Pertanian

Metode Hidroponik Menguntungkan dan Menyejukkan

Hidroponik NFT

Jenis metode hidroponik pertama yang bisa penghobi tanaman manfaatkan untuk hobi berkebun atau budidaya tanaman adalah hidroponik NFT. Hidroponik NFT memiliki kepanjangan yaitu Nutrient Film Technique yang memanfaatkan aliran nutrisi tipis secara terus menerus untuk kebutuhan tanaman.

Aliran nutrisi dari metode hidroponik NFT tidak seperti aliran air yang deras melainkan aliran nutrisi yang tipis seperti film. Sehingga akar tanaman bisa mendapatkan nutrisi, air, dan oksigen secara bersamaan untuk proses pertumbuhan tanaman. Selain itu, penggunaan hidroponik NFT ini bisa menghemat pengeluaran dan waktu bagi penghobi tanaman.

Metode hidroponik NFT memiliki kelebihan tersendiri, yaitu pertumbuhan tanaman menjadi lebih baik karena sirkulasi air dan nutrisi selalu tercukupi. Selain itu, sirkulasi aliran nutrisi yang teratur membuat suplai oksigen untuk tanaman menjadi lebih optimal dan berpengaruh baik bagi kualitas pertumbuhan tanaman.

Sedangkan, kekurangan dari metode hidroponik NFT adalah modal yang harus penghobi siapkan cukup mahal. Penggunaan listrik selama 24 jam juga bisa menjadi kendala bagi penghobi karena resiko tak terduga seperti mati listrik. Selain itu, apabila tanaman terserang hama atau penyakit beresiko menular dengan lebih cepat dan merata.

Oleh karena itu, penghobi tanaman harus selalu siap dengan berbagai resiko dari penggunaan metode hidroponik NFT. Sehingga, pengecekan tanaman secara berkala menjadi senjata utama bagi penghobi tanaman untuk mencegah tanaman terserang hama penyakit.

Hidroponik Rakit Apung

Hidroponik rakit apung menjadi jenis metode hidroponik selanjutnya yang bisa penghobi tanaman lakukan untuk hobi berkebun. Metode hidroponik ini termasuk mudah untuk penghobi tanaman lakukan karena alat dan bahan pembuatnya sangat sederhana dan mudah untuk ditemukan.

Alat dan bahan yang penghobi tanaman perlukan untuk hidroponik sistem apung adalah sterefoam, tandon nutrisi, dan netpot. Selain itu, metode hidroponik ini bisa penghobi tanaman lakukan dalam skala kecil sebagai hobi, maupun skala besar sebagai usaha sampingan.

Penggunaan metode hidroponik rakit apung banyak memiliki kelebihan yang menguntungkan bagi penghobi tanaman. Salah satu kelebihannya adalah metode ini bisa penghobi tanaman upgrade dengan penggunaan listrik sebagai penunjang oksigen untuk tanaman. Namun, walaupun listrik mati kualitas pertumbuhan tanaman tidak terlalu terganggu, karena asupan nutrisi tanaman tergantung pada pergerakan akar tanaman.

Baca Juga : Hidroponik Sawi Peluang Budidaya Tanaman Hortikultura Idola Petani

Tanaman Hidroponik Cocok Untuk Hobi Berkebun

Budidaya tanaman secara hidroponik menjadi pilihan utama bagi para penghobi tanaman yang ingin melakukan hobi berkebun pada lingkungan rumahnya. Metode hidroponik banyak menjadi pilihan petani karena mudah untuk penghobi tanaman lakukan serta bisa membantu memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari. Jenis tanaman pangan yang bisa menjadi pilihan penghobi tanaman untuk hobi berkebun adalah tanaman sayur dan buah.

Jenis tanaman buah dan sayur pilihan penghobi tanaman biasanya memiliki bentuk tanaman yang tidak terlalu besar karena keterbatasan ruang. Sehingga, beberapa jenis tanaman sayur dan buah berukuran kecil dan sedang bisa menjadi pilihan tepat bagi penghobi tanaman. Berikut ini terdapat beberapa jenis tanaman buah dan sayur yang cocok penghobi manfaatkan untuk hobi berkebun dengan memanfaatkan metode hidroponik.

Page: 1 2 3 4 5

imgaagro25
Share
Published by
imgaagro25

Recent Posts

Jual Orondis Opti Untuk Cabe Ampuh Basmi Penyakit Tanaman

Jual Orondis Opti Untuk Cabe Ampuh Basmi Penyakit Tanaman. Toko Lmga Agro Whatsapp/SMS (081-252-221-17) serta… Read More

April 20, 2024

Ketahui Masa Panen Bawang Putih Berkualitas Untungkan Petani

Ketahui Masa Panen Bawang Putih Berkualitas Untungkan Petani. 082141747141 (Telp) 081-252-221-17 (via SMS/WA). Lmga Agro… Read More

April 18, 2024

Cara Menanam Cabe Rawit Di Kebun Dengan Hasil Yang Optimal

Cara Menanam Cabe Rawit Di Kebun Dengan Hasil Yang Optimal. 082141747141 (untuk Telp) 081-252-221-17 (Untuk… Read More

April 16, 2024

Bagaimana Cara Merawat Tanaman Tomat Yang Tingkatkan Panen

Bagaimana Cara Merawat Tanaman Tomat Yang Tingkatkan Panen. 082141747141 (Telepon ) 0812-5222-117 ( via SMS… Read More

April 14, 2024

Lmga Agro Grosir Toko Pertanian Terdekat Andalan Para Petani

Lmga Agro Grosir Toko Pertanian Terdekat Andalan Para Petani. 082141747141 (Telp) 081-252-221-17 (via SMS/WA). Toko… Read More

April 12, 2024

Tempat Jual Bibit Buah Terdekat Lmga Agro Hadir Bantu Petani

Tempat Jual Bibit Buah Terdekat Lmga Agro Hadir Bantu Petani. 082141747141 (Telepon) 0812-5222-117 (SMS/WA). Toko… Read More

April 10, 2024