Belanja Online Pertanian Mudah Terpercaya | LMGA AGRO https://lmgaagro.com Toko online LMGA AGRO distributor jual produk pertanian harga murah serta aman. Belanja online benih, pupuk, pestisida, alat pertanian, spare part pasti datang Thu, 06 Aug 2020 03:28:50 +0000 id-ID hourly 1 https://wordpress.org/?v=5.4.2 https://lmgaagro.com/wp-content/uploads/2017/10/Logo-2-150x150.jpg Belanja Online Pertanian Mudah Terpercaya | LMGA AGRO https://lmgaagro.com 32 32 Buah Semangka Komoditas Unggulan Menguntungkan Petani dan Pedagang https://lmgaagro.com/2020/08/07/buah-semangka-komoditas-unggulan-untung-petani/ https://lmgaagro.com/2020/08/07/buah-semangka-komoditas-unggulan-untung-petani/#respond Fri, 07 Aug 2020 00:23:30 +0000 https://lmgaagro.com/?p=18860 Buah Semangka Komoditas Unggulan Menguntungkan Petani dan Pedagang. 082141747141 ( Khusus telepon ) 08125222117 ( Khusus SMS / WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro jual varietas benih semangka merah dan kuning kualitas terbaik harga murah untuk petani. Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan dan jual segala sarana pertanian untuk kebutuhan usaha pertanian seperti budidaya tanaman. Beberapa sarana pertanian yang tersedia di Toko Pertanian Online LMGA Agro diantaranya adalah benih tanaman, pupuk, pestisida, dan alat pertanian. Varietas benih tanaman yang tersedia di Toko Pertanian Online LMGA Agro merupakan benih unggulan hasil produksi pabrik benih berpengalaman. Beberapa diantaranya adalah benih hasil …

The post Buah Semangka Komoditas Unggulan Menguntungkan Petani dan Pedagang appeared first on Belanja Online Pertanian Mudah Terpercaya | LMGA AGRO.

]]>
Buah Semangka Komoditas Unggulan Menguntungkan Petani dan Pedagang. 082141747141 ( Khusus telepon ) 08125222117 ( Khusus SMS / WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro jual varietas benih semangka merah dan kuning kualitas terbaik harga murah untuk petani.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan dan jual segala sarana pertanian untuk kebutuhan usaha pertanian seperti budidaya tanaman. Beberapa sarana pertanian yang tersedia di Toko Pertanian Online LMGA Agro diantaranya adalah benih tanaman, pupuk, pestisida, dan alat pertanian.

Varietas benih tanaman yang tersedia di Toko Pertanian Online LMGA Agro merupakan benih unggulan hasil produksi pabrik benih berpengalaman. Beberapa diantaranya adalah benih hasil produksi BISI, East West Seed, Takii Seed, Known You Seed, dan lain-lain. Salah satu jenis benih yang tersedia di Toko Pertanian Online LMGA Agro adalah varietas benih semangka kualitas terbaik.

Toko Pertanian Online LMGA Agro juga membuka jasa konsultasi pertanian untuk membantu petani dalam usaha budidaya tanaman. Beberapa kendala dalam usaha budidaya tanaman yang sering terjadi diantaranya adalah perawatan tanaman hingga pencegahan hama dan penyakit tanaman. Petani bisa menggunakan jasa konsultasi pertanian secara gratis tanpa dipungut biaya sedikitpun.

Buah semangka menjadi komoditas pangan unggulan karena memiliki rasa buah yang manis dan mengandung banyak nutrisi didalamnya. Buah semangka juga sangat menguntungkan bagi para pelaku usaha seperti petani buah maupun pedagang buah di pasaran. Hal ini dikarenakan buah semangka sangat laku di pasaran, baik pasar tradisional dan pasar modern seperti supermarket.

Budidaya tanaman menjadi jenis usaha pertanian yang banyak dilakukan oleh petani sebagai pelaku usaha pertanian karena berpotensi menghasilkan keuntungan. Jenis budidaya tanaman yang banyak dilakukan oleh petani saat ini adalah budidaya tanaman jenis sayuran dan buah. Salah satu jenis budidaya buah yang berpotensi dan terbukti menghasilkan banyak keuntungan adalah budidaya semangka.

Buah Semangka Jadi Komoditas Pangan Unggulan

Buah merupakan jenis tanaman yang memiliki banyak jenis dan bentuk serta menjadi salah satu produk tanaman yang disukai oleh masyarakat. Salah satu jenis buah yang banyak memiliki penggemar dan memiliki rasa daging buah yang manis adalah buah semangka. Buah semangka banyak ditemui masyarakat di pasar tradisional maupun pasar modern seperti supermarket.

Semangka atau tembikai merupakan buah yang memiliki nama latin Citrullus lanatus dan masih satu keluarga dengan suku Cucurbitaceae atau timun-timunan. Buah semangka adalah tanaman merambat yang berasal dari daerah setengah gurun di Afrika bagian selatan. Melihat daerah asalnya yang memiliki iklim tropis dan cukup panas, membuat semangka mampu dibudidayakan dengan baik di Indonesia.

Di Indonesia tanaman semangka dibudidayakan petani di daerah lahan pertanian untuk menghasilkan panen semangka kualitas terbaik. Semangka di Indonesia menjadi salah satu jenis buah yang termasuk dalam komoditas pangan unggulan dan dicari oleh banyak konsumen.

Semangka menjadi salah satu buah komoditas pangan unggulan karena memiliki rasa buah yang manis serta bisa diolah menjadi hidangan nikmat. Beberapa contoh olahan semangka yang banyak disukai dan disenangi masyarakat adalah jus semangka dan es campur atau es buah.

Melihat buah semangka menjadi salah satu jenis komoditas pangan unggulan, membuat petani melihat peluang usaha budidaya semangka sangat menguntungkan. Usaha budidaya tanaman semangka bisa memanfaatkan salah satu dari beberapa jenis varietas benih semangka yang mudah untuk didapatkan. Petani bisa mendapatkan varietas benih semangka kualitas terbaik di toko pertanian terdekat atau toko pertanian online.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan dan jual varietas benih semangka kualitas terbaik dengan harga murah untuk petani. Benih semangka yang tersedia di Toko Pertanian Online LMGA Agro merupakan hasil produksi pabrik benih berpengalaman dan terkemuka.

Baca Juga : Budidaya Semangka Merah dan Kuning Peluang Usaha Menguntungkan

Peluang Usaha Budidaya Buah Semangka

semangka,buah semangka,budidaya semangka,peluang usaha,pertanian,usaha pertanian,benih semangka,bibit semangka,semangka kuning,lmga agro

Usaha budidaya tanaman telah menjadi jenis usaha di bidang pertanian yang banyak memiliki peminat karena berpotensi menguntungkan dan bermanfaat. Usaha budidaya tanaman bisa memanfaatkan varietas benih tanaman yang terbilang mudah didapatkan seperti benih tanaman sayur dan tanaman buah.

Salah satu jenis benih tanaman buah yang berpotensi dan menjanjikan banyak keuntungan ketika dibudidayakan adalah benih semangka. Buah semangka dinilai sangat menguntungkan untuk dibudidayakan karena termasuk dalam salah satu jenis buah yang menjadi komoditas pangan unggulan. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya pedagang buah di pasar tradisional yang menjual semangka merah maupun semangka kuning.

Peluang usaha budidaya semangka bisa dimulai petani dengan memilih benih semangka yang dirasa tepat dan berkualitas. Varietas benih semangka berkualitas bisa dibeli dan didapatkan petani di toko pertanian terdekat atau di toko pertanian online.

Setelah itu, petani sebagai pelaku usaha pertanian bisa memilih lahan pertanian yang cocok untuk usaha budidaya semangka. Budidaya tanaman semangka bisa dilakukan petani dengan memilih lahan pertanian yang berada di daerah dataran rendah. Dataran rendah dinilai cocok untuk memulai usaha budidaya tanaman semangka dikarenakan memiliki suhu dan iklim yang cocok untuk pertumbuhan tanaman.

Saat budidaya semangka sudah dilakukan maka langkah yang harus dilakukan petani adalah melakukan perawatan untuk mendukung kualitas pertumbuhan tanaman. Beberapa diantaranya adalah melakukan pemupukan tanaman dan pencegahan hama serta penyakit pada budidaya semangka.

Peluang usaha budidaya semangka dinilai sangat menguntungkan karena mampu menghasilkan buah semangka dengan kualitas terbaik. Selain itu, budidaya semangka juga mampu mencukupi kebutuhan semangka di pasaran dan menghindari terjadinya kelangkaan buah semangka. Sehingga peluang usaha budidaya semangka menguntungkan bagi petani sebagai pelaku usaha, pedagang di pasar dan masyarakat sebagai konsumen.

Baca Juga : Budidaya Semangka Inul Redin 09 Hibrida F1

Benih Semangka Jadi Kunci Sukses Usaha Budidaya

Budidaya semangka menjadi salah satu jenis peluang usaha pertanian yang dinilai sangat menguntungkan bagi para petani sebagai pelaku usaha pertanian. Hal ini dikarenakan buah semangka termasuk dalam jenis komoditas pangan unggulan di pasaran dan banyak dicari oleh para konsumen.

Peluang usaha budidaya semangka memerlukan beberapa sarana pertanian yang perlu dipenuhi terlebih dahulu oleh para petani sebagai pelaku usaha pertanian. Salah satu jenis sarana pertanian yang harus dimiliki oleh petani sebagai pelaku usaha pertanian adalah benih semangka.

Benih semangka merupakan sarana pertanian penting yang menjadi cikal bakal tanaman semangka yang akan dibudidayakan di lahan pertanian. Benih semangka juga memiliki beberapa jenis yang harus dipilih secara tepat oleh petani sebelum melakukan usaha budiday semangka. Jenis dari benih semangka juga bisa dikelompokkan tergantung warna daging buah, bentuk buah, dan kandungan biji dalam buah semangka.

Jenis benih semangka apabila dibedakan berdasarkan warna daging buah dibagi menjadi 2 jenis, yaitu benih semangka merah dan semangka kuning. Benih semangka juga bisa dibedakan menjadi 2 apabila dilihat dari bentuk buahnya, yaitu benih semangka bulat dan semangka lonjong. Selain itu, kandungan biji semangka juga menjadi 2 jenis benih semangka berbeda, yaitu benih semangka berbiji dan semangka tanpa biji.

Walaupun memiliki banyak jenis, benih semangka pilihan utama dari para petani saat ini adalah benih semangka hibrida. Benih semangka hibrida menjadi pilihan utama petani karena memiliki banyak keunggulan saat dibudidayakan di lahan pertanian.

Benih semangka hibrida memiliki banyak keunggulan seperti memiliki kualitas pertumbuhan tanaman yang kuat dan kokoh. Selain itu benih semangka hibrida juga memiliki ketahanan terhadap hama dan penyakit tanaman.

Kesimpulannya, pemilihan benih semangka menjadi kunci sukses dalam setiap usaha budidaya semangka yang dilakukan oleh petani sebagai pelaku usaha pertanian. Jenis benih semangka hibrida menjadi benih yang direkomendasikan karena memiliki banyak keunggulan seperti tahan hama dan pertumbuhan kokoh.

Baca Juga : Benih Semangka dan Melon Berkualitas yang Direkomendasikan

Pabrik Benih Bantu Usaha Budidaya Semangka

Benih Semangka F1 Black JackBenih semangka menjadi salah satu sarana pertanian yang penting untuk dimiliki oleh para petani sebelum memulai usaha budidaya semangka. Benih semangka dapat ditemukan dan dibeli oleh petani dengan mengunjungi toko pertanian terdekat atau membeli di toko pertanian online. Sehingga kebutuhan benih semangka untuk usaha budidaya semangka dapat tercukupi dan menjaga stok buah di pasaran agar tidak langka.

Benih semangka saat ini banyak beredar dan memiliki jenis varietas yang berbeda-beda, hal ini merupakan bentuk kontribusi dari pabrik benih. Pabrik benih sudah sejak lama menjadi mitra dan sahabat petani untuk ketersediaan benih sayur maupun buah untuk usaha budidaya tanaman.

Pabrik benih sebagai mitra dan sahabat petani juga menghasilkan banyak varietas benih semangka unggulan untuk usaha budidaya semangka. Benih semangka hibrida menjadi idola petani karena memiliki banyak keunggulan saat dibudidayakan di lahan pertanian. Beberapa pabrik benih yang menghasilkan benih semangka berkualitas diantaranya adalah BISI, Known You Seed, East West Seed, dan lain-lain.

semangka primadona,semangka kuning,semangka,buah semangka,benih semangka,cap kapal terbang,semangka tanpa biji,semangka,lmga agroPT BISI International memiliki beberapa varietas benih semangka yang memiliki kualitas terbaik dan terdiri dari beberapa jenis. Mulai dari semangka merah dan kuning, bulat dan lonjong, hingga berbiji dan tanpa biji. Diantaranya adalah benih semangka Bali Flower, Setabindo-1, Pluto, Liberty, Classic, Lentera, Volcano, Primadona, Esteem, Redin, dan Redin 09.

Known You Seed memiliki varietas benih semangka kualitas terbaik yang siap menghasilkan banyak keuntungan bagi petani sebagai pelaku usaha pertanian. Beberapa diantaranya adalah benih semangka Factor, TT Dragon, Mega Flower, Black Jack, Prime, Quality, Jelita, Gadis Manis, dan Putri Delima.

Semua varietas benih semangka yang telah disebutkan diatas bisa didapatkan petani di Toko Pertanian Online LMGA Agro dengan harga murah. Toko Pertanian Online LMGA Agro siap kirim benih semangka pesanan konsumen ke seluruh wilayah Indonesia dengan jasa ekspedisi terpercaya.

Baca Juga : Semangka Non Biji Amara, Favorit Penanam Semangka

Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan

semangka,buah semangka,semangka kuning,budidaya semangka,benih semangka,pertanian,LMGA Agro

Usaha budidaya semangka yang dilakukan oleh petani sebagai pelaku usaha pertanian mampu menghasilkan buah semangka dengan kualitas terbaik. Buah semangka selanjutnya akan diseleksi kembali oleh petani untuk memilah buah berkualitas dan didistribusikan ke pasaran melalui pedagang di pasaran. Pedagang bisa mendapatkan keuntungan dari penjualan semangka kepada para konsumen dari berbagai kalangan.

Buah semangka yang dibeli oleh konsumen selanjutnya akan diolah menjadi beberapa hidangan yang nikmat seperti misalnya jus semangka. Buah semangka juga bisa dikonsumsi secara langsung untuk mendapatkan nutrisi dan vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dibawah ini terdapat beberapa manfaat dari mengkonsumsi semangka secara teratur untuk kesehatan tubuh manusia.

Menjaga Kesehatan Jantung

Mengkonsumsi buah semangka secara teratur dinilai mampu menjaga kesehatan organ dalam yang sangat penting, yaitu jantung. Buah semangka memiliki kandungan likopen yang termasuk dalam jenis karotenoid dan mampu mencegah kerusakan tubuh dan sel akibat tadikal bebas. Zat likopen yang terkandung dalam buah semangka juga dinilai mampu melindungi tubuh dari kolesterol jahat.

Mencegah Dehidrasi

Dehidrasi merupakan keadaan dimana tubuh kekurangan cairan dan beresiko mengalami gangguan kesehatan yang berdampak pada aktivitas. Cara yang tepat untuk mencegah terjadinya dehidrasi pada tubuh adalah mengkonsumsi air secukupnya atau buah semangka.

Buah semangka dinilai bisa mencegah terjadinya dehidrasi pada tubuh dikarenakan memiliki banyak kandungan air didalamnya. Selain itu, buah semangka juga memiliki rasa manis dan segar yang mampu meningkatkan mood untuk beraktivitas kembali.

Sistem Kekebalan Tubuh Meningkat

Manfaat lain dari mengkonsumsi buah semangka secara teratur adalah mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau sistem imun tubuh. Buah semangka mengandung banyak nutrisi yang mampu meningkatkan sistem imun dalam tubuh dan mencegah tubuh terkena penyakit. Nutrisi dalam buah semangka yang mampu meningkatkan sistem imun pada tubuh manusia adalah vitamin C.

Vitamin C pada buah semangka bertindak sebagai antioksidan yang bermanfaat dan berfungsi ganda untuk tubuh. Fungsi pertama dari vitamin C dalam buah semangka adalah menjadi antioksidan yang sangat berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, antioksidan yang terkandung dalam buah semangka juga membantu melawan radikal bebas serta melindungi sel.

Mata Menjadi Lebih Sehat

Buah semangka terkenal memiliki banyak kandungan nutrisi seperti vitamin yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Beberapa kandungan vitamin pada semangka juga mampu menjadikan organ mata menjadi lebih sehat. Hal ini dikarenakan semangka memiliki kandungan beta-karoten, vitamin A, vitamin C, lutein, dan zeaxanthin.

Mengkonsumsi semangka secara teratur mampu menjaga kesehatan mata dan penglihatan untuk beraktivitas sehari-hari. Hal ini dikarenakan kandungan beta-karoten bermanfaat untuk mencegah terjadinya degenerasi makula pada mata.

Baca Juga : Mengenal Hama dan Penyakit Utama Tanaman Semangka

LMGA Agro Jual Benih Semangka Kualitas Terbaik

Benih, bibit, tanaman, semangka, buah semangka, Budidaya, LMGA AGRO, Harga Murah, informasi pertanianKebutuhan benih semangka menjadi salah satu sarana pertanian yang penting bagi petani sebelum memulai usaha budidaya semangka. Varietas benih semangka saat ini bisa dibeli dengan mudah di toko pertanian terdekat atau memesannya secara online di toko pertanian online.

Toko Pertanian Online LMGA Agro merupakan toko pertanian berbasis online yang menyediakan sarana pertanian secara lengkap untuk kebutuhan petani. Salah satu jenis sarana pertanian yang tersedia di LMGA Agro adalah benih semangka kualitas terbaik dengan harga murah.

Varietas benih semangka yang tersedia di Toko Pertanian Online LMGA Agro dijamin asli dan cocok digunakan untuk usaha budidaya semangka. Benih semangka yang tersedia merupakan produk pabrik benih berpengalaman seperti BISI, Known You Seed, East West Seed, dan lain-lain.

Toko Pertanian Online LMGA Agro juga menyediakan sarana pertanian pendukung untuk usaha budidaya semangka di lahan pertanian. Beberapa diantaranya adalah pupuk pertanian, pestisida hama, ZPT, hingga alat pertanian. Semua sarana pertanian memiliki kualitas terbaik dengan harga murah untuk petani dan pelaku usaha pertanian.

Baca Juga : Toko Pertanian Online Belanja Jadi Mudah

Demikian artikel tentang Buah Semangka Komoditas Unggulan Menguntungkan Petani dan Pedagang. Hubungi nomor 082141747141 ( Khusus telepon ) dan 08125222117 ( Khusus WA/SMS ). Toko Pertanian Online LMGA Agro sebagai supplier recommended usaha dropship, reseller, online shop, petani, dan toko pertanian.

Toko Pertanian Online LMGA Agro memberikan peluang usaha bisnis jual varietas benih unggul dan hibrida, pupuk, ZPT, pestisida dan alat pertanian. Terpercaya dan harga promo bersaing. Kami siap kirim hingga ke seluruh wilayah indonesia. Bersama jasa ekspedisi mitra kami yaitu JNE, TIKI, KI8, POS dan ekspedisi lainnya.

Semoga artikel tentang Buah Semangka ini bermanfaat bagi pembaca, baik pembaca di desa maupun di kota, baik berprofesi sebagai petani maupun bukan petani. Salam sukses selalu.

The post Buah Semangka Komoditas Unggulan Menguntungkan Petani dan Pedagang appeared first on Belanja Online Pertanian Mudah Terpercaya | LMGA AGRO.

]]>
https://lmgaagro.com/2020/08/07/buah-semangka-komoditas-unggulan-untung-petani/feed/ 0
Tanaman Hortikultura Jadi Peluang Usaha Tani Di Masa Pandemi https://lmgaagro.com/2020/08/06/tanaman-hortikultura-peluang-usaha-tani/ https://lmgaagro.com/2020/08/06/tanaman-hortikultura-peluang-usaha-tani/#respond Thu, 06 Aug 2020 00:25:33 +0000 https://lmgaagro.com/?p=18867 Tanaman Hortikultura Jadi Peluang Usaha Tani Di Masa Pandemi. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. Di masa pandemi seperti ini, masyarakat harus mempunyai sistem kekebalan tubuh yang kuat. Untuk memiliki sistem imun yang kuat maka diperlukan makanan yang bergizi. Selain makanan yang bergizi juga diperlukan rempah – rempah yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sumber makanan bergizi bisa di dapat dari jenis tanaman hortikultura seperti sayur, buah dan tanaman herbal. Di Indonesia banyak ditemukan petani yang membudidayakan tanaman hortikultura. Budidaya hortikultura banyak ditemukan mulai dari daerah dataran rendah, dataran menengah dan dataran tinggi. Hortikultura Hortikultura merupakan cabang ilmu yang membahas tanaman …

The post Tanaman Hortikultura Jadi Peluang Usaha Tani Di Masa Pandemi appeared first on Belanja Online Pertanian Mudah Terpercaya | LMGA AGRO.

]]>
Tanaman Hortikultura Jadi Peluang Usaha Tani Di Masa Pandemi. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. Di masa pandemi seperti ini, masyarakat harus mempunyai sistem kekebalan tubuh yang kuat. Untuk memiliki sistem imun yang kuat maka diperlukan makanan yang bergizi.

Selain makanan yang bergizi juga diperlukan rempah – rempah yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sumber makanan bergizi bisa di dapat dari jenis tanaman hortikultura seperti sayur, buah dan tanaman herbal.

Di Indonesia banyak ditemukan petani yang membudidayakan tanaman hortikultura. Budidaya hortikultura banyak ditemukan mulai dari daerah dataran rendah, dataran menengah dan dataran tinggi.

Hortikultura

Hortikultura merupakan cabang ilmu yang membahas tanaman pertanian seperti sayuran, buah, tanaman herbal dll.

Hortikultura sendiri berasal dari bahasa latin yaitu hortus yang berarti tanaman kebun dan cultura yang berarti budidaya. Jadi hortikultura adalah budidaya tanaman di kebun.

Tanaman Hortikultura

Tanaman hortikultura merupakan tanaman yang dibudidayakan di lahan perkebunan dan menggunakan berbagai metode pertanian.

Tanaman hortikultura dapat dibudidayakan di lahan yang luas maupun lahan seadanya yang tidak luas.
Di Indonesia banyak petani yang melakukan usaha pertanian dengan membudidayakan tanaman hortikultura.

Tanaman hortikultura sendiri merupakan salah satu komoditas utama yang dibutuhkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pangan.

Hal ini dapat dijadikan peluang usaha oleh petani untuk memenuhi kebutuhan pangan dengan cara membudidayakan tanaman hortikultura.

Budidaya Tanaman Hortikultura

Budidaya tanaman hortikultura menguntungkan bagi petani Indonesia karena hasil dari panen dapat memenuhi kebutuhan pangan masyarakat.

Hasil panen tanaman hortikultura banyak di jual di pasar tradisional maupun pasar modern sebagai bahan pangan.

Masyarakat memanfaatkan hasil panen tanaman hortikultura sebagai bahan makanan dirumah maupun seabagai bahan baku industri makanan tertentu.

Budidaya tanaman hortikultura sendiri banyak dilakukan mayoritas masyarakat lokal sehingga negara Indonesia juga dikenal dengan sebutan negara agraris.

Baca Juga : Bercocok Tanam Buah dan Sayuran Jadi Hobi Menguntungkan

Manfaat Tanaman Hortikultura

Manfaat tanaman hortikultura sangat banyak dan baik jika dikonsumsi dengan porsi yang baik dan benar.

Tanaman hortikultura menjadi salah satu jenis bahan pangan yang bermanfaat untuk kesehatan masyarakat dan juga dapat membantu memenuhi gizi di dalam tubuh.

Selain bermanfaat untuk konsumsi masyarakat. Tanaman hortikultura juga bermanfaat bagi para petani karena dijadikan sebagai peluang budidaya untuk mendapatkan pundi – pundi rupiah.

Selain itu petani juga sangat senang karena dengan budidaya tanaman hortikultura dapat membantu memenuhi kebutuhan bahan pangan bagi masyarakat dan juga dapat menambah devisa negara.

Jenis Tanaman Hortikultura

Jenis tanaman hortikultura sangat beragam dan dapat dijadikan sebagai peluang usaha budidaya oleh petani maupun masyarakat.

Petani maupun masyarakat juga harus mengetahui berbagai jenis tanaman hortikultura sebelum membudidayakannya.

Jika sudah mengetahui jenis tanaman hortikultura yang akan ditanam maka akan tau bagaimana cara membudidayakan yang baik dan benar sehingga dapat menguntungkan bagi petani maupun masyarakat.

Contoh Tanaman Hortikultura

Contoh tanaman hortikultura yang sering di budidayakan di Indonesia sebagai bahan pangan oleh masyarakat adalah sebagai berikut :

Sayuran

Sayuran merupakan salah satu contoh tanaman hortikultura yang sering digunakan sebagai bahan makanan dan bermanfaat bagi tubuh untuk memenuhi kebutuhan gizi.

Bagian dari sayuran yang sering dimanfaatkan adalah daun, umbi dan batang muda. Bagian tersebut biasanya mengandung kadar air dan bisa dikonsumsi.

Sayuran sering diolah menjadi berbagai olahan masakan dan ada juga yang dimakan langsung sebagai lalapan.

Contoh dari sayuran yang sering dikonsumsi sawi, pakchoy, bayam, kangkung, kol, kubis, brokoli, cabe, tomat, timun dll.

Caisim

Caisim atau sawi hijau adalah salah satu jenis tanaman hortikultura yang sering dikonsumsi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan gizi.

Caisim sering dimasak menjadi beberapa olahan masakan atau campuran masakan seperti bakso, sayur sup, tumis dll.

Caisim memiliki bentuk daun oval melebar berwarna hijau dan batang berwarna hijau keputihan dan tulang daun semakin mengecil.

Sawi Sendok

Sawi sendok atau biasa dikenal dengan sebutan pakchoy/bokchoi adalah jenis sawi yang hampir mirip dengan sawi hijau.

Sawi sendok memiliki bentuk daun bulat seperti sendok. Sawi sendok memiliki ukuran lebih kecil dan pendek dariapada sawi hijau.

Batang dari sawi sendok berwarna hijau agak putih dan lebih lebar. Daun sawi sendok juga lebih kaku dibandingkan sawi hijau.

Buah

Buah juga termasuk salah satu contoh jenis tanaman hortikultura. Buah identik memiliki daging yang berasa manis dan berwarna beragam.

Buah juga merupakan salah satu komoditi holtikultura yang banyak dibudidayakan karena dapat menguntungkan bagi petani.

Hal ini dikarenakan buah sangat sering dikonsumsi oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan gizi harian. Masyarakat sering memanfaatkan buah sebagai salad, jus maupun dikonsumsi langsung.

Buah sendiri ada yang dipanen secara musiman dan tahunan. Buah musiman biasanya dipanen pada saat musim tertentu sedangkan buah tahunan bisa dipanen tanpa mengenal musim.

Buah musiman yang sering dibudidayakan adalah buah garbis, melon, semangka, durian, manga, duku dll.

Sedangkan buah tahunan yang sering dibudidayakan adalah buah anggur, apel, jambu, rambutan, manggis dll.

Buah Semangka

Buah semangka merupakan salah satu jenis tanaman hortikultura yang sering dibudidayakan di Indonesia.

Buah semangka adalah buah yang masih berkerabat dengan labu – Labuan. Tanaman semangka tumbuh dengan cara merambat.

Buah semangka sering dimanfaatkan buahnya untuk dikonsumsi masyarakat sebagai buah pencuci mulut maupun diolah menjadi olahan lainnya seperti salad, jus dll.

Buah semangka memiliki ciri buah berbentuk bulat, oval, kotak tergantung dari jenisnya. Kulit buah semangka berwarna hijau tua, ada yang berwarna kuning tergantung jenisnya.

Daging buah semangka memiliki kandungan air yang sangat banyak. Daging buah semangka ada yang berwarna merah, kuning tergantung dari jenisnya.

Buah Melon

Buah melon merupakan buah yang masih berkerabat dengan labu – Labuan seperti semangka. Buah melon banyak dibudidayakan karena rasa dan khasiat dari buah ini yang bermanfaat bagi kesehatan.

Buah melon memiliki bentuk buat bulat dengan tekstur kulit agak keras berjaring – jarring. Daging buah melon ada yang berwarna putih kehijauan, kuning dan orange tergantung jari jenisnya.

Tanaman melon tumbuh dengan jara menjalar di tanah. Daunnya memiliki bentuk menjari dengan lekukan. Batangnya tidak berkayu berwarna hijau muda dan berbulu.

Tanaman Hias

Tanaman hias atau bunga adalah salah satu contoh jenis tanaman hortikultura yang juga sering dibudidayakan.

Tanaman hias dan bunga sering dimanfaatkan sebagai dekorasi di dalam ruangan maupun diluar ruangan.

Dengan memanfaatkan tanaman hias sebagai dekorasi maka suasana di dalam ruangan maupun diluar ruangan akan menjadi lebih indah.

Selain itu tanaman hias juga ada yang memiliki aroma harum. Aroma harum ini dapat dimanfaatkan sebagai aromaterapi maupun penyegar di dalam ruangan.

Beberapa contoh tanaman hias atau bunga yang sering dibudidayakan adalah bunga matahari, anggrek, mawar, melati, kenanga, bunga sedap malam(harum malam), geranium, lavender dll.

Tanaman Obat

Tanaman obat juga merupakan salah satu jenis tanaman hortikultura. Tanaman obat sering dimanfaatkan untuk mengobati berbagai macam penyakit karena khasiatnya yang manjur.

Tanaman obat telah berkhasiat dan sudah sejak lama dimanfaatkan untuk pengobatan karena mengandung beberapa senyawa tertentu.

Tanaman obat dibedakan menjadi dua macam yaitu rimpang dan non rimpang. Tanaman obat rimpang adalah jenis tanaman yang mayoritas bagian umbinya dimanfaatkan sebagai obat.

Selain dimanfaatkan sebagai obat tradisional, tanaman obat non rimpang juga dimanfaatkan sebagai bumbu masakan. Contoh tanaman obat rimpang adalah jahe, kunyit, lengkuas, temulawak, kunci, kencur dll.

Sedangkan tanaman obat non rimpang adalah tanaman obat yang dimanfaatkan bagian selain umbinya seperti bunga, buah, daun, akar dan batang.

Contoh dari tanaman obat non rimpang yang sering dimanfaatkan adalah mahkota dewa, kayu manis, lidah buaya dll.

Tanaman Obat Keluarga Solusi Sehat Hemat di Masa Pandemi

Tanaman, obat, keluarga, solusi, sehat, hemat, masa, pandemi

Tanaman obat keluarga bisa dijadikan solusi untuk tetap hidup sehat dan hemat agar tubuh tetap terjaga imunitasnya dari virus di masa pandemi ini.

Di masa pandemi seperti ini sangat penting untuk menjaga imunitas agar terhindar dari serangan virus maupun bakteri yang merugikan tubuh.

Dengan menanam tanaman obat rimpang rimpangan disekitar rumah masyarakat dapat menggunakannya sebagai bahan untuk bumbu masakan maupun jamu yang menyehatkan.

Dengan menanam rimpang disekitar rumah masyarakat juga bisa menghemat pengeluaran. Selain itu jika memang lahan agak luas maka juga bisa dijadikan peluang bisnis keluarga.

Khasiat dan manfaat tanaman obat rimpang – rimpangan sudah banyak digunakan sejak dahulu kala sebagai obat alami yang dapat menyembuhkan dan menyehatkan tubuh.

Investasi Kesehatan Dengan Mengkonsumsi Rimpang

Investasi kesehatan dengan mengkonsumsi rimpang sebenarnya sujak sejak lama dilakukan oleh masyarakat jaman dulu.

Hal ini dikarenakan manfaat dan khasiat rimpang – rimpangan yang sangat menyehatkan bagi tubuh. Selain itu rimpang juga merupakan produk alami yang aman jika dikonsumsi.

Tetapi mengkonsumsi rimpang harus dengan dosis atau takaran tertentu atau tidak berlebihan agar dapat bermanfaat dan tidak memberi dampak negatif bagi kesehatan.

Mengkonsumsi rimpang bisa dilakukan setiap hari dengan takaran tertentu. Sebaiknya jika mengkonsumsi setiap hari dilakukan dengan cara mengkonsumsi berbeda jenis rimpang setiap harinya.

Hal ini dimaksudkan agar tubuh mendapat manfaat dan khasiat dari rimpang yang banyak jenisnya dan fungsinya masing – masing bagi kesehatan tubuh.

Meskipun tidak sakit kita dapat mengkonsumsi rimpang sebagai investasi kesehatan untuk diri kita sendiri. Karena rimpang memiliki beragam jenis dan manfaatnya masing – masing untuk kesehatan tubuh.

Mengkonsumsi rimpang juga bisa dijadikan alternatif selain dengan mengkonsumsi obat kimia sintetis. Rimpang aman dikonsumsi karena merupakan tanaman alami.

Baca Juga : Bercocok Tanam Sebagai Peluang Usaha Menguntungkan

Tanaman Jahe

Tanaman jahe merupakan salah satu jenis rimpang yang biasa dijadikan rempah – rempah maupun untuk obat.

Jahe biasa dikonsumsi sebagai obat dengan cara dijadikan seduhan. Jahe memiliki rasa yang pedas tetapi menghangatkan.

Batang tanaman jahe tumbuh dengan tinggi mencapai 30 – 100 cm. Akar tanaman jahe berbentuk rimpang dengan warna kuning dan ada juga yang berwarna merah.

Daun tanaman jahe berbentuk menyirip sepanjang 15 sampai 23. Tangkai daun memiliki bulu – bulu halus.

Kandungan Jahe

Kandungan jahe yang menyehatkan sering dimanfaatkan untuk dijadikan salah satu alternative sebelum mengkonsumsi obat. Berikut adalah kandungan jahe :

– Serat
– Protein
– Karbohidrat
– Kalori
– Lemak
– Gula
– Zat Besi
– Kalium
– Vitamin B3
– Vitamin B6
– Vitamin C
– Magnesium
– Zinc
– Niacin
– Riblofavin
– Folat
– Fosfor

Khasiat Jahe

Khasiat jahe sudah tidak diragukan lagi dalam membantu menajaga kesehatan maupun untuk mengobati beberapa penyakit. Berikut adalah khasiat jahe :

Meringankan Gejala Flu

Jahe yang diolah menjadi wedang bersama cengkeh, madu dan kayu manis akan bermanfaat untuk meredakan gejala flu seperti pilek.

Meredakan Mual

Jahe juga dapat digunakan untuk meredakan rasa mual karena mabuk perjalanan, masuk angin dan juga dapat digunakan untuk menghangatkan tubuh.

Jahe juga dapat membantuk untuk mengeluarkan gas berlebih yang dapat menyebabkan mual di dalam sistem pencernaan.

Menyehatkan Pencernaan

Kandungan phenolic di dalam jahe dapat membantu pergerakan makanan dan minuman ketika berada di sistem pencernaan.

Budidaya Jahe

Budidaya jahe sangat cocok dilakukan di daerah tropis seperti Asia Tenggara termasuk Indonesia.
Di Indonesia kebutuhan jahe juga banyak karena masyarakat banyak yang memanfaatkan untuk dikonsumsi dan dijadikan rempah – rempah.

Budidaya jahe dapat dilakukan dengan skala rumahan maupun dibudidaya dengan lahan yang luas untuk dijual dengan skala besar di pasaran.

Budidaya Jahe Merah Peluang Bisnis di Masa Pandemi

Budidaya, jahe, merah, peluang, bisnis, masa, pandemi

Budidaya jahe merah dapat menjadi peluang bisnis di masa pandemi, karena kita tahu bahwa jahe maupun jahe merah juga dapat berkhasiat untuk menjaga sistem imun.

Di masa pandemi seperti saat ini sangat penting untuk menjaga kekebalan tubuh agar terhindar dari berbagai serangan virus maupun bakteri.

Salah satu cara untuk menjaga kekebalan tubuh adalah dengan mengkonsumsi beberapa jenis rimpang salah satunya adalah jahe.

Jahe sudah sejak lama digunakan untuk menjaga imunitas agar terhindar dari beberapa serangan penyakit.

Jahe merah adalah salah satu jenis jahe yang memiliki ciri khas berwarna merah dan memiliki rasa yang lebih pedas dari jahe biasanya.

Jahe merah memiliki nama latin Zingiber officinale var. Rubrum merupakan tanaman herbal yang memiliki rimpang berwarna merah.

Jahe merah juga memiliki kandungan minyak atsiri yang lebih banyak dibanding dengan jahe biasa yang menjadikan jahe merah memiliki rasa yang lebih pedas dari jahe biasa.

Baca Juga : Hortikultura, Jenis Tanaman Yang Membuat Petani Untung

Cara Menanam Jahe Merah

Cara menanam jahe merah dengan mudah dapat dilakukan dimana saja termasuk di rumah maupun di lahan luas.

Sebelum melakukan penanaman hendaknya menyiapkan lahan untuk menanam. Lahan yang digunakan digemburkan dahulu dengan cangkul.

Untuk penanaman di lahan yang luas dilakukan pembuatan bedengan dengan lebar 1 meter , tinggi 30 cm dan panjang diesuaikan dengan luas lahan.

Jarak tiap bedengan adalah 50 cm. Kemudian lakukan pemberian pupuk kompos dengan perbandingan 10 kg untuk bedengan dengan luas 10 meter.

Beri lubang pada pedengan dengan jarak 25 x 25 cm dan kedalaman 30 cm. Kemudian isi lubang dengan pupuk kompos dengan dosis 0,5 kg. Tunggu selama seminggu baru kemudian bisa ditanami.

Kemudian siapkan benih berupa rimpang jahe merah. Rimpang yang ditanaman meiliki ukuran yang besar dengan kondisi masih segar dan kadar air banyak.

Letakkan rimpang pada wadah dan tempatkan pada lokasi yang sejuk. Siram dengan air dan biarkan rimpang jahe merah bertunas.

Jika sudah bertunas maka benih jahe merah siap untuk pindah tanam di lahan penanaman. Masukkan benih jahe yang sudha bertunas ke dalam lubang penanaman dan tutup dengan tanah.

Tetapi jangan sampai menutup bagian dari tunas jahe merah. Siram dengan air secukupnya dan tunggu hingga tanaman jahe tumbuh.

Pemupukan lanjutan dilakukan ketika berumur dua bulan dan tiga bulan setelah tanam. Pupuk yang digunakan bisa menggunakan pupuk kandang.

Lakukan penyiangan selama 2 atau 3 minggu sekali agar gulma dan rumput tidak mengganggu pertumbuhan dari tanaman jahe merah. Pemanenan jahe merah bisa dilakukan ketika berumur tiga sampai empat bulan.

Jika ada yang ingin ditanyakan bisa menghubungi Toko Pertanian LMGA AGRO melalui SMS / WA 0812 5222 117. Demikian sekilas pembahasan dari kami tentang Tanaman Hortikultura Jadi Peluang Usaha Tani Di Masa Pandemi.

The post Tanaman Hortikultura Jadi Peluang Usaha Tani Di Masa Pandemi appeared first on Belanja Online Pertanian Mudah Terpercaya | LMGA AGRO.

]]>
https://lmgaagro.com/2020/08/06/tanaman-hortikultura-peluang-usaha-tani/feed/ 0
Benih Kangkung Bika Tahan Layu Fusarium dan Bakteri https://lmgaagro.com/2020/08/05/benih-kangkung-bika-layu-fusarium-bakteri/ https://lmgaagro.com/2020/08/05/benih-kangkung-bika-layu-fusarium-bakteri/#respond Wed, 05 Aug 2020 00:46:50 +0000 https://lmgaagro.com/?p=18722 Jual Benih Kangkung Bika Tahan Layu Fusarium dan Bakteri. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. LMGA AGRO merupakan Toko Pertanian Online berkualitas dan terpercaya di Indonesia. LMGA AGRO sudah lama dikenal sebagai konsumen sehingga kualitas kami tidak perlu diragukan. Toko Pertanian LMGA AGRO jual berbagai produk – produk pertanian termurah dan terlengkap. Produk – produk pertanian yang kami jual diantaranya seperti pupuk, benih tanaman, zpt, alat pertanian dan spare part, pestisida, dll. Semua tersedia lengkap di LMGA AGRO. Tanaman Kangkung Tanaman kangkung memiliki nama latin Ipomea reptans Poir merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki umur pendek yaitu 4 – 6 minggu. …

The post Benih Kangkung Bika Tahan Layu Fusarium dan Bakteri appeared first on Belanja Online Pertanian Mudah Terpercaya | LMGA AGRO.

]]>
Jual Benih Kangkung Bika Tahan Layu Fusarium dan Bakteri. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. LMGA AGRO merupakan Toko Pertanian Online berkualitas dan terpercaya di Indonesia. LMGA AGRO sudah lama dikenal sebagai konsumen sehingga kualitas kami tidak perlu diragukan.

Toko Pertanian LMGA AGRO jual berbagai produk – produk pertanian termurah dan terlengkap. Produk – produk pertanian yang kami jual diantaranya seperti pupuk, benih tanaman, zpt, alat pertanian dan spare part, pestisida, dll. Semua tersedia lengkap di LMGA AGRO.

Tanaman Kangkung

Tanaman kangkung memiliki nama latin Ipomea reptans Poir merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki umur pendek yaitu 4 – 6 minggu.

Tanaman kangkung berasal dari daerah Asia yaitu India dan menyebar di China Selatan, Australia, Indonesia, Burma, Malaysia dan Afrika.

Tanaman kangkung memiliki dua jenis, yaitu kangkung darat dan kangkung air. Masyarakat pada umumnya lebih sering mengkonsumsi kangkung darat.

Kangkung dikonsumsi daunnya karena rasa yang kadang manis dan segar serta kaya akan beberapa kandungan vitamin dan nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Kangkung dapat beradaptasi pada kondisi cuaca dan tanah yang beragam. Kangkung tetap memerlukan kondisi tanah yang lembab agar bisa tumbuh dengan optimal.

Batang dari tanaman kangkung berongga. Ruas batang kangkung darat berwarna hijau dan ruasnya tidak terlalu besar.

Bentuk daun kangkung biasanya panjang dan meruncing diujungnya. Kangkung air mempunyai daun lebih besar dari kangkung darat. Daun pada kangkung darat berwarna hijau tusa dan kangkung air berwarna hijau agak pucat.

Akar tanaman kangkung merupakan akar tunggang yang punya akar kecil disekitarnya. Akar tanaman kangkung bisa menembus kedalaman 100 cm di dalam tanah.

Kangkung Darat hidup di darat dengan menggunakan tanah sebagai media penanamannya. Kangkung darat juga dapat dibudidayakan dengan hidroponik.

Kangkung Air tidak dapat ditanam di tanah. Habitat kangkung air adalah di permukaan air di area persawahan maupun rawa – rawa.

Kandungan Kangkung Bika

Kandungan kangkung yang banyak sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Masyarakat mengkonsumsi kangkung untuk memenuhi kebutuhan gizi yang ada di dalam tubuh.

Berikut adalah kandungan kangkung :

– Vitamin A
– Vitamin B1
– Vitamin B2
– Vitamin B3
– Vitamin C
– Protein
– Karbohidrat
– Serat
– Selenium
– Fosfor
– Kalium
– Kalsium
– Natrium
– Zat Besi
– Sitosterol

Kandungan kangkung yang beragam dapat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan gizi di dalam tubuh. Mengkonsumsi kangkung sebaiknya secukupnya saja.

Kangkung juga mengandung purin. Untuk penderita asam urat lebih baik menghindari atau mengurangi mengkonsumsi kangkung karena mengandung purin.

Baca Juga : Jual Benih Sawi Pak Choy White Terbaik Takii Seed 20 ml Murah

Manfaat Kangkung

Kandungan vitamin dan nutrisi yang banyak di dalam kangkung sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan gizi di dalam tubuh.

Berikut adalah manfaat kangkung untuk kesehatan :

Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A di dalam kangkung sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A berfungsi melindungi mata dari infeksi bakteri dan virus.

Menjaga Imun Tubuh

Kandungan vitamin C di dalam sayuran kangkung dapat berguna untuk meningkatkan dan menjaga imunitas tubuh.

Mencegah Darah Rendah

Kandungan zat besi dan fosfor di dalam kangkung dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merah sehingga dapat mencegah terjadinya anemia.

Mencegah Sariawan

Di dalam sayuran kangkung terdapat kandungan vitamin V. Kandungan vitamin C ini sangat bermanfaat untuk mencegah sariawan.

Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan di dalam kangkung seperti vitamin C dapat berfungsi untuk melindungi sel- sel di dalam tubuh agar terhindar dari radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker.

Mencegah Dehidrasi

Kandungan kalium dan natrium di dalam kangkung dapat mencegah dehidrasi. Karena kita tahu bahwa kalium dan natrium adalah beberapa jenis dari mineral yang dibutuhkan tubuh agar tidak dehidrasi.

Melancarkan Pencernaan

Kangkung mengandung serat yang sangat baik untuk pencernaan. Dengan mengkonsumsi kangkung dengan porsi yang tidak berlebihan maka pencernaan akan lancar.

Meningkatkan Kemampuan Otak

Kangkung mengandung vitamin B yang dapat membantu kinerja otak. Oleh karena itu kangkung cocok untuk dikonsumsi anak dalam masa pertumbuhan agar kemampuan otak menjadi meningkat.

Mencegah Pengeroposan Tulang

Kandungan kalsium di dalam kangung sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang agar tidak terjadi pengeroposan tulang.

Mencegah Penyakit Jantung

Kandungan vitamin A dan C serta betakaroten pada kangkung berperan sebagai antioksidan. Antioksidan dapat berfungsi sebagai pencegah penyumbatan pada arteri jantung yang disebabkan kolesterol.

Menjaga Kesehatan Ginjal

Banyaknya kandungan mineral yang terkandung di dalam kangkung seperti air, dapat membantu kinerja ginjal ketika menyaring darah. Ginjal yang terbantu dalam penyaringan darah akan bekerja lebih optimal.

Konsumsi Kangkung Berlebihan Sebabkan Asam Urat

Meskipun kangkung mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang sangat baik jika dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan gizi. Tetapi mengkonsumsi kangkung terlalu banyak juga dapat menimbulkan efek negatif bagi tubuh.

Resiku asam urat menjadi lebih tinggi jika mengkonsumsi kangkung dengan jumlah yang berlebihan. Hal ini disebabkan oleh kandungan purin yang terkandung di dalam kangkung jika terakumulasi terlalu banyak akan menyebabkan asam urat.

Peluang Usaha Budidaya Kangkung Bika

peluang, usaha, budidaya, kangkung bika

Peluang Usaha Budidaya kangkung Bika mudah dan menguntungkan. Kangkung Bika berkualitas produk dari PT Agri Makmur Pertiwi (AMP).

Budidaya kangkung Bika mudah karena tahan hama penyakit. Penanaman kangkung Bika Agri Makmur Pertiwi bisa dilakukan di sawah, kebun, polybag dan hidroponik.

Tingkat konsumsi kangkung di masyarakat masih lumayan diminati dan banyak. Hal ini bisa dijadikan peluang untuk mendapatkan pundi – pundi rupiah dengan cara budidaya kangkung.

Budidaya kangkung juga bisa dilakukan disekitar rumah dengan lahan seadanya. Budidaya di lahan sekitar rumah dapat berguna sebagai stok kesediaan pangan.

Selain itu masyarakat juga dapat memanfaannya untuk stok dan pemberian pakan hewan peliharaan seperti kelinci, kura – kura, iguana. Dengan begitu masyarakat bisa menghemat tanpa harus membeli kangkung.

Kangkung Bika memiliki beberapa keunggulan sebagai berikut :

– Mempunyai vigor tanaman yang kokoh
– Batang panjang, lentur dan daun banyak
– Adaptasi baik untuk berkebun di dataran rendah pada musim kemarau
– Tahan penyakit layu fusarium dan bakteri, serta bercak daun
– Memiliki tinggi 30 – 35 cm
– Tipe daun lebar dengan ukuran 4.5 – 5 cm, panjang stabil 13 – 15 cm
– Umur panen kangkung Bika kurang lebih 25 – 35 hari setelah semai
– Potensi hasil panen kurang lebih 9 ton/ha.

Budidaya kangkung Bika dengan cara hidroponik mempunyai nilai jual yang lebih tinggi karena tampilan kangkung lebih menarik serta bersih dengan batang yang lunak.

Menanam hidroponik dengan botol bekas cocok untuk benih tanaman kangkung Bika karena selain hemat juga ikut dalam menjaga kebersihan lingkungan dengan memanfaatkan botol bekas.

Benih kangkung Bika produktif dengan batang ilindris, daun berbentuk daun bambu hijau tua dengan rasa manis dan tidak berserat.

Kangkung Bika lebih enak untuk diolah menjadi sayur kangkung, tumis kangkung karena tekstur dan rasanya yang sesuai.

Kangkung Bika memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan manusia. Hal ini menjadikan budidaya kangkung lebih luas dan memberi semangat untuk petani.

Jual benih Kangkung Bika Agri Makmur Pertiwi di Toko Pertanian Online LMGA AGRO dengan harga terjangkau. Benih kangkung Bika tersedia dalam kemasan 500 gram dan 1 kg.

Budidaya kangkung Bika di kebun maupun di polybag disarankan untuk menggunakan pupuk organik, pupuk NPK terbaik. Toko Pertanian Online LMGA AGRO jual benih kangkung dan pupuk berkualitas harga terjangkau.

Baca Juga :

Cara Menanam Kangkung

Cara menanam kangkung sangat beragam tergantung dari jenis kangkung yang akan di tanam. Menanam kangkung bisa menggunakan media tanah maupun air.

Penanaman kangkung bisa dilakukan di lahan persawahan, kebun, halaman rumah, polybag maupun dengan hidroponik.

Berikut adalah cara menanam kangkung :

Pemilihan Benih Kangkung

Pemilihan benih kangkung bertujuan agar benih kangkung yang akan ditanam memiliki kualitas yang baik yang tahan hama dan penyakit. Toko Pertanian Online LMGA AGRO sedia benih kangkung berkualitas dengan harga terjangkau.

Media Tanam

Media tanam kangkung bisa dengan menggunakan tanah yang telah diolah. Lahan yang digunakan untuk penanaman bisa berupa sawah, kebun maupun di pot atau polybag.

Selain dengan media tanah, media lain seperti cocopeat, perlite dan vermiculite juga bisa digunakan sebagai media tanam. Penanaman dengan media cocopeat, perlite dan vermiculite biasa menggunakan polybag atau wadah kecil lainnya.

Jika menggunakan lahan yang luas seperti di persawahan sebaiknya tanah digemburkan terlebih dahulu dan dibuat bedengan.

Jika menggunakan pot atau polybag cukup dengan memasukkan media tanah ke dalamnya saja. Tanah yang digunakan sebaiknya dicampur dengan kompos dahulu.

Jika sudah dicampurkan masukkan ke dalam polybag atau pot. Jika sudah lubangi media tanam dan masukkan benih kangkung ke dalamnya lalu tutup dengan tanah kembali.

Letakkan media tanam yang sudah diisi dengan benih tadi ke tempat yang terkena sinar matahari. Hal ini bertujuan agar nantinya ketika tumbuh tanaman kangkung dapat berfotosintesis dan tumbuh dengan optimal.

Penyiraman Tanaman Kangkung

Setelah dilakukan proses penanaman selanjutnya adalah proses penyiraman kangkung. Penyiraman ketika musim kemarau dilakukan sebanyak dua kali ketika pagi dan sore hari. Penyiraman dilakukan agar pertumbuhan kangkung bisa optimal.

Pemupukan Tanaman Kangkung

Pemupukan tanaman kangkung di awal memang sudah dilakukan. Akan tetapi pemupukan lanjutan dilakukan jika memang ada tanaman yang terlihat kurang subur.

Pemupukan tanaman kangkung sangat penting dilakukan agar tanaman dapat mencukupi kebutuhan nutrisi untuk bisa tumbuh dengan optimal dan sehat.

Pupuk yang digunakan bisa menggunakan pupuk organik seperti pupuk kandang atau kompos dari kotoran hewan ternak seperti ayam, kambing dan sapi.

Selain menggunakan pupuk organic juga bisa menggunakan pupuk anorganik. Pupuk dapat dibeli di Toko Pertanian Online LMGA AGRO dengan harga terjangkau. Toko Pertanian Online LMGA AGRO jual benih tanaman kangkung dan pupuk dengan harga terjangkau.

Perawatan Tanaman Kangkung

Perawatan tanaman kangkung dilakukan dengan mengecek sekitar lahan penanaman apakah ada gulma, hama dan penyakit yang menyerang.

Jika terdapat gulma yang mengganggu sebaiknya segera lakukan pembersihan agar gulma tidak menyerap nutrisi yang dibutuhkan tanaman kangkung.

Jika terdapat hama yang menyerang tanaman kangkung. Segera semprotkan pestisida dengan dosis yang tidak berlebihan karena kita tahu bahwa pestisida adalah bahan kimia. Maka dari itu penggunaanya juga tidak dianjurkan berlebihan.

Pemanenan Kangkung

Pemanenan kangkung dilakukan ketika tanaman kangkung berumur 30 hari. Cara memanen kangkung bisa dengan cara dipotong atau dicabut langsung. Kangkung yang dipanen dengan dicabut sampai akar biasanya dijual dipasar modern.

Kangkung yang dipanen diikat menjadi beberapa ikat dan kemudian di kirim di pasar – pasar untuk dijual. Kangkung yang dijual di pasar tradisional biasanya adalah kangkung yang dipanen dengan cara dipotong batangnya.

Kangkung yang dipanen dengan cara dipotong dapat dimanfaatkan agar bisa tumbuh kembali. Sisa potongan kangkung tersebut akan tumbuh dengan sendirinya.

Untuk membantu agar tumbuh kembali maka pemberian pupuk sebagai nutrisi diperlukan agar kangkung bisa tumbuh lagi dengan baik.

Pemasaran Kangkung

Pemasaran kangkung bisa dilakukan di pasar tradisional dan pasar modern. Di pasar tradisional biasanya pedagang grosir datang lebih pagi untuk menjual kangkungnya.

Kangkung yang dijual oleh pedagang grosir otomatis lebih murah harganya dibanding pedagang tangan berikutnya. Pedagang tangan berikutnya biasanya menjual kangkung agak siang dipasar.

Pedagang ini juga kadang menjual kangkungnya dengan cara berkeliling di desa – desa. Karena terkadang konsumen rumahnya jauh dengan pasar maka pedagang berinisiatif untuk berkeliling ke desa – desa untuk menjual dagangannya.

Kangkung yang dijual di pasar modern biasanya sangat bersih dan masih ada akarnya. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kesegaran dari kangkung.

Harga kangkung di pasar modern mungkin lebih mahal karena faktor tatacara pemanenan maupun karena faktor dari konsumennya.

Baca Juga : Sawi Kumala Umur Genjah

Kangkung Hidroponik

kangkung, hidroponik

Kangkung hidroponik bisa dilakukan dirumah dengan cara mudah. Hidroponik juga bisa jadi alternatif cara penanaman kangkung selain dengan lahan persawahan.

Sebelum melakukan penanaman kangkung hidroponik. Terlebih dahulu siapkan alat dan bahan untuk melakukan penanaman kangkung hidroponik.

Berikut adalah alat dan bahan untuk menanam kangkung hidroponik :

– Benih Kangkung
– Nutrisi/Pupuk Cair
– Saringan plastik/Besek
– Ember plastik
– Air
– Rockwoll/Spons

Cara menanam kangkung hidroponik :

Penyemaian Benih Kangkung

Penyemaian benih kangkung bisa dilakukan dengan rockwoll atau spons yang telah dibasahi dengan air. Rockwoll atau spons tadi diberi lubang ditengahnya kemudian masukkan benih kangkung kedalamnya dan tutup.

Tunggu hingga benih kangkung bercambah dan mulai tumbuh helai daun. Jika sudah berkecambah dan tumbuh daun maka benih semai kangkung siap pindah untuk tanam.

Pemupukan Tanaman Kangkung

Pemupukan kangkung hidroponik menggunakan pupuk atau nutrisi cair yang dimasukkan ke dalam ember sesuai takaran. Pupuk cair atau nutrisi bisa di beli di Toko Pertanian Online LMGA AGRO dengan harga terjangkau.

Pupuk atau nutrisi cair berfungsi untuk memenuhi nutrisi tanaman kangkung agar dapat tumbuh dengan optimal. Ketinggian pupuk atau nutrisi cair hanya sebatas bawah saringan plastik atau besek.

Pemindahan Tanaman Kangkung

Benih tanaman kangkung yang sudah berkecambah dan tumbuh beberapa helai daun kemudian dipindahkan ke dalam saringan plastik atau besek.

Setelah meletakkan benih kangkung ke atas saringan. Letakkan saringan diatas ember yang sudah diberi cairan nutrisi atau pupuk.

Pemanenan Tanaman Kangkung

Pemanenan tanaman kangkung dilakukan ketika umur 30 hari. Kangkung bisa langsung dipanen dengan cara mencabut akar atau bis dengan cara memotong batangnya.

Baca Juga : Benih Kangkung Tornado  Agri Makmur Pertiwi Berkualitas

Tumis Kangkung

Tumis kangkung merupakan salah satu makanan yang tidak asing bagi masyarakat. Selain enak tumis kangkung menyehatkan karena kita tahu bahwa kangkung mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan gizi.

Bahan – bahan Tumis Kangkung

– Kangkung 2 ikat (cuci bersih)
– Cabai Merah 2 buah (iris tipis)
– Tomat Merah 2 buah (potong jadi beberapa bagian)
– Minyak 2 sendok makan
– Garam 1 sdt
– Gula ½ sdt
– Air 60 ml
– Kecap botol/sachet
– Tahu (potong kecil)
– Tempe (potong kecil)
Bumbu Tumis Kangkung
– Bawang putih 3 siung
– Bawang merah 5 siung
– Cabe rawit 3 buah
– Cabe merah keriting 3 buah
– Terasi 1 sdt

Cara Memasak Tumis Kangkung

– Nyalakan kompor kemudian panaskan minyak
– Haluskan bumbu (bawang putih, bawang merah, cabe, terasi)
– Tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga beraroma harum
– Masukkan potongan tomat, irisan cabe merah, garam gula kedalamnya
– Aduk sampai agak layu
– Tuangkan air kedalamnya
– Masukkan potongan tempe dan tahu
– Masak dengan api kecil
– Tuangkan potongan kangkung
– Tuangkan kecap secukupnya
– Aduk hingga rata dan air sedikit menyusut lalu matikan api
– Tumis kangkung siap dihidangkan

Apabila berminat membeli benih Kangkung Bika. Hubungi Toko Pertanian LMGA AGRO. SMS / WA 0812 5222 117. Semoga artikel tentang Kangkung Bika ini bermanfaat bagi pembaca, baik pembaca di desa maupun di kota, baik yang berprofesi sebagai petani maupun bukan petani.

The post Benih Kangkung Bika Tahan Layu Fusarium dan Bakteri appeared first on Belanja Online Pertanian Mudah Terpercaya | LMGA AGRO.

]]>
https://lmgaagro.com/2020/08/05/benih-kangkung-bika-layu-fusarium-bakteri/feed/ 0
Budidaya Tomat Berkualitas Menguntungkan Petani https://lmgaagro.com/2020/08/04/budidaya-tomat-berkualitas-menguntungkan-petani/ https://lmgaagro.com/2020/08/04/budidaya-tomat-berkualitas-menguntungkan-petani/#respond Tue, 04 Aug 2020 00:56:21 +0000 https://lmgaagro.com/?p=18839 Budidaya Tomat Berkualitas Menguntungkan Petani. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. Tomat merupakan salah satu jenis tanaman hortikultura yang sering dikonsumsi masyarakat. Petani banyak yang membudidayakan tomat di lahan pertanian. Tanaman tomat yang berkualitas dapat menguntungkan petani karena tahan terhadap serangan virus dan penyakit. Tomat memiliki banyak kandungan vitamin yang bermanfaat untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi di dalam tubuh. Tanaman Tomat Tanaman tomat dengan nama latin Solanum Lycopersicum L adalah salah satu jenis tanaman hortikultura yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Tanaman tomat merupakan salah satu jenis komoditas sayuran yang banyak dikonsumsi masyarakat. Tomat di ambil buahnya untuk dikonsumsi secara langsung maupun di …

The post Budidaya Tomat Berkualitas Menguntungkan Petani appeared first on Belanja Online Pertanian Mudah Terpercaya | LMGA AGRO.

]]>
Budidaya Tomat Berkualitas Menguntungkan Petani. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. Tomat merupakan salah satu jenis tanaman hortikultura yang sering dikonsumsi masyarakat. Petani banyak yang membudidayakan tomat di lahan pertanian.

Tanaman tomat yang berkualitas dapat menguntungkan petani karena tahan terhadap serangan virus dan penyakit. Tomat memiliki banyak kandungan vitamin yang bermanfaat untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi di dalam tubuh.

Tanaman Tomat

Tanaman tomat dengan nama latin Solanum Lycopersicum L adalah salah satu jenis tanaman hortikultura yang banyak dibudidayakan di Indonesia.

Tanaman tomat merupakan salah satu jenis komoditas sayuran yang banyak dikonsumsi masyarakat.
Tomat di ambil buahnya untuk dikonsumsi secara langsung maupun di olah menjadi masakan. Tomat juga digunakan sebagai bahan pembuatan saos dan penyedap olahan masakan.

Tomat biasa digunakan untuk bahan pelengkap masakan sup, salad dll. Tomat juga sering dijadikan sebagai jus yang menyegarkan dan menyehatkan.

Tomat banyak mengandung vitamin yang bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi di dalam tubuh.

Baca Juga :  Hama Budidaya Tanaman Membuat Petani Rugi

Kandungan Tomat

Kandungan tomat dapat bermanfaat untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi di dalam tubuh. Kandungan tomat sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah kandungan tomat :

– Vitamin A
– Vitamin C
– Vitamin K
– Kalium
– Asam Folat
– Likopen
– Serat
– Potasium
– Beta karoten

Manfaat Tomat

Manfaat tomat untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi di dalam tubuh sangat banyak. Berikut ini adalah manfaat tomat bagi kesehatan :

Memenuhi Vitamin C

Kandungan vitamin C di dalam tomat dapat memenuhi 28 % kebutuhan harian vitamin C pada tubuh. Vitamin C ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Mencegah Kanker

Di dalam tomat terkandung vitamin C yang berperan sebagai antioksidan yang melindungi sel – sel di dalam tubuh dari radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker.

Menjaga Sistem Imun

Kandungan vitamin C di dalam tomat juga bermanfaat untuk membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Sistem imun yang baik akan menghindarkan tubuh dari berbagai serangan penyakit.

Menjaga Kesehatan Kulit

Kolagen dibutuhkan tubuh untuk membantu menjaga kesehatan kulit. Vitamin C di dalam tomat dapat membantu dalam pembentukan kolagen.

Menyehatkan Mata

Kandungan beta karoten dan vitamin A di dalam tomat dapat berfungsi membantu menjaga penglihatan dan menunjang fungsi retina.

Mencegah Hipertensi

Kandungan mineral potassium di dalam tomat dapat membantu menurunkan dari resiko tekanan darah tinggi.

Menjaga Kesehatan Tulang

Di dalam tomat terkandung vitamin K yang dapat membantu menajga kesehatan tulang. Vitamin K di dalam tomat juga membantu dalam proses pembekuan darah.

Mencegah Serangan Jantung

Di dalam tomat mengandung likopen yang dapat berfungsi menurunkan kadar kolesterol jahat yang dapat mengakibatkan serangan jantung.

Mencegah Diabetes

Di dalam tomat terkandung serat yang tinggi. Serat ini dapat berfungsi untuk menurunkan resiko penyakit diabetes dengan cara membantu mengelola kadar insulin.

Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat di dalam tomat dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Sistem pencernaan yang lancar akan menjauhkan dari sembelit dan diare.

Budidaya Tomat

budidaya, tomat, budidaya tomat, jual benih tomat, tanaman tomat

Budidaya tomat sudah banyak dijumpai di beberapa daerah di Indonesia. Tomat banyak dibudidayakan dan hasilnya digunakan untuk memenuhi kebutuhan skala rumahan maupun industri.

Dalam skala rumahan tomat dimanfaatkan sebagai bahan pelengkap masakan maupun sebagai lalapan. Di dalam industri tomat dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan saus dan penyedap rasa.

Budidaya tomat dapat dilakukan di dataran rendah dengan ketinggian kurang dari 200 mdpl. Selain itu juga bisa dilakukan di dataran menengah dengan ketinggian 200 – 700 mdpl dan dataran tinggi dengan ketinggian lebih dari 700 mdpl.

Tanaman tomat memerlukan tekstur tanah yang gembur dan memiliki kadar pH antara 5 – 6 untuk bisa tumbuh dengan baik.

Tanah yang mengandung humus dan pasir cocok untuk digunakan sebagai media tanam tomat. Kebutuhan air juga harus terpenuhi agar tanaman tomat bisa tumbuh dengan baik.

Temperatur dan kelembaban tinggi pada daerah penanaman tomat membuat kualitas, pertumbuhan dan produktifitas tomat menjadi kurang optimal.

Temperatur yang dibutuhkan tomat untuk tumbuh dengan baik adalah 24 – 28 derajat celcius dan dengan kelembaban 80 %.

Pohon Tomat

Pohon tomat memiliki struktur yang lunak dan kokoh berwarna hijau. Pohon tomat bercabang banyak dan menyebar. Permukaan batang tomat berbulu dan memiliki kelenjar diantara bulunya.

Daun Tomat

Daun tomat memiliki panjang 15 – 25 cm dan lebar 10 – 20 cm. Daun tomat berwarna hijau. Daun tomat berjumlah 5 – 7 helai.

Akar Tomat

Akar tomat memiki akar tunggang berbentuk lurus menembus tanah dan bercabang kesamping berbentuk akar serabut.

Buah Tomat

Buah tomat memiliki berbagai macam bentuk yaitu bulat oval, bulat, bulat persegi. Buah tomat ada yang berwarna hijau, kemerahan, merah, orange tergantung jenis tomatnya.

Baca Juga : Manfaat Tomat Dahsyat Bagi Tubuh Dapat Di Tanam Dalam Pot

Teknik Budidaya Tanaman Tomat

Teknik budidaya tanaman tomat yang baik dan benar perlu dilakukan agar tomat yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik.

Tomat yang berkualitas baik akan membuatnya cepat laku di pasaran. Hal ini dapat menguntungkan petani tomat.

Tomat merupakan salah satu komoditas hortikultura yang banyak dibutuhkan dan di cari banyak orang sebagai bahan pangan.

Dengan hasil tomat yang berkualitas maka kepuasan masyarakat akan bertambah dan meningkatkan minat masyarakat untuk terus mengkonsumsi tomat.

Petani tomat juga ikut bersemangat untuk membudidayakan tomat berkualitas. Dengan budidaya tomat berkualitas maka potensi hasil panen juga akan melimpah dan memiliki kualitas baik.

Cara Menanam Tomat

Cara menanam tomat yang baik dan benar diperlukan agar tanaman tomat dapat tumbuh dengan optimal dan produktif.

Sebelum melakukan penanaman diperlukan pemilihan benih tomat unggul berkualitas. Benih tomat juga disesuaikan dengan lokasi penanaman, apakah berada di dataran rendah, dataran menengah atau dataran tinggi.

Tanah yang digunakan untuk menanam tomat sebaiknya memiliki pH tanah 4 – 6 dengan suhu lingkungan penanaman 17 – 28 derajat celcius dan kelembaban 80%.

Langkah selanjutnya adalah penyemaian benih tomat. Penyemaian benih tomat dilakukan dengan membuat bedengan kecil dengan ukuran 1 x 2 meter.

Bedengan tersebut dari tanah yang digemburkan dan telah dicampurkan dengan pupuk kandang dan sudah dibiarkan selama seminggu.

Jika sudah lakukan penyemaian dengan menanam benih tomat ke dalam bedengan dan tutup benih dengan tanah tipis saja.

Lakukan penyiraman setiap hari pada waktu pagi dan sore dengan menggunakan spray agar lahan penyemaian tidak terlalu lembab.

Tunggu hingga benih mulai tumbuh daun beberapa helai. Benih sudah tumbuh dan siap dipindah ke media pot atau polybag ketika berumur kurang lebih 14 hari.

Pindahkan satu per satu tanaman tomat ke dalam pot atau polybag, satu polybag berisi satu tanaman tomat. Pemindahan perlu dilakukan agar tanaman tomat bisa tumbuh optimal.

Media penanaman di dalam pot atau polybag menggunakan pupuk kandang, pasir dan tanah dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Tunggu hingga tanaman berumur 25 hari kemudian pindahkan ke lahan penanaman.

Lahan yang digunakan untuk penanaman sebelumnya telah digemburkan tanahnya dan dibuat bedengan dengan ukuran lebar 1 meter tinggi 25 cm per bedengan. Jarak setiap bedengan 30 cm yang digunakan sebagai parit.

Panjang bedengan menyesuaikan dari luas lahan pertanian yang dimiliki. Untuk pemberian pupuk kandang pada bedengan dilakukan dengan perbandingan 100 kg pupuk kandang untuk lahan 100 meter persegi.

Biarkan selama satu minggu setelah pemberian pupuk kandang pada bedengan. Kemudian pasang mulsa plastik jika tomat yang di tanam sangat banyak.

Jarak Tanam Tomat

Jarak tanam tomat adalah 50 cm x 60 cm setiap lubang dan dengan kedalaman 7 cm. Penanaman tomat yang sudah selesai disemai dan dipindah ke lahan pertanian dilakukan dengan membuka polybag lalu memasukkan ke dalam lubang bedengan.

Jika sudah dimasukkan tutup kembali lubang dengan media tanam. Lakukan penyiraman setiap hari pagi dan sore hari.

Penyiraman menggunakan sprayer halus agar media tanam tomat tidak terlalu basah atau lembab. Penyiangan dilakukan jika ada tanaman yang menganggu.

Setelah tomat sudah mulai tumbuh besar, lakukan pemasangan penyangga atau ajir agar tanaman tomat tetap tegak dan tidak ambruk.

Penyangga atau ajir dapat terbuat dari kayu dan bambu yang dipotong sepanjang satu meter dengan ukuran sedang.

Pasang setiap tanaman tomat dengan satu ajir per tanaman dengan cara mengikatnya dengan penyangga atau ajir. Mengikat tanaman tomat dan ajir dilakukan tidak terlalu rapat agar tanaman tomat tetap dapat tumbuh dengan baik.

Pupuk Tomat

Pupuk tomat diberikan agar tanaman tomat dapat tumbuh dengan optimal dan produktif. Pemupukan tanaman tomat dilakukan ketika seminggu setelah penanaman dan ketika tanaman tomat sudah berbunga.

Untuk pemupukan seminggu setelah penanaman menggunakan pupuk dengan perbandingan Urea 1,5 kg, TSP 3 kg dan Kcl 1,5 kg per 100 meter persegi lahan penanaman.

Jika terdapat gulma yang menganggu segera bersihkan agar tidak menganggu pertumbuhan dari tanaman tomat. Lakukan penyemprotan pestisida jika terdapat hama yang mengganggu dengan tidak berlebihan.

Pemanenan tomat dapat dilakukan ketika berumur kurang lebih tiga bulan. Tomat yang siap untuk dipanen memiliki warna kekuningan hingga orange kemerahan.

Baca Juga : Sayuran Organik Peluang Budidaya Menguntungkan

Budidaya Tomat di Kebun

Budidaya tomat di kebun dapat dilakukan oleh semua orang dengan mudah. Budidaya tomat dikebun dapat dijadikan sebagai peluang bisnis rumahan.

Budidaya tomat dikebun juga bisa dijadikan sebagai penyedia bahan pangan di rumah yang bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan gizi.

Alat dan bahan yang digunakan untuk budidaya tomat di kebun juga sederhana. Alat dan bahan bisa dibeli di toko pertanian maupun secara online.

Alat dan bahan yang dibutuhkan juga didapatkan dengan memanfaatkan beberapa limbah plastik seperti jerigen, botol plastik bekas, gelas plastik bekas dll.

Cara Menanam Tomat di Pot

Cara menanam tomat di pot bisa dilakukan di kebun rumah dengan lahan seadanya. Pot yang digunakan bisa dari polybag, gelas plastik bekas air mineral atau yang lainnya.

Sebelum menanam tomat sebaiknya dilakukan pemilihan benih yang berkualitas. Dengan benih berkualitas tanaman yang tumbuh akan sehat dan tumbuh dengan baik.

Jika sudah mendapatkan benih tomat, langkah selanjutnya adalah menyemai benih. Penyemaian benih bisa dilakukan di media semai seperti tray semai, baki plastik dll dengan.

Media penyemaian bisa menggunakan arang sekam atau tanah yang telah dicampur kompos. Maasukkan benih tomat di dalam media penyemaian.

Jika sudah jangan lupa untuk menyiramnya agar tetap lembab dan tumbuh dengan baik. Hindarkan dari cahaya matahari.

Tunggu benih tomat hingga tumbuh daun. Tanaman tomat akan tumbuh daun dan siap dipindah tanam di polybag saat berumur kurang lebih dua minggu.

Jika sudah berumur dua minggu pindahkan benih tomat ke polybag dengan berhati – hati agar tidak merusak akarnya.

Media tanam yang ada di dalam polybag bisa berupa arang sekam yang dicampur tanah dan pupuk kompos.

Jika sudah dipindah lakukan penyiraman secara teratur pada beberapa hari pertama setelah penyiraman.

Kemudian bisa dilakukan penyiraman dua hari sekali. Berikan tongkat atau kayu untuk menyangga batang tomat ketika nanti berbuah.

Pemberian tongkat atau kayu bertujuan agar batang atau pohon tomat tetap tegak dan tidak roboh atau terlalu berat menopang tomat yang telah berbuah.

Untuk mempercepat pembuahan tomat dapat dilakukan dengan cara memangkas tunas baru yang tumbuh.

Seminggu setelah penanaman tomat bisa ditambahkan nutrisi berupa pupuk kompos. Jika terdapat tanaman tomat yang terserang hama atau penyakit segera basmi dengan pestisida atau mencabutnya agar tidak menular ke tanaman tomat yang lain.

Pemanenan tomat dapat dilakukan ketika tanaman tomat berumur kira – kira tiga bulan dari pindah tanam. Tomat yang mulai matang memiliki ciri berwarna kekuningan hingga orange kemerahan.

Menanam Tomat Hidroponik di Rumah

Menanam, tomat, hidroponik, budidaya tomat, jualbenih tomat, rumah

Menanam tomat hidroponik di rumah dapat dijadikan sebagai peluang usaha maupun dijadikan sebagai stok bahan pangan di rumah.

Penanaman tomat hidroponik dirumah bisa menggunakan bahan seadanya seperti pot dari gelas pastik bekas.

Sebelum melakukan penanaman diperlukan benih tomat yang berkualitas agar tanaman tomat yang tumbuh nantinya bisa sehat dan produktif.

Jika sudah memilih benih tomat, selanjutnya media tanam yang digunakan untuk penyemaian bisa dari arang sekam yang dimasukkan ke dalam gelas plastik bekas.

Sebelum memasukkan media tanam ke dalam gelas. Lubangi bagian samping dan bawah gelas. Pada lubang bawah gelas berikan sumbu yang terbuat dari kain flannel.

Masukkan benih tomat satu biji setiap satu gelas dan tutup dengan arang sekam. Siram dengan air secukupnya. Letakkan media penyemaian yang terhindar dari cahaya matahari.

Jika sudah mulai tumbuh letakkan ditempat yang terkena sinar matahari secara bertahap. Tunggu hingga benih penyemaian berumur 25 hari.

Jika sudah pindahkan ke bak plastik yang berisi nutrisi pupuk cair. Diatas bak terdapat peyangga agar pot penanaman tidak langsung mengenai nutrisi yang ada di dalam bak.

Penyangga pot bisa terbuat dari styrofoam, kayu, maupun plastik. Jika sudah maka letakkan tanaman tomat pada tempat yang terkena sinar matahari agar pertumbuhannya bisa optimal.

Lakukan pengecekkan rutin pH air dan juga nutrisi dari tanaman tomat. Lakukan penyemprotan pestisida jika terdapat hama yang mengganggu.

Pemanenan dapat dilakukan ketika tanaman tomat berusia kurang lebih tiga bulan. Tanaman tomat yang matang bisa dilihat dari kulit buah yang berubah warna menjadi kekuningan sampai orange kemerahan.

Jika ada yang ingin ditanyakan bisa menghubungi Toko Pertanian LMGA AGRO melalui SMS / WA 0812 5222 117. Demikian sekilas pembahasan dari kami tentang Budidaya Tomat Berkualitas Menguntungkan Petani.

The post Budidaya Tomat Berkualitas Menguntungkan Petani appeared first on Belanja Online Pertanian Mudah Terpercaya | LMGA AGRO.

]]>
https://lmgaagro.com/2020/08/04/budidaya-tomat-berkualitas-menguntungkan-petani/feed/ 0
Nutrisi Tanaman Tingkatkan Kualitas Budidaya Tanaman https://lmgaagro.com/2020/08/03/nutrisi-tanaman-budidaya-petani-untung/ https://lmgaagro.com/2020/08/03/nutrisi-tanaman-budidaya-petani-untung/#respond Mon, 03 Aug 2020 00:40:29 +0000 https://lmgaagro.com/?p=18821 Nutrisi Tanaman Tingkatkan Kualitas Budidaya Tanaman. 082141747141 ( Khusus telepon ) 08125222117 ( Khusus SMS / WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro jual pupuk dan zpt pertanian kualitas terbaik dengan harga murah untuk petani. Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan sarana pertanian lengkap kualitas terbaik dengan harga murah untuk kebutuhan usaha pertanian. Sarana pertanian yang tersedia di Toko Pertanian Online LMGA Agro diantaranya adalah benih tanaman, pupuk, pestisida, zpt, hingga alat pertanian. Varietas benih tanaman yang tersedia di Toko Pertanian Online LMGA Agro dijamin berkualitas karena diproduksi oleh pabrik benih berpengalaman. Beberapa diantaranya adalah BISI, Known You Seed, Takii …

The post Nutrisi Tanaman Tingkatkan Kualitas Budidaya Tanaman appeared first on Belanja Online Pertanian Mudah Terpercaya | LMGA AGRO.

]]>
Nutrisi Tanaman Tingkatkan Kualitas Budidaya Tanaman. 082141747141 ( Khusus telepon ) 08125222117 ( Khusus SMS / WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro jual pupuk dan zpt pertanian kualitas terbaik dengan harga murah untuk petani.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan sarana pertanian lengkap kualitas terbaik dengan harga murah untuk kebutuhan usaha pertanian. Sarana pertanian yang tersedia di Toko Pertanian Online LMGA Agro diantaranya adalah benih tanaman, pupuk, pestisida, zpt, hingga alat pertanian.

Varietas benih tanaman yang tersedia di Toko Pertanian Online LMGA Agro dijamin berkualitas karena diproduksi oleh pabrik benih berpengalaman. Beberapa diantaranya adalah BISI, Known You Seed, Takii Seed, East West Seed, dan lain-lain. Jenis benih tanaman yang tersedia diantaranya adalah benih cabe, tomat, melon, timun, terong, jagung manis, kubis, dan lain-lain.

Toko Pertanian Online LMGA Agro juga menyediakan pupuk pertanian kualitas terbaik untuk meningkatkan kadar nutrisi pada lahan pertanian. Jenis pupuk yang tersedia di Toko Pertanian Online LMGA Agro diantaranya adalah pupuk organik, pupuk kimia, hingga pupuk organik cair. Selain itu, Toko Pertanian Online LMGA Agro siap kirim pupuk pertanian pesanan konsumen ke seluruh wilayah Indonesia.

Kualitas pertumbuhan tanaman bisa lebih meningkat dengan pemberian nutrisi tanaman seperti pupuk dan zpt pertanian. Sehingga mampu menghasilkan pertumbuhan tanaman yang berkualitas sampai masa panen tiba. Tanaman yang memiliki cukup nutrisi dapat tumbuh dengan baik serta mampu menghasilkan panen yang berkualitas.

Budidaya tanaman banyak dilakukan oleh petani di area lahan pertanian, mulai dari daerah dataran rendah hingga memasuki daerah dataran tinggi. Petani memanfaatkan lahan pertanian yang memiliki kandungan unsur hara yang cukup untuk memenuhi nutrisi tanaman yang dibudidayakan. Nutrisi tanaman menjadi salah satu faktor yang mampu menghasilkan panen dengan kualitas terbaik dan menguntungkan petani.

Nutrisi Tanaman, Unsur Penting Pertanian

Usaha budidaya tanaman saat ini menjadi idola pelaku usaha pertanian seperti petani untuk dapat menghasilkan banyak keuntungan dari pemeliharaan tanaman. Hal ini dikarenakan usaha budidaya tanaman melakukan pemeliharaan dan perawatan jenis tanaman yang menjadi komoditas pangan unggulan.

Budidaya tanaman memiliki beberapa unsur penting yang harus dipenuhi oleh pelaku usaha pertanian seperti petani. Beberapa unsur tersebut diantaranya adalah benih tanaman unggulan, ketersediaan lahan pertanian, sumber air, dan nutrisi tanaman.

Nutrisi tanaman menjadi unsur penting dalam dunia pertanian khususnya dalam usaha budidaya tanaman yang dilakukan oleh para petani. Hal ini dikarenakan nutrisi merupakan hal penting yang dibutuhkan tanaman untuk bertumbuh dan menghasilkan panen dengan kualitas terbaik. Nutrisi atau unsur hara untuk tanaman ini bisa didapatkan petani dari pemilihan lahan pertanian yang tepat atau pemberian pupuk pertanian.

Lahan pertanian menjadi tempat utama bagi tanaman untuk mencari nutrisi yang diperlukan untuk proses pertumbuhan dari bibit hingga masa panen. Sehingga, pemilihan lahan pertanian yang tepat harus dilakukan oleh petani sebagai pelaku usaha pertanian. Pemilihan lahan pertanian oleh para petani juga harus cocok dengan jenis tanaman yang akan dibudidayakan.

Area lahan pertanian yang memiliki cukup unsur hara atau nutrisi tanaman biasanya memiliki ciri-ciri yang mudah untuk dikenali oleh petani. Salah satu ciri lahan pertanian yang cocok digunakan sebagai lahan budidaya adalah banyaknya vegetasi yang tumbuh di permukaan lahan pertanian.

Ciri-ciri lahan pertanian yang ditumbuhi banyak vegetasi tersebut menunjukkan bahwa nutrisi menjadi unsur penting dalam budidaya tanaman. Penggunaan pupuk pertanian juga bisa menjadi sumber nutrisi yang berfungsi untuk meningkatkan kualitas pertumbuhan tanaman yang dibudidayakan. Jenis pupuk yang digunakan juga memiliki jenis yang beragam dengan kandungan unsur hara atau nutrisi yang berbeda di setiap jenisnya.

Baca Juga : Mengenal Manfaat dan Jenis Pupuk

Pupuk, Nutrisi Tanaman Tambahan Bantu Petani Untung

pupuk,pupuk pertanian,budidaya tanaman,nutrisi tanaman,nutrisi,nutrient,unsur hara,pertanian,lmga agro

Nutrisi atau unsur hara merupakan hal penting yang selalu dibutuhkan tanaman untuk menghasilkan pertumbuhan tanaman yang berkualitas. Unsur hara bisa didapatkan tanaman dari lahan pertanian yang sebelumnya telah diolah oleh petani menggunakan beberapa sarana pertanian. Salah satu jenis sarana pertanian yang mampu meningkatkan kandungan unsur hara dalam lahan pertanian adalah pupuk pertanian.

Pupuk adalah material yang ditambahkan pada media tanam atau tanaman untuk mencukupi kebutuhan hara yang diperlukan tanaman. Apabila kebutuhan unsur hara atau nutrisi tanaman terpenuhi maka tanaman mampu menghasilkan panen atau produksi kualitas terbaik yang menguntungkan petani.

Pupuk pertanian yang digunakan oleh petani untuk meningkatkan kandungan unsur hara pada lahan pertanian juga memiliki 2 jenis berbeda. Jenis-jenis pupuk pertanian tersebut adalah pupuk organik dan pupuk kimia yang dapat ditemukan dengan mudah di toko pertanian terdekat.

Pupuk organik merupakan jenis pupuk pertanian yang memiliki bahan dasar pembuatan dari bahan organik seperti sampah organik atau kotoran hewan. Jenis pupuk organik yang banyak digunakan oleh petani saat budidaya tanaman diantaranya adalah pupuk kandang, pupuk kompos, dan pupuk hijau.

Pupuk kimia juga bisa digunakan sebagai sarana pertanian untuk menambahkan kadar unsur hara pada lahan pertanian untuk menunjang nutrisi tanaman. Jenis pupuk kimia memiliki kandungan unsur hara dan biasanya hanya mengandung satu jenis nutrisi seperti N, P, atau K.

Penggunaan pupuk pertanian organik dan kimia pada lahan pertanian juga harus sesuai dengan dosis yang berlaku. Hal ini bertujuan untuk menjaga kondisi lahan pertanian agar tetap memiliki kandungan unsur hara yang cukup dan tidak berlebihan. Sehingga menghasilkan pertumbuhan tanaman yang memiliki kualitas terbaik dan berpotensi menghasilkan panen yang menguntungkan.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan pupuk pertanian kualitas terbaik dengan harga murah untuk petani. Jenis pupuk pertanian yang tersedia diantaranya adalah pupuk organik, pupuk kimia, hingga pupuk organik cair.

Baca Juga : Pupuk NPK Nutrisi Penting Bagi Tanaman Petani

Jenis Unsur Hara Untuk Budidaya Tanaman

Pupuk pertanian dan kandungan pada lahan pertanian memiliki banyak unsur hara untuk nutrisi tanaman yang dibudidayakan oleh petani. Unsur hara untuk meningkatkan kualitas pertumbuhan pada budidaya tanaman juga tidak terbatas hanya pada beberapa unsur, melainkan melibatkan banyak unsur.

Usaha budidaya tanaman yang menghasilkan banyak produk pertanian kualitas terbaik selalu melibatkan banyak unsur hara saat masa budidaya. Jenis-jenis unsur hara tersebut menjadi nutrisi tanaman yang memiliki banyak manfaat berbeda-beda. Dibawah ini terdapat beberapa jenis unsur hara yang dibutuhkan untuk proses pertumbuhan jenis tanaman budidaya.

Nitrogen

Nitrogen menjadi jenis unsur hara atau nutrisi tanaman yang sangat dikenali oleh para pelaku usaha pertanian atau petani. Unsur nitrogen menjadi jenis unsur hara makro dan dibutuhkan oleh tanaman untuk proses pertumbuhan di lahan pertanian.

Beberapa manfaat dari tanaman yang menyerap unsur nitrogen adalah mampu merangsang pertumbuhan tanaman yang dibudidayakan secara keseluruhan. Selain itu, unsur nitrogen juga berperan penting pada saat pembentukan klorofil yang sangat penting bagi proses fotosintesis tumbuhan.

Penggunaan nitrogen pada tanaman juga harus sesuai dengan dosis yang berlaku, karena kekurangan atau kelebihan nitrogen dapat berpengaruh pada tanaman. Kekurangan unsur nitrogen bisa menyebabkan tanaman mengalami pertumbuhan yang lambat dan menjadi kurus serta kerdil. Sedangkan kelebihan unsur nitrogen bisa menyebabkan proses pemasakan menjadi lebih lambat dan produksi biji-bijian berkurang.

Phospor

Jenis nutrisi tanaman lain yang dibutuhkan untuk proses pertumbuhan tanaman adalah unsur hara jenis phospor. Phospor juga termasuk dalam jenis unsur hara makro yang bermanfaat bagi pertumbuhan tanaman yang dibudidayakan di lahan pertanian.

Manfaat penggunaan phospor untuk usaha budidaya tanaman diantaranya adalah berfungsi untuk merangsang pertumbuhan akar tanaman. Selain itu kandungan unsur hara phospor juga bermanfaat untuk membantu proses asimilasi dan pernapasan pada tanaman yang dibudidayakan.

Kadar penggunaan phospor untuk budidaya tanaman harus disesuaikan dengan dosis yang berlaku agar tanaman dapat mendapatkan manfaat yang maksimal. Apabila tanaman mengalami kekurangan phospor bisa menyebabkan daun memiliki warna yang lebih tua serta mengkilap. Selain itu, kekurangan unsur phospor juga mengakibatkan beberapa bagian tanaman seperti daun menjadi cepat layu.

Kalium

Kalium merupakan jenis unsur hara makro yang dibutuhkan tanaman saat dalam proses pertumbuhan di lahan pertanian. Unsur kalium memberikan banyak manfaat bagi pertumbuhan tanaman dan bisa diperoleh dari pemberian pupuk pertanian sesuai dosis.

Manfaat dari unsur hara kalium pada budidaya tanaman adalah berfungsi membantu pembentukan protein dan karbohidrat. Selain itu, kandungan kalium dalam tanaman juga mampu memperkuat bagian-bagian tanaman seperti daun dan bunga agar tidak mudah rontok.

Pemberian unsur hara atau nutrisi tanaman jenis kalium ini juga harus teratur agar tidak terjadi kondisi dimana tanaman kekurangan kalium. Apabila tanaman kekurangan kalium bisa menyebabkan bagian tanaman seperti daun menjadi mengkerut dan keriting. Selain itu, pada daun tanaman muncul bercak merah kecoklatan dan apabila dibiarkan akan berakibat daun mengering lalu mati.

Baca Juga : Pupuk Kandang, Jenis dan Manfaatnya Bagi Tanaman

Sayuran Hidroponik Peluang Usaha Menguntungkan

sayuran,hidroponik,nutrisi tanaman,peluang usaha,usaha pertanian,pupuk,pupuk pertanian,lmga agro

Budidaya tanaman telah dikenal menjadi jenis usaha pertanian yang mampu menghasilkan banyak keuntungan bagi petani sebagai pelaku usaha pertanian. Budidaya tanaman di lahan pertanian mampu menghasilkan banyak komoditas pangan unggulan seperti cabe, tomat, melon, dan semangka di pasaran.

Melihat usaha pertanian seperti budidaya tanaman mampu menghasilkan banyak keuntungan, membuat metode pertanian semakin berkembang. Salah satu jenis metode pertanian saat ini yang banyak dimanfaatkan petani maupun hobiis tanaman untuk membudidayakan tanaman adalah hidroponik.

Hidroponik merupakan jenis metode pertanian yang memanfaatkan air atau aliran air untuk proses pertumbuhan tanaman sampai masa panen tiba. Sehingga, metode hidroponik ini dikenal karena minim penggunaan media tanam saat proses budidaya tanaman. Selain itu, metode hidroponik juga dapat diimpelmentasikan terhadap jenis tanaman sayur maupun tanaman buah.

Jenis hidroponik tanaman sayur atau hidroponik sayur menjadi sangat populer karena dinilai lebih mudah untuk dipraktekkan. Hal ini dikarenakan jenis tanaman sayur yang bisa dibudidayakan dengan cara hidroponik cukup banyak seperti bayam, kangkung, buncis, dan seledri. Cara untuk melakukan usaha sayuran hidroponik dapat dicari dengan mudah di situs internet yang tersebar di Google.

Peluang usaha sayuran hidroponik memiliki prospek yang menguntungkan apabila dilakukan secara tekun dan sesuai dengan prosedur yang berlaku. Keuntungan yang didapatkan diantaranya adalah kebutuhan sayuran sehari-hari dapat terpenuhi dari hasil panen sayuran hidroponik. Selain itu, instalasi hidroponik pada halaman rumah juga menambah kesan sejuk dan indah untuk dipandang.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan varietas benih sayuran kualitas terbaik seperti bayam, kangkung, dan seledri untuk petani. Semua varietas benih tanaman sayur yang tersedia memiliki harga murah dan terjangkau bagi petani maupun hobiis tanaman.

Baca Juga : Cara Tanam Cabe Dalam Pot dan Hidroponik Sederhana

Nutrisi AB Mix Tingkatkan Kualitas Tanaman Hidroponik

Metode pertanian secara hidroponik saat ini tengah populer di kalangan para hobiis tanaman karena mampu memberikan banyak keuntungan. Salah satu keuntungan dari penggunaan metode hidroponik di halaman rumah adalah mampu memenuhi kebutuhan pangan dari hasil panen budidaya tanaman.

Proses dari usaha budidaya tanaman dengan metode hidroponik sebenarnya tidak terlalu berbeda dari usaha budidaya tanaman di lahan pertanian. Perbedaan dari kedua metode ini adalah luas lahan yang digunakan serta hidroponik yang tidak menggunakan media tanam seperti pertanian konvensional. Selain itu, nutrisi tanaman yang digunakan untuk metode hidroponik juga menggunakan pupuk AB mix.

Nutrisi tanaman AB mix atau lebih dikenal sebagai pupuk AB mix merupakan jenis pupuk pertanian yang populer di budidaya hidroponik. Nutrisi tanaman AB mix berasal dari campuran pupuk A dan pupuk B dan menghasilkan campuran yang cocok untuk tanaman hidroponik.

Pupuk A dan pupuk B mengandung unsur hara atau nutrisi tanaman yang diperlukan untuk menunjang pertumbuhan pada tanaman yang dibudidayakan. Pupuk A merupakan pupuk pertanian yang mengandung unsur hara kalium didalamnya. Sedangkan pupuk B merupakan pupuk pertanian yang memiliki kandungan unsur hara sulfat dan fosfat.

Proses pencampuran antara pupuk A dan pupuk B harus dilakukan dengan tepat agar hasilnya benar-benar terlarut dalam air. Sehingga, ketika diberikan ke saluran pipa hidroponik akar tanaman bisa menyerap dengan baik nutrisi tanaman yang telah diberikan.

Penggunaan pupuk AB mix terbukti mampu meningkatkan kualitas pertumbuhan tanaman yang dibudidayakan dengan cara hidroponik oleh hobiis tanaman. Sehingga, tanaman budidaya mampu mendapatkan nutrisi tanaman yang cukup untuk bertumbuh dan menghasilkan panen berkualitas. Selain itu, hobiis tanaman bisa mendapatkan pupuk A dan pupuk B di toko pertanian terdekat atau toko pertanian online.

Baca Juga : Membuat Pupuk Kompos Dari Kotoran Sapi yang Baik dan Benar

LMGA Agro Sedia Pupuk Pertanian Kualitas Terbaik

Kebutuhan pupuk pertanian menjadi sarana pertanian penting yang dibutuhkan petani dan hobiis tanaman saat melakukan budidaya tanaman. Pupuk pertanian menjadi sarana pertanian penting karena mengandung nutrisi tanaman yang meningkatkan kualitas pertumbuhan tanaman. Petani dan hobiis tanaman bisa mendapatkan pupuk pertanian dengan mudah di toko pertanian terdekat dan toko pertanian online.

Toko Pertanian Online LMGA Agro merupakan toko pertanian berbasis online yang menyediakan berbagai macam sarana pertanian untuk petani. Beberapa jenis sarana pertanian yang tersedia diantaranya adalah benih tanaman, pupuk pertanian, pestisida hama, dan alat pertanian.

Pupuk yang tersedia di Toko Pertanian Online LMGA Agro memiliki kualitas terbaik dan cocok digunakan petani untuk proses pemupukan tanaman. Selain itu, jenis pupuk tersedia lengkap di LMGA Agro mulai dari pupuk organik, pupuk kimia, hingga pupuk organik cair.

Toko Pertanian Online LMGA Agro juga menyediakan ZPT atau zat pengatur tumbuh untuk kebutuhan budidaya tanaman. ZPT yang tersedia di Toko Pertanian Online LMGA Agro memiliki kualitas terbaik dan terjangkau bagi para petani sebagai pelaku usaha pertanian.

Baca Juga : Toko Pertanian LMGA Agro Indonesia Idola Petani

Demikian artikel tentang Nutrisi Tanaman Tingkatkan Kualitas Budidaya Tanaman. Hubungi nomor 082141747141 ( Khusus telepon ) dan 08125222117 ( Khusus WA/SMS ). Toko Pertanian Online LMGA Agro sebagai supplier recommended usaha dropship, reseller, online shop, petani, dan toko pertanian.

Toko Pertanian Online LMGA Agro memberikan peluang usaha bisnis jual varietas benih unggul dan hibrida, pupuk, ZPT, pestisida dan alat pertanian. Terpercaya dan harga promo bersaing. Kami siap kirim hingga ke seluruh wilayah indonesia. Bersama jasa ekspedisi mitra kami yaitu JNE, TIKI, KI8, POS dan ekspedisi lainnya.

Semoga artikel tentang Nutrisi Tanaman ini bermanfaat bagi pembaca, baik pembaca di desa maupun di kota, baik berprofesi sebagai petani maupun bukan petani. Salam sukses selalu.

The post Nutrisi Tanaman Tingkatkan Kualitas Budidaya Tanaman appeared first on Belanja Online Pertanian Mudah Terpercaya | LMGA AGRO.

]]>
https://lmgaagro.com/2020/08/03/nutrisi-tanaman-budidaya-petani-untung/feed/ 0