka petani harus melakukan proses perawatan pada budidaya jagung seperti pemupukan maupun pengairan.

Singkong

Selain padi dan jagung, terdapat jenis tanaman pangan lain yang banyak mengandung karbohidrat yang bermanfaat untuk mengisi energi, yaitu singkong. Singkong merupakan jenis tanaman pangan yang berasal dari umbi tanaman atau terletak pada akar tanaman.

Singkong bisa petani budidayakan pada daerah terbuka yang langsung mendapatkan cahaya matahari dan memiliki kelembaban 60-65%. Sedangkan jenis tanah yang cocok untuk membudidayakan singkong adalah tanah kaya bahan organik dan subur serta memiliki tekstur yang gembur.

Hasil panen budidaya singkong selanjutnya bisa petani jual kepada para pedagang maupun diolah kembali menjadi berbagai jenis makanan. Sehingga, singkong menjadi salah satu jenis tanaman pangan yang mampu membuka peluang usaha menguntungkan dari penjualan produk berbahan dasar singkong.

Baca Juga : Tanaman Hortikultura Jadi Peluang Usaha Tani Di Masa Pandemi

Tanaman Jagung Menguntungkan Petani

Jagung atau tanaman jagung merupakan jenis tanaman pangan yang mampu menghasilkan nutrisi karbohidrat yang berguna untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Sehingga, tanaman jagung bisa menjadi tanaman yang menguntungkan apabila petani manfaatkan untuk melakukan usaha budidaya tanaman.

Budidaya tanaman jagung bisa petani lakukan pada daerah dataran rendah hingga dataran tinggi dengan ketinggian maksimal 1200 mdpl. Sedangkan lahan pertanian untuk usaha budidaya jagung harus memiliki tingkat kesuburan yang cukup dan bertekstur gembur untuk mendukung pertumbuhan tanaman. Selain memiliki karakteristik lahan yang sesuai, lahan pertanian untuk budidaya jagung haruslah memiliki pH tanah yang normal.

Kunci sukses dalam usaha budidaya jagung pada lahan pertanian adalah menjaga tanaman jagung terhindar dari serangan penyakit, seperti penyakit bulai. Penyakit bulai merupakan salah satu jenis penyakit pada jagung yang memiliki potensi merugikan bagi para petani sebagai pelaku usaha pertanian.

Penyakit bulai pada budidaya tanaman jagung bisa petani cegah dengan cara mencampur terlebih dahulu benih jagung dengan fungisida. Atau melakukan penyemprotan fungisida pada tanaman jagung yang berumur 1 minggu hingga 35 hst dengan jarak 7 hari.

Melakukan pencegahan penyakit bulai pada budidaya tanaman jagung bisa membuat tanaman tahan serangan bulai dan menjaga kualitas pertumbuhan tanaman. Sehingga petani bisa melakukan perawatan lain seperti pemupukan untuk meningkatkan kualitas pertumbuhan tanaman jagung. Selain itu, budidaya tanaman jagung yang bebas bulai berpotensi menghasilkan panen jagung kualitas terbaik yang menguntungkan.

Kesimpulannya, tanaman jagung merupakan salah satu jenis tanaman pangan yang sangat menguntungkan bagi para petani sebagai pelaku usaha pertanian. Hal ini karena tanaman jagung merupakan salah satu komoditas pangan unggulan yang bisa masyarakat olah menjadi makanan pokok harian. Selain itu, jagung juga bisa masyaraka olah lebih lanjut menjadi sajian makanan yang lezat dan memenuhi kebutuhan karbohidrat harian.

Baca Juga : Jagung Manis Talenta Disukai Petani dan Pedagang

Page: 1 2 3 4

imgaagro25
Share
Published by
imgaagro25

Recent Posts

Jual Harga Cabrio 250 EC Murah Ampuh Mengatasi Penyakit Tanaman

Jual Harga Cabrio 250 EC Murah Ampuh Mengatasi Penyakit Tanaman. Toko Lmga Agro telepon (0821-4174-7141)… Read More

Mei 4, 2024

Tips Jadwal Pemupukan Padi Agar Maksimal Menguntungkan

Tips Jadwal Pemupukan Padi Agar Maksimal Menguntungkan. 082141747141 (Telp) 081-252-221-17 (via SMS/WA). Toko Pertanian Lmga… Read More

Mei 2, 2024

Jual Harga Ultradap 1 Kg Terjangkau Dapat Menyuburkan Tanaman

Jual Harga Ultradap 1 Kg Terjangkau Dapat Menyuburkan Tanaman. Toko Pertanian Online Lmga Agro Whatsapp/SMS… Read More

April 30, 2024

Waktu Yang Tepat Pemberian Pupuk NPK Pada Tanaman Budidaya

Waktu Yang Tepat Pemberian Pupuk NPK Pada Tanaman Budidaya. 082141747141 (Telepon) 0812-522-2117 (SMS/WA). Toko Pertanian… Read More

April 28, 2024

Jual Movento Untuk Cabe, Insektisida Yang Ampuh Basmi Hama

Jual Movento Untuk Cabe, Insektisida Yang Ampuh Basmi Hama. Toko Pertanian Lmga Agro telepon (0821-4174-7141)… Read More

April 26, 2024

Umur Bibit Cabe Siap Tanam Dengan Hasil Panen Yang Maksimal

Umur Bibit Cabe Siap Tanam Dengan Hasil Panen Yang Maksimal. 082141747141 ( Khusus telepon )… Read More

April 24, 2024