Hama Budidaya Tanaman Membuat Petani Rugi

hama,budidaya,hama tanaman,budidaya tanaman

Hama Budidaya Tanaman Membuat Petani Rugi. 082141747141 ( Khusus telepon ) 08125222117 ( Khusus SMS / WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro merupakan usaha yang bergerak di bidang pertanian. Kami menyediakan berbagai benih buah dan sayuran varietas unggul, pupuk, pestisida, ZPT, dan alat pertanian.

Toko Pertanian Online LMGA Agro mendukung usaha pertanian wilayah desa maupun kota. Kami telah berpengalaman sebagai toko pertanian, supplier usaha dropship, reseller, dan online shop. Kami jual produk pertanian dengan harga murah dan promo.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menerima konsultasi mengenai pertanian dan cara bisnis online pertanian untuk usaha rumahan. Juga menerima konsultasi mengenai kendala yang terjadi pada lahan pertanian. Serta masalah pada tanaman yang sedang kita budidaya.

Kami menyediakan benih unggul produksi pabrik – pabrik benih terkemuka dan terpercaya. Benih unggul produksi dari BISI, EWINDO, Known You Seed, Takii Seed dan lain – lain. Juga tersedia pupuk, pestisida, dan alat pertanian kualitas unggul.

Budidaya tanaman merupakan pelaung usaha yang sangat menjanjikan bagi petani Indonesia, karena memiliki berbagai macam keuntungan.

Keuntungan yang diperoleh antara lain jenis tanaman yang beragam dan cuaca serta suhu yang sangat mendukung untuk melakukan penanaman benih. Namun juga terdapat faktor yang mengancam keberlangsungan usaha budidaya tanaman, yaitu serangan hama tanaman yang dapat merugikan petani.

Serangan hama tanaman dapat berlangsung pada saat tanaman baru mulai tumbuh hingga tanaman sudah mulai berbuah. Organisme pengganggu tanaman akan menyerang bagian tumbuhan seperti akar, batang, daun, hingga buah. Efek yang bisa terjadi jika serangan hama kita biarkan adalah hasil panen tidak maksimal hingga dapat menyebabkan gagal panen.

Hama, Organisme Pengganggu Tanaman

Hama adalah organisme yang merugikan dan tak diinginkan petani dalam melakukan usaha budidaya tanaman. Organisme ini muncul pada budidaya tanaman dan mengakibatkan berbagai macam kerusakaan pada bagian tanaman. Dalam usaha budidaya tanaman banyak sekali jenis hama yang dapat merugikan petani.

Hama selain dapat merusak struktur tanaman yang telah kita budidaya, juga dapat menghasilkan penyakit baru yang berdampak pada tanaman. Penyakit – penyakit yang telah dihasilkan oleh hama akan membuat tanaman tidak maksimal dalam pertumbuhannya. Jika pertumbuhan tanaman tidak maksimal maka akan membuat hasil panen sedikit dan kemungkinan rugi akan semakin besar.

Organisme ini menyerang tanaman karena butuh nutrisi atau pun sebagai tempat untuk menyimpan telurnya. Nutrisi pada akar, daun, batang, dan buah tanaman akan membuat hama tertarik untuk memakannya. Sehingga banyak kejadian hama tidak menyerang satu atau dua tanaman saja melainkan hampir seluruh budidaya terserang oleh organisme ini.

Segala cara telah petani lakukan supaya tanaman yang telah kita tanam terhindar dari serangan hama tanaman. Mulai dari menginspeksi tanaman satu persatu, menangkap hama menggunakan jaring, hingga melepaskan predator alami. Bila cara – cara tersebut dirasa belum ampuh, maka petani akan menggunakan pestisida sebagai solusi dari serangan tersebut.

Pestisida bisa jadi cara terakhir yang bisa kita lakukan untuk menghadapi serangan hama pada budidaya tanaman. Pestisida memiliki bahan aktif yang akan membuat organisme pengganggu tanaman akan mati. Bahan aktif ini dapat kita temukan dalam bahan organik dan dalam produk pestisida.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan sarana pertanian unggul untuk membasmi dan menanggulangi hama tanaman. Menyediakan segala jenis pestisida mulai dari akarisida hingga rodentisida dengan harga terjangkau. Toko Pertanian LMGA Agro juga melayani konsultasi untuk menanggulangi serangan hama secara gratis.

Baca Juga : Pestisida, Salah Satu Solusi Hama Budidaya Tanaman

Penyebab Hama Muncul pada Budidaya Tanaman

Hama tanaman tidak akan muncul kalau tidak ada sebab atau faktor yang mendasarinya. Selama ini yang diketahui oleh orang awam, bahwa organisme ini muncul karena penanaman benih suatu tanaman pada lahan pertanian. Sehingga organisme pengganggu ini terpancing untuk datang dan mencari nutrisi pada tanaman untuk kebutuhannya.

Selain faktor tersebut, juga terdapat beberapa faktor yang menyebabkan hama tanaman akan mengganggu usaha budidaya tanaman. Faktor – faktor tersebut bisa muncul dari alam dan dari unsur pengelolaan tanaman. Berikut ini akan kami jelaskan mengenai beberapa faktor yang mendasari munculnya hama pada budidaya tanaman.

Ekosistem yang Beragam

Budidaya tanaman yang kita lakukan pada lahan pertanian mempunyai 2 macam jenis bila dilihat dari jenis tanaman yang ditanam. Bila benih yang kita tanam hanya memiliki satu jenis sama, maka budidaya tanaman tersebut kita kenal dengan nama monokultur. Apabila menanam dengan 2 atau lebih benih tanaman untuk kita tanam, maka usaha tersebut kita kenal dengan nama sistem polikultur.

Sistem – sistem tersebut akan mempengaruhi ekosistem yang terjadi pada lahan yang akan menjadi tempat untuk budidaya tanaman. Baik sistem monokultur maupun polikultur, akan menciptakan suatu ekosistem baru yang akan terbentuk. Ekosistem ini akan terdiri dari berbagai macam organisme mulai dari tanaman itu sendiri hingga hama tanaman yang akan mengganggu.

Organisme pengganggu tanaman akan muncul ketika species yang berada pada lahan pertanian beragam dan bermacam – macam seperti sistem polikultur. Organisme pengganggu ini akan meningkat populasinya bila ekosistem dalamnya memiliki jenis yang beragam. Selain itu jumlah tanaman yang hama sebagai inang juga meningkat.

Selain faktor jumlah tanaman, hama terkadang menyukai jenis tanaman tertentu yang dapat dijadikan sebagai inang. Organisme pengganggu tanaman ini juga memiliki kecepatan dalam memilih tanaman sebagai inangnya. Populasinya juga dipengaruhi ada tidaknya musuh alami atau predator pada lahan pertanian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *