CABE BAJA MC F1 BARU BENIH PANAH MERAH

Cabe Baja MC F1, Cabe Baja MC, Baja MC F1, Cabe Baja MC Panah Merah, Cabe Baja MC F1 Murah, Jual cabe Baja MC F1, Cabe Baja MC East West, LMGA AGRO, Toko Pertanian
Beri Penilaian

Agar budidaya lebih intensif, tutup bedengan dengan mulsa plastik hitam perak. Pemakaian mulsa plastik tentu membutuhkan biaya besar namun manfaatnya besar untuk perkembangan tanaman. Mulsa bermanfaat mempertahankan kelembaban, menekan erosi, mengendalikan gulma dan kebun selalu bersih.

Pada permukaan mulsa plastik dibuatlah lubang tanam menggunakan sistim double row ( 2 baris ) dan dibuat zig-zag tidak sejajar. Lubang tanam berjarak 60 – 70 cm. Lubang tanam jangan terlalu rapat agar sirkulasi angin lancar dan penetrasi sinar matahri bisa merata. Diameter dan kedalaman lubang sekitar 10 cm atau disesuaikan ukuran polybag semai.

Penanaman Bibit Cabe Baja MC F1

Penanaman bibit dilakukan satu hari setelah pemasangan mulsa dan pembuatan lubang tanam. Lubang tanam dibuat menggunakan alat pelubang mulsa. Alat pelubang mulsa tersedia di Toko Pertanian Online LMGA Agro. Tersedia 2 macam diameter, diameter kecil untuk lubang pupuk dan diameter besar untuk bibit.

Bibit baru bisa ditanam atau dipindahkan ke lahan bila sudah cukup umur. Diharapkan bibit sudah kuat dan tidak stress menghadapi perubahan lingkungan. Setelah bibit berumur 3 – 4 mingguan dan muncul 3 – 4 helai daun, baru bibit siap ditanam dilahan tetap.

Pemindahan bibit usahakan dilakukan di pagi dan sore hari saat matahari tidak bersinar terik. Hal ini untuk menghindari bibit mengalami stress akibat panas matahari. Penanaman bibit ini harus selesai dalam satu hari dan serentak dalam satu hari.

Cara menanam bibit harus menyobek plastik polybag dulu. Bibit dikeluarkan dengan hati-hati. Perakaran tidak boleh hancur atau rusak agar tanaman cepat beradaptasi begitu ditanam di tempat baru.

Masukkan bibit ke lubang tanam yang sudah disiapkan. Beri tanah secukupnya dan tekan-tekan tanah disekitar pangkal batang perlahan. Siram semua bibit yang baru dipindah untuk menjaga kelembaban.

Baca Juga : Toko Online Panah Merah Dan Cara Belanja Cepat

Pemeliharaan dan Perawatan Cabe Baja MC F1

Cabe Baja MC F1,Cabe Baja MC, Jual Cabe Baja MC F1, Cabe Baja MC F1 Murah, Cara Menanam Cabe Baja MC F1, Jual Cabe Baja MC F1, LMGA AGRO, Toko Pertanian, Harga Murah,Harga Diskon
 

Penyiraman intensif dilakukan di musim kemarau, saat cuaca kering. Alat siram menggunakan gembor atau dengan cara penggenangan. Hati-hati bila penyiraman saat umur masih muda. Penggenangan dilakukan 2 minggu sekali.

Lakukan pengamatan rutin terutama 1 – 2 minggu pertama sambil melakukan penyulaman. Apabila ada tanaman mati atau tumbuh abnormal, segera cabut lalu ganti dengan bibit baru.

Cara menanam cabe Baja MC F1 perlu pemasangang ajir dari bambu. Gunanya untuk menopang agar tidak roboh. Tanaman bisa berdiri tegak.

Ajir ditancapkan dengan jarak minimal 4 cm dari pangkal batang. Pemasangan ajir dilakukan hari ke-7 sejak bibit dipindahkan. Bila ajir ditancapkan saat tanaman besar dikhawatirkan saat ajir ditancapkan mengenai perakaran tanaman. Bila akar terluka akan mudah terserang penyakit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *