Palawija Tanaman Penghasil Untung Petani

palawija, tanaman, penghasil, untung, petani

Palawija Tanaman Penghasil Untung Petani. 08125222117 WA / SMS LMGA AGRO. LMGA AGRO jual kebutuhan petani murah dan lengkap. Kami menyediakan benih tanaman, pestisida, pupuk, zpt, dll dengan harga murah.

LMGA AGRO bekerja sama dengan berbagai perusahaan jasa logistik nasional terpercaya di Indonesia. LMGA AGRO bekerja sama dengan JNE, JNT, KI8, Wahana, Pos Indonesia, Indah Logistik, dll. Kami memberikan jaminan bahwa semua pesana yang Kami kirimkan akan sampai ke alamat tujuan.

Palawija. Banyak orang yang mungkin sudah sering mendengar kata ini. Lalu apa sebenarnya arti dari kata palawija ini ??

Palawija

tanaman, palawija, bercocok tanam, petani

Palawija adalah sebuah istilah tentang pertanian yang sangat populer di Indonesia. Secara harfiah, palawija berarti tanaman kedua. Istilah palawija ini berasal dari kata phalawidja dalam Bahasa Sansekerta.

Istilah palawija ini sering digunakan oleh petani di Pulau Jawa untuk menyebut tanaman pertanian selain padi. Palawija sering ditanam oleh petani setelah panen tanaman padi.

Tanaman Palawija

Beberapa tanaman palawija yang sering dimanfaatkan oleh petani yaitu :

  • Jagung

Jagung adalah salah satu tanaman penghasil karbohiart tinggi yang banyak dibudidayakan petani di Indonesia. Tanaman jagung merupakan komponen penting bagi penduduk Amerika Selatan dan Amerika Tengah.

Hal ini karena bagi mereka jagung dimanfaatkan sebagai bahan makanan pokok sehari – hari. Di masa sekarang jagung sudah menjadi komoditi penting sebagai pakan ternak.

Pemanfaatan lainnya bisa dengan contoh seperti sebagai bahan tepung maizena dan minyak pangan. Jagung juga menghasilkan berbagai produk dalam bidang industri farmasi, kecantikan, dan kimia.

Beberapa jenis jagung yang diketahui diantaranya yaitu :

  1. Jagung Hibrida

Jagung ini berasal dari pemuliaan dan persilangan antara jagung jantan dan jagung betina sehingga jagung hibrida ini memiliki keunggulan – keunggulan dari kedua induknya.

Keunggulan dari jagung hibrida adalah tingkat kapasitas produksinya cukup tinggi, yakni sekitar 8 – 12 ton per hektar. Sedangkan untuk kekeurangannya yaitu harganya yang cukup mahal sekitar 20 – 40 kali dari harga jagung konsumsi.

  1. Jagung Transgenik

Jagung transgenik adalah jagung yang proses pembuatannya berasal dari gen makhluk hidup agar menghasilkan varietas jagung unggulan yang tahan penyakit, tahan bahan kimia serta tahan hama. Sehingga jagung transgenik yang dihasilkan nantinya bisa menjadi tanaman super.

Keunggulan dari jagung transgenik yaitu tingkat kapasitas produksinya cukup tinggi yaitu sekitar 8 – 10 ton per hektar, tahan hama, penyakit serta bahan – bahan kimia.

Sedangkan untuk kekurangannya yaitu bibit jagung transgenik harus dibeli di toko pertanian dan tidak bisa diproduksi sendiri oleh petani karena dikhawatirkan akan menimbulkan banyak dampak negatif seperti kerusakan pada tanah, menimbulkan penyakit baru, serta membuat hama penyakit baru lebih kebal terhadap bahan kimia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *