ZPT Solusi Jitu Pertumbuhan Tanaman

zpt, zat pengatur tumbuh, lmga agro, jual, murah, lengkap

ZPT Solusi Jitu Pertumbuhan Tanaman. 08125222117 WA / SMS LMGA AGRO. Toko Pertanian Online LMGA AGRO adalah toko pertanian yang menjual berbagai kebutuhan petani lengkap dan murah.

Produk – produk yang kami jual contohnya seperti benih, pupuk, alat pertanian, zpt, pestisida, dll. LMGA AGRO bekerja sama dengan berbagai produsen benih, alat pertanian, pestisida, dll. Kualitas produk selalu kami utamakan dalam pelayanan kami.

LMGA AGRO memastikan semua pesanan Anda akan sampai ke alamat tujuan. Dengan menggandeng perusahaan jasa logistik nasional terpercaya di Indonesia seperti JNE, JNT, Pos Indonesia, KI8, Wahana, Indah Logistik, dll semua pesanan Anda akan aman sampai ke alamat tujuan.

ZPT. Mungkin bagi petani kata ini sudah familiar untuk didengar. Namun belum tentu dengan masyarakat awam. Banyak masyarakat awam yang masih belum tahu apa itu ZPT. Lalu apa yang dimaksud dengan ZPT ??

ZPT

zpt, zat pengatur tumbuh, tanaman, murah, lengkap

ZPT merupakan singkatan dari Zat Pengatur Tumbuh. ZPT merupakan salah satu dari banyak sarana pertanian yang dibutuhkan dalam budidaya tanaman.

ZPT sendiri terdiri dari beberapa macam. Ada yang berasal dari bahan alami ataupun sintetis. ZPT yang berasal dari tanaman itu sendiri (endogen) contohnya yaitu sitokinin, auksin, etilena, giberelin, dan asam absisat.

Sementara dari zpt yang berasal dari luar (exogen) biasanya kebanyakan berbahan sintetis. Contohnya yaitu inhibitor, kholsikin, IAA, dan lain – lain.

Sedangkan berdasarkan sifatnya, contoh zpt diatas terbagi lagi ke dalam 3 jenis, yaitu : Pendukung dan penghambat pertumbuhan (Etilen), pendukung pertumbuhan tanaman (Giberelin, sitokinin, auksin), dan penghambat pertumbuhan (Inhibitor, Asam absisat).

Konsep dari Zat Pengatur Tumbuh berasal dari senyawa organik di dalam tumbuhan dan banyak dikenal dengan istilah hormon. Hormon biasanya lebih mengatur dalam hal pembukaan stomata, translokasi, penyerapan unsur hara, dan proses pengenalan tanaman.

Umumnya, tumbuhan akan memproduksi  hormon sendiri setelah mengalami suatu rangsangan. Rangsangan tersebut misalnya saja adalah lingkungan. Lingkungan merupakan salah satu faktor penting bagi tumbuhan untuk bisa memproduksi hormon tumbuh secara alami.

Konsentrasi hormon yang sudah dihasilkan dengan kadar tertentu itu nantinya akan membuat gen pada tumbuhan yang semula tidak aktif menjadi aktif dan menimbulkan perubahan fisiologis pada tumbuhan.

Dan akhirnya tumbuhan tersebut akan menunjukkan perubahan – perubahan terhadap rangsangan atas produksi hormon tersebut.

Selain zpt berfungsi untuk membantu pertumbuhan tumbuhan, zpt juga memiliki fungsi sebagai precursor, yaitu sebuah senyawa yang mampu mendahului laju dari senyawa lain dalam proses metabolisme.

Berkembangnya iptek yang makin canggih dan perlunya intensifikasi pertanian maka penggunaan zpt selain untuk meningkatkan pertumbuhan tumbuhan juga untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas dari hasil produksi tanaman.

  • Giberelin

Giberelin acid (GA) atau bisa juga disebut Giberelin adalah salah satu jenis zat pengatur tumbuh alami yang terdapat dalam tumbuhan. Peran utama hormon Giberelin sangat diperlukan dalam proses generatif tanaman dan perkecambahan biji.

Manfaat Giberelin diantaranya yaitu :

  1. Merangsang pertumbuhan panjang sel sehingga buah dan batang tanaman akan menjadi besar
  2. Merangsang proses pembungaan tanaman (mempercepat proses generatif)
  3. Mencegah kerontokan bunga dan buah
  4. Mampu menghasilkan buah tanpa proses pembuahan
  5. Merangsang proses pembungaan secara serempak
  6. Memacu proses pemanjangan batang tumbuhan

Hormon giberelin ini sering dijumpai pada tanaman bawang merah dan rebung.

Baca Juga : Jual Benih Semangka Putri Delima

  • Sitokinin

Sitokinin pertama kali ditemukan oleh fisiolog tumbuhan berkebangsaan Amerika Serikat bernama F. Skoog dan juga rekannya yang bernama Miller. Di tahun 1950 mereka melakukan percobaan dengan mencampurkan DNA Sperma yang berasal dari ikan hering dengan kultur jaringan tanaman tembakau.

Dari campuran tersebut dihasilkan sel kultur jaringan yang mampu membelah diri. 2 orang tersebut lalu mencoba mengisolasi zat yang mampu menyebabkan pembelahan sel tadi.

Setelah berhasil mengisolasi zat tersebut, mereka menamkannya dengan kinetin.  Dan dari kelompok kinetin inilah sitokinin berasal yang mampu untuk merangsang proses pembelahan sel atau sering disebut sitokinesis.

Hormon sitokinin merupakan sebuah hormon pembantu pertumbuhan tanaman dan masih merupakan turunan dari hormon Adenin yang berfungsi merangsang pembelahan sel tanaman.

Manfaat Sitokinin diantaranya yaitu :

  1. Merangsang proses morfogenesis (inisiasi / pembentukan tunas pada tanaman)
  2. Menunda proses pengguguran buah, bunga dan daun
  3. Proses penuaan hasil panen dapat dihambat sehingga hasil panen akan lebih awet dan tahan lama
  4. Merangsang proses perkecambahan biji tanaman
  5. Merangsang proses pembentukan akar cabang
  6. Merangsang pertumbuhan pada kuncup lateral (cabang samping) tanaman
  7. Merangsang proses pertumbuhan pada tunas tanaman

Hormon sitokinin ini bisa dijumpai pada air kelapa, bonggol pisang dan jagung muda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *