Bibit Benih

Daun Kemangi Penuh Manfaat Dan Harga Benih Murah

Daun Kemangi Wangi Penggugah Selera

Daun kemangi atau tanaman kemangi adalah terna kecil yang daunnya biasa dimakan sebagai lalap. Aroma daunnya khas, kuat namun lembut dengan sentuhan aroma limau. Daun kemangi merupakan salah satu bumbu bagi sambal pepes dan Ayam kemangi .

Sebagai lalapan, makan kemangi biasanya bersama-sama daun kubis, irisan ketimun dan sambal kemangi untuk menemani ayam atau ikan goreng.

Masakan sekarang yang lagi naik daun adalah Ayam Kemangi. Ayam yang dengan bumbu dan lalapan kemangi akan tarasa beraroma serta lezat rasanya. Pada negara Thailand mengenalnya sebagai manglak dan juga sering melengkapi dalam menu masakan setempat.

Kemangi adalah hibrida antar spesies antara dua spesies selasih, Ocimum basilicum dan O. americanum. Ia terkenal juga sebagai O. basilicum var. anisatum Benth. Aroma khasnya berasal dari kandungan sitral yang tinggi pada daun dan bunganya.

Masyarakat Minangkabau menggunakan tumbuhan sejenis kemangi yang namanya adalah ruku-ruku yang dalam Bahasa Thailand penyebutannya sebagai bai kra pao. Penggunaan Ruku-ruku biasanya untuk memasak gulai ikan dan asam padeh (asam pedas).

Kemangi adalah tumbuhan tahunan yang tumbuh tegak dengan cabang yang banyak. Tanaman kemangi  ini berbentuk perdu yang tingginya dapat mencapai 100 cm.

Bunganya tersusun pada tandan yang tegak. Daunnya panjang, tegak, berbentuk taji atau bulat telur, berwarna hijau muda dan berbau harum. Ujung daun kemangi bisa tumpul atau bisa juga tajam, panjangnya mencapai 5 cm. Permukaan bergerigi atau juga rata. Wanginya seperti cengkeh dan rasanya pahit.

Spesies ini banyak terdapat pada Asia dan Amerika. Pada Pulau Jawa, penanaman kemangi/surawung pada kebun-kebun, pagar-pagar, pinggir-pinggir jalan, lapangan, dan huma-huma.

Umumnya penanaman tanaman kemangi sebagai tanaman budidaya. Walapun demikian, hasil tumbuhan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Asalnya secara pasti belum mengetahui.

Tumbuhan kemangi ini dapat tumbuh pada dataran rendah hingga pada ketinggian 500 mdpl. Perkembangbiakan tumbuhan ini dapat melakukannya dengan biji.

Baca Juga : Untung Besar Dari Seledri Dataran Rendah Summer Green 

Manfaat Dan Khasiat Daun Kemangi

Meningkatkan Kekebalan Tubuh
  • Khasiat tanaman kemangi dapat membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh.
  • Ini karena kemangi memiliki kandungan beta karoten yang dapat meningkatkan respon antibodi, sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh.
  • Kandungan beta karoten juga dapat membantu sintesis protein sehingga mendukung proses pertumbuhan dan juga dapat memperbaiki sel-sel yang rusak.
  • Selain itu, khasiat daun kemangi dari kandungan beta karoten tersebut dapat membantu untuk meningkatkan fungsi penglihatan.
Mencegah Kemandulan
  • Khasiat daun kemangi dapat membantu untuk mencegah kemandulan.
  • Ini karena kemangi mengandung zat arginin yang dapat memperkuat daya hidup sperma sehingga dapat mencegah kemandulan.
  • Selain itu, tanaman kemangi juga mengandung zat eugenol dan apigenin fenkhona yang dapat membantu meningkatkan kualitas Ereksi (Libido Sex) dan mencegah ejakulasi dini.
Mengobati Panu
  • Caranya cukup mudah, ambil segenggam daun kemangi dan cuci bersih, setelah itu haluskan.
  • Beri sedikit air campuran kapur sirih dan selanjutnya balurkan pada bagian kulit yang terserang panu. Sebaiknya lakukan dua kali dalam sehari.
Mengobati Sariawan
  • Caranya cukup ambil daun kemangi kira-kira 50 helai dan cuci hingga bersih. Selanjutnya kunyah daun tersebut kurang lebih dua hingga tiga menit.
  • Setelah halus, telan kemangi tersebut dan langsung minum air hangat. Untuk hasil maksimal, lakukan maksimal 3 kali dalam sehari.
Melawan Radikal Bebas
  • Manfaat daun kemangi sangat baik untuk melawan radikal bebas, ini karena daun kemangi memiliki antioksidan yang sangat baik untuk melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh kita.
  • Antioksidan yang berupa flavonoid dan juga eugenol mempu mencegah pertumbuhan bakteri,virus dan jamur.
Membantu Pertumbuhan Tulang
  • Khasiat daun kemangai dapat membantu pertumbuhan tulang kita.
  • Ini karena kemangi memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang berperan penting dalam mengatur pembentukan dan pertumbuhan tulang.
  • Kemudian kandungan astenol dan boron dalam tanaman kemangi memberikan khasiat daun kemangi yang berperan aktif dalam merangsang funsi kerja dari hormon estrogen. Dan juga hormon endrogen, serta mencegah pengeroposan tulang.
Melancarkan Aliran Darah
  • Khasiat daun kemangi dapat membantu melancarkan aliran darah dalam tubuh kita.
  • Pada tanaman kemangi memiliki kandungan magnesium yang dapat membantu membuat rileks jantung dan juga pembuluh darah, sehingga menjaga aliran darah untuk tetap lancar.
Menghilangkan Mual dan Flu
  • Caranya cukup mudah, pertama keringkan daun kemangi dan kemudian seduh layaknya teh.
  • Minum air teh kemangi tersebut dua kali dalam sehari dan badan Anda akan sembuh dari mual serta menghalau flu datang.
Menghilangkan Bau Mulut
  • Caranya, ambil daun kemangi, biji juga akarnya. Bersihkan dan kemudian seduh dengan air yang panas.
  • Air seduhan tersebut bisa Anda tambahkan dengan gula merah atau madu. Minum air tersebut setiap pagi sebelum beraktifitas.
Meredakan Perut Kembung
  • Caranya, rebus daun kemangi dengan bawang merah dan kemudian campur dengan minyak kelapa.
  • Ramuan tersebut segera oleskan pada perut yang terasa kembung.

Cukup banyak bukan manfaat dari daun kemangi ini, yang semoga saja setelah membaca artikel ini, kamu tidak ragu lagi untuk mengkomsumsinya. Karena selain rasanya yang enak, kemangi juga memiliki Khasiat yang luar biasa.

Apabila pembaca semua berminat untuk tanam Benih Unggul Kemangi bisa didapatkan di Toko Pertanian Online LMGA AGRO yang sudah berpengalaman sejak tahun 2002.

Baca juga : Benih Sayur Tahan Virus Kuning Dan Keriting Harapan Petani

Kami menjamin kualitas dan keaslian produk benih yang kami jual dan langganan kami sudah tersebar ke seluruh Indonesia. Dan order di LMGA AGRO caranya mudah dan cepat serta tidak perlu takut kehilangan waktu anda yang berharga.

Untuk Cara Pembelian dan Order barang dan mendapatkan Konsultasi GRATIS, Cukup hubungi CP Budi melalui Telp. 082141747141 atau SMS/WA : 08125222117. Barang akan kami proses dan kirim sampai tempat tujuan.

Page: 1 2

lmgaagro
Share
Published by
lmgaagro

Recent Posts

Tips Jadwal Pemupukan Padi Agar Maksimal Menguntungkan

Tips Jadwal Pemupukan Padi Agar Maksimal Menguntungkan. 082141747141 (Telp) 081-252-221-17 (via SMS/WA). Toko Pertanian Lmga… Read More

Mei 2, 2024

Jual Harga Ultradap 1 Kg Terjangkau Dapat Menyuburkan Tanaman

Jual Harga Ultradap 1 Kg Terjangkau Dapat Menyuburkan Tanaman. Toko Pertanian Online Lmga Agro Whatsapp/SMS… Read More

April 30, 2024

Waktu Yang Tepat Pemberian Pupuk NPK Pada Tanaman Budidaya

Waktu Yang Tepat Pemberian Pupuk NPK Pada Tanaman Budidaya. 082141747141 (Telepon) 0812-522-2117 (SMS/WA). Toko Pertanian… Read More

April 28, 2024

Jual Movento Untuk Cabe, Insektisida Yang Ampuh Basmi Hama

Jual Movento Untuk Cabe, Insektisida Yang Ampuh Basmi Hama. Toko Pertanian Lmga Agro telepon (0821-4174-7141)… Read More

April 26, 2024

Umur Bibit Cabe Siap Tanam Dengan Hasil Panen Yang Maksimal

Umur Bibit Cabe Siap Tanam Dengan Hasil Panen Yang Maksimal. 082141747141 ( Khusus telepon )… Read More

April 24, 2024

Potensi Hasil Tanam Cabe 1000 Batang Yang Untungkan Petani

Potensi Hasil Tanam Cabe 1000 Batang Yang Untungkan Petani. 082141747141 (Telp) 081-252-221-17 (via SMS/WA). Toko… Read More

April 22, 2024