MERAWAT POHON CABE AGAR BERBUAH LEBAT DAN SUBUR

pohon cabe, menanam Cabe Red Lava F1,LMGA AGRO
CABE RED LAVA F1

Merawat Pohon Cabe Agar Berbuah Lebat dan Subur. HP. 082141747141 ( telepon ) 08125222117 ( SMS/WA ). Toko Online Pertanian LMGA Agro jual harga murah benih bibit cabe juga benih sayuran dan buah unggul lainnya. Jual murah berbagai jenis pupuk, pestisida, ZPT dan alat-alat pertanian.

Toko Online Pertanian LMGA Agro melayani gratis konsultasi pertanian segala seluk beluk bercocok tanam. Pohon cabe banyak sekali jenisnya dan merawatnya tidaklah begitu sulit dan semua orang mampu melakukannya.

Menanam pohon cabe dapat dilakukan baik di luasan yang lebar seperti kebun dan lahan sawah juga dapat menanam pohon cabe di rumah. Menanam pohon cabe di pekarangan rumah biasanya ditanam dalam polibag atau pot tanaman.

Karena cabe adalah kebutuhan sehari-hari masyarakat maka keberadaan cabe selalu ada di pasar. Meskipun harga cabe sangat fluktuatif karena tiba-tiba saja harga cabe bisa naik meroket atau turun dengan tajam atau bisa juga menjadi langka di pasaran.

AGAR POHON CABE TUMBUH SUBUR

pohon cabe, pupuk untuk cabe, jual benih cabai, lmga agro
PUPUK UNTUK POHON CABE

Pohon cabe yang subur dan berbuah yang lebat dambaan setiap petani dan siapapun yang sedang menanam pohon cabe. Untuk menyuburkan pohon cabe, tetap kita memerlukan pupuk penyubur pohon cabe.

Sifat pupuk adalah untuk menambah unsur hara dalam tanah yang dibutuhkan oleh pohon cabe agar pertumbuhan vegetatif subur hingga panen dan berbuah. Pupuk untuk pohon cabe dapat berasal dari mana saja yang pasti tujuannya sama yaitu untuk menyuburkan tanaman pohon cabe.

Sudah banyak yang membuktikan bahwa micin ternyata dapat membantu menyuburkan tanaman pohon cabe. Sehingga oleh beberapa petani, micin dimasukkan untuk pupuk penyubur pohon cabe. Micin biasanya banyak digunakan bagi yang menanam pohon cabe di rumah karena mudah dalam prakteknya dan praktis.

Pohon cabe sama seperti tanaman pada umumnya bahwa akan tumbuh subur jika tersedia semua unsur hara yang dia butuhkan. Terdapat 2 jenis unsur yang dibutuhkan tanaman. Yaitu unsur makro, karena dibutuhkan dalam jumlah banyak ( N, P, K, Mg dan S ) dan unsur mikro, dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit ( Ca, B, Fe, Zn, Cl, Cu dan lain-lain ).

Unsur makro, Kalium, berperan sangat penting untuk menunjang pertumbuhan pohon cabe. Manfaat Kalium bagi tanaman adalah meningkatkan ketahanan dari penyakit, penting untuk proses fotosintesis dan metabolisme. Unsur Kalium juga berpengaruh pada membuka dan menutupnya stomata. 

Kembali ke micin, micin mengandung Natrium Benzoat. Dari hasil penelitian, Unsur Natrium memiliki fungsi mirip dengan Kalium. Micin juga mengandung Nitrogen yang berperan dalam pertumbuhan vegetatif pohon cabe. Juga untuk pembentukan protein, menaikkan produksi tanaman dan menaikkan kadar selulosa.

Kandungan Natrium pada micin ( MSG ) dapat mempercepat pertumbuhan, pembungaan, mempengaruhi kesuburan dan menyebabakan tanaman tidak mudah mati. Namun begitu pohon cabe sudah muncul buah, pemberian micin dihentikan karena sifatnya hanya merangsang pembungaan.

MICIN DAPAT MENYUBURKAN POHON CABE

Micin merupakan Mono Sodium Glutamat ternyata dapat dijadikan pupuk penyubur pohon cabe karena kandungan unsur didalamnya. Cara menggunakan micin yaitu dengan melarutkannya dalam air lalu disiramkan pada tanaman.

Larutkan sebanyak 1 – 2 sendok teh micin ke dalam 1 gelas air atau 5 – 6 gram micin per 1 liter air. Dosis penyiraman ke pohon cabe sebanyak 50 – 100 cc per tanaman atau tergantung dari kondisi tanaman. Penyiraman menggunakan larutan micin ini dapat dilakukan 1 minggu sekali.

Larutan micin diberikan dengan cara disemprotkan pada daun pohon cabe. Kemungkinan besar, daun akan menjadi hijau dan lebar. Jika sudah tampak hijau dan segar daun pohon cabenya, maka pemberian larutan micin dapat dihentikan. Untuk selanjutnya diberikan pupuk kompos.

Perlu diingat bahwa pemberian micin masih belum memenuhi semua unsur hara yang dibutuhkan oleh pohon cabe. Di dalam micin belum ada unsur P, Ca, Mg dan S sehingga bila tanaman sudah tampak subur, micin atau pupuk lain tidak diperlukan lagi.

PUPUK ORGANIK SEBAGAI PENYUBUR POHON CABE

pohon cabe, menanam cabe, jual benih, lmga agro, cabe phoenix 55 F1
CABE PHOENIX 55 F1

Pupuk organik penting untuk meningkatkan kesuburan pohon cabe dan tidak meninggalkan residu yang membahayakan mahluk hidup dan tanah. Karena pupuk organik berasal dari sisa-sisa makhluk hidup yaitu manusia, hewan dan tumbuhan.

Berdasarkan bentuknya, pupuk organik ada 2 macam yaitu padat dan cair. Jenisnya ada yang pupuk hijau, kompos, pupuk kandang dan lain-lain. Manfaat pupuk organik sangat banyak, antara lain :

  • Pupuk organik berfungsi untuk menggemburkan tanah. Tanah yang lengket menjadi remah dan dapat merekatkan tanah pasir.
  • Pupuk organik mengandung nutrisi yang penting bagi tumbuhan karena mengandung unsur makro sekaligus mikro.
  • Pupuk organik bersifat higroskopis yang dapat menyerap air dan menyimpan air yang baik. Tanaman dapat memanfaatkan kondisi yang baik itu dan tidak sampai kekeringan. Saat membutuhkan air, tanaman dapat mengambilnya dan saat belum membutuhkan, air tanah tidak hilang.
  • Pupuk organik dapat meningkatkan kemampuan interaksi dari ion-ion dalam tanah yang disebut dengan istilah Kapasitas Tukar Kation ( KTK ). Tanah dengan KTK tinggi berarti tanah mampu menyediakan unsur hara bagi tanah.
  • Pemberian pupuk organik dalam tanah dapat meningkatkan aktivitas biologi tanah. Dalam pupuk organik terdapat mikroorganisme dekomposer yang aktivitasnya menyebabkan suhu tanah yang ideal bagi pohon cabe selain itu menyebabkan tersedianya unsur hara bagi pohon cabe.

BACA JUGA : PUPUK KANDANG, JENIS DAN MANFAATNYA BAGI TANAMAN

MENANAM POHON CABE SAYURAN FAVORIT RAKYAT

Cabe atau disebut juga cabai ( Capsicum annum ) adalah tanaman dari anggota genus Capsicum yang sering dimanfaatkan sebagai bahan sayuran dan bumbu dapur. Rasa cabai sangat pedas namun sangat populer di asia Tenggara sebagai penambah kelezatan pada makanan. Hingga ada suatu daerah dimana setiap masakannya selalu ada cabe sebagai penguat rasa.

Dengan rasanya yang pedas, cabai mengandung antioksidan yang berguna untuk kesehatan kita sebagai penangkal serangan radikal bebas di udara. Di dalam cabe mengandung Lasparaginase dan Capsaicin sebagai anti-kanker. Vitamin C dalam cabe cukup tinggi yang baik bagi kesehatan tubuh kita.

Tidak heran bila permintaan cabe selalu tinggi sehingga budidaya pohon cabe banyak dilakukan petani terutama menanam pohon cabe di kebun. Sudah sering terjadi, harga cabe yang naik turun dengan tiba bahkan menjadi langka di pasaran.

Banyak terutama ibu-ibu rumah tangga yang mengeluhkan saat harga cabe yang tinggi dan langka di pasaran atau bila pun ada kondisinya jelek. Dari pengalaman yang demikian, masyarakat mulai mencoba menanam sendiri pohon cabe di rumah biasanya di dalam pot atau polibag.

Rahasia sukses petani cabe untuk mendapatkan hasil buah yang lebat dan subur, beberapa trik ini dapat menjadi acuan :

  1. Anda perlu memperhatikan lingkungan sekitar adakah petani lain disekitar kebun Anda yang sedang menanam pohon cabe. Jika ada petani lain yang mulai menanam cabe, Anda perlu memundurkan kira-kira 2 minggu jadwal menanam pohon cabe Anda dulu. Hal ini berhubungan dengan menghindari stok panen cabe yang berlebihan bila panen bersamaan.
  2. Memperhatikan penyebaran penyakit yang terjadi seperti Antraknosa atau Gemini virus dan apakah bisa dikendalikan. Penyakit tersebut juga biasa meneyrang gambas, timun, terong dan tomat.
  3. Memperhatikan aliran air pada parit harus lancar dan air tidak menggenang yang menyebabkan pohon cabe mudah terserang hama dan penyakit.
  4. Pilihlah benih cabe untuk bibit yang baik dan disesuaikan dengan lokasi penanaman pohon cabe nantinya. Mengenai hal ini dapat berkonsultasi pada Toko Online Pertanian LMGA Agro mengenai benih hibrida bibit pohon cabe yang tepat.

MENGENAL JENIS BENIH BIBIT POHON CABE HIBRIDA

pohon cabe, menanam cabe, jual benih, lmga agro
BENIH CABE HIBRIDA

Ada 4 jenis cabe yang banyak dibudidayakan di Indonesia, yaitu :

 1. Cabe Merah Besar : panjang 10 – 15 cm dan diameter 2 – 3 cm. Berkulit tebal dan tidak terlalu pedas. Bila matang berwarna merah terang mengkilat. Bentuknya panjang, besar dan lancip. Kulitnya yang mulus mengkilat seperti ada lilin di kulitnya. Benih cabe besar hibrida : F1 OR Beautiful 497, F1 Arimbi 85, F1 Columbus, F1 Napoli, F1 Baja, F1 Panex 100, F1 Imperial. F1 Imola, F1 TM Scarlet, F1 Gada, F1 Namphrae, F1 Profit, F1 Fanatic, F1 Elegance, F1 Gada MK, F1 Hot Beauty, F1 Restu, F1 Horison, F1 Arimbi, F1 Santa 32, F1 Pilar.

2.  Cabe Merah Keriting : bentuknya panjang, diameter lebih kecil dari cabe merah besar. Ujungnya lancip cenderung runcing. Kulit buah tidak mulus tapi bergelombang ( keriting ). Kulit buahnya tipis. Benih bibit hibrida dan unggul pohon cabe : F1 Red Lava, F1 Phoenix 55, F1 Jacko 99, F1 Hai-Lux, F1 Jinawi, F1 Lentur, F1 Laju, F1 Krida, F1 Laba, F1 Red Kriss, F1 Flash 750. F1 Rimbun 3, F1 Lado, F1 Kiyo, F1 Yosi, F1 Kastilo, F1 TM 999, F1 PM 999, F1 Princess, F1 King Chili, F1 Moncer, F1 TM 007, F1 Jenggo, F1 New Rodeo, F1 Inko 99, F1 Djitu, F1 RD Skin, F1 Red Sabel. F1 Kribo, F1 Very Well, F1 Kitaro, F1 BCA 99, F1 Tropical Wonder, cabe unggul Laris, F1 Papirus.
3. Cabe Besar Hijau merupakan cabe merah besar yang dipanen saat warna buah masih hijau. Panen saat cabe muda dan belum matang maksimal. Cabe hijau banyak disukai masyarakat karena kandungan antioksidannya yang tertinggi. Cocok untuk sambal ijo.
4. Cabe Rawit : kecil dan mini, panjang 2 – 4 cm. Cabe rawit meski mini tapi pedasnya yang paling pedas dibandingkan jenis cabe lain. Warnanya beragam, mulai dari hijau, merah, kuning dan oranye. Benih cabe rawit unggul dan hibrida : Domba ijo, F1 Saka Geni, F1 Mhanu, F1 Shypoon, F1 Rawita, F1 Pelita, F1 Maruti, F1 Sonar, F1 Dewata, F1 Raga 2, F1 Nirmala, F1 Centil Taiwan. F1 Vinoty, F1 Bara, F1 Cakra Putih, Unggul Mahameru, Unggul Taruna, unggul Sret, Unggul Madun, Unggul TM Rawit, Unggul Brenggala, Unggul Natural, Mhanu, Super Sae.
 

MENANAM POHON CABE DIRUMAH

Menanam pohon cabe di rumah biasanya tidak membutuhkan banyak benih. Benih bibit cabe bisa Anda buat sendiri dengan menjemur biji cabe. Namun bila Anda tidak ingin repot, dapat menggunakan benih cabe hibrida yang dijual di toko pertanian. Toko Online Pertanian LMGA Agro juga melayani pembelian benih hibrida dalam jumlah banyak maupun satuan.

Langkah selanjutnya menyiapkan bibit menanam pohon cabe. Gunakan polibag ukuran kecil untuk media semai. Masukkan tanah dan pupuk organik dengan perbandingan 3 : 1 sampai setinggi polibag. Masukkan benih dan siram setiap hari. Polibag semai diletakkan pada tempat yang terlindungi dari hujan dan panas matahari langsung.

Bibit cabe yang disiapkan dalam polibag ditunggu sampai berumur 4 minggu. Sebelumnya siapkan polibag untuk membesarkan bibit cabe hingga menjadi pohon cabe besar dan menghasilkan buah. Polibag yang digunakan berdiameter minimal 30 cm atau bisa juga menggunakan ember bekas yang sudah dibersihkan. Media polibag untuk menanam bibit adalah tanah : pupuk kandang : sekam mentah ( 3 : 2 : 1 ).

Untuk merawat pohon cabe yang ditanam dirumah, Anda harus rajin memberi pupuk. Agar tanaman bersifat organik dan kesuburan tanah tetap baik bahkan semakin baik, gunakan pupuk kompos. Dicampurkan pada tanah lalu tanah dibalik-balik perlahan.

Perawatan pohon cabe yang ditanam di rumah tidaklah rumit. Asal rajin selalu disiram dan tanaman dikontrol setiap hari maka pohon cabe akan sehat, subur dan cepat berbunga. Bila ada gulma di sekitar tanaman yang mengganggu maka sebaiknya dicabut.

BACA JUGA : TANAM CABAI RAWIT TANJUNG DIJAMIN UNTUNG

MENANAM POHON CABE DI KEBUN

pohon cabe, menanam cabe, jual benih, lmga agro
ALAT KOCOR MERAWAT POHON CABE

Menanam pohon cabe di kebun juga diawali dengan menyemai benih cabe. Persemaian dapat dilakukan di polibag maupun di media bedengan karena jumlah tanaman yang ditanam skala luas. Persemaian juga bisa menggunakan tray semai. Untuk lebih hemat biayanya, petani biasanya menyemai bibit cabe di media bedengan.

Teknik penyemaian di bedengan adalah dengan membuat bedengan di tanah yang sudah digemburkan, beri pupuk kandang dan TSP ( atau pupuk kandang saja bila secara organik ). Pemberian pupuk pada persemaian untuk mempercepat pertumbuhan bibit.

Setelah bedengan siap, benih ditaburkan secara merata di seluruh bedengan lalu tutup dengan rumput atau alang-alang dan daun yang kering. Sebaiknya Anda menggunakan kayu sebagai jarak antara tanah dan bibitnya dan rumput diletakkan diatas kayu.

Kondisi tanah harus selalu lembab, tidak kering sehingga harus rajin selalu menyiram. Air yang disiramkan diatas daun/rumput agar benih yang belum tumbuh tidak hanyut oleh air. Setelah benih berkecambah, rumput atau daun-daun tadi bisa dihilangkan.

Menanam pohon cabe di kebun menggunakan lahan yang digemburkan. Pengolahan lahan dilakukan sambil menunggu bibit kuat dan keluar daun minimal 4 helai. Beri pupuk kandang di permukaan tanah yang diolah, bila pH tanah asam beri juga kapur Dolomit sampai pH netral. Lalu tanah dibuat bedengan-bedengan dengan lebar 1 – 1,5 meter, tinggi 30 cm dan jarak antar bedengan 40 cm.

Biarkan lahan selama 2 minggu, setelahnya bila menggunakan mulsa plastik pasanglah saat siang hari terik matahari agar lebih mudah mulsa dipasang. Setelah mulsa dipasang, buatlah lubang tanam menggunakan alat pelubang tanam dengan jarak tanam 40 – 60 cm, 1 baris tiap bedengan.

Bibit dipindahkan ke lahan tetap setelah berumur 4 minggu dan daunnya berjumlah 4 helai. Perawatan berikutnya adalah penyiraman, penyulaman, penyiangan, pemasangan ajir pemupukan dan pemangkasan.

BACA JUGA : JENIS, KEGUNAAN DAN MANFAAT MULSA PLASTIK PERTANIAN

CARA MERAWAT POHON CABE DI KEBUN

Setelah bibit ditanam, kegiatan selanjutnya adalah merawat pohon cabe agar menghasilkan buah yang lebat dan tanaman menjadi subur. Pohon cabe rutin disiram setiap 5 hari sekali disesuaikan dengan kondisi tanaman dan cuaca. Bila cuaca sangat, penyiraman dapat dipendekkan intervalnya.

Amati bibit tanaman yang baru dipindahkan sampai 1 minggu pertama, bila ada tanaman yang rusak maka harus segera diganti dengan bibit tanaman yang baru dan segar/sehat. Rutin juga untuk melakukan penyiangan, yaitu membersihkan areal kebun dari gulma. Adanya gulma dapat merugikan pertumbuhan pohon cabe, terjadinya persaingan nutrisi dan gulma yang menjadi tanaman inang.

Pemasangan ajir/lanjaran penting untuk menopang berdirinya pohon cabe agar bisa tegak. Pemasangan ajir dilakukan 1 minggu setelah penanaman bibit tanaman. Ajir ditancapkan dengan jarak 5 cm dari pangkal batang.

Setelah tanaman pohon cabe sudah tinggi sekitar berumur 1 bulan, batangnya diikatkan pada ajir menggunakan tali salaran yang dapat Anda beli di Toko Online Pertanian LMGA Agro.

Pemberian pupuk susulan pada pohon cabe menggunakan Pupuk Organik Cair ( POC ) sebanyak 1 kali seminggu dengan cara dikocor. Pemberian pupuk juga bisa dilakukan 2 minggu sekali atau minimal 8 kali pemupukan hingga panen berakhir.

Pemberian pupuk dengan sistem kocor pada setiap lubang tanam dan dikocorkan sebanyak 100 ml. Bisa juga ditambahkan pupuk NPK didalam larutan POC tadi.

Pemangkasan dilakukan terhadap batang yang sudah tidak produktif lagi. Gunanya untuk merangsang tumbuhnya batang yang baru. Pemangkasan juga dilakukan pada tunas di ketiak daun yang dilakukan pada umur 1 bulan setelah penanaman. Gunanya untuk merangsang pembungaan.

Pemangkasan dilakukan sampai terbentuk cabang utama yang ditandai dengan munculnya bunga pertama atau kedua. Cara pemangkasan menggunakan gunting pangkas yang bersih dan tajam.

BACA JUGA : CABE KITARO UNGGUL DI DAERAH PANAS DAN TAHAN VIRUS

MENANAM POHON CABE BIBIT HIBRIDA

pohon cabe, CARA TANAM CABE, HIDROPONIK, POT, CARA MENANAM CABE, JUAL BIBIT CABE, JUAL BENIH CABE, HARGA MURAH, LMGA AGRO
BENIH CABE RAWIT F1

Budidaya pohon cabe Panex F1 cocok dilakukan di dataran tinggi, benih Panex F1 ini juga toleran suhu panas dan penyakit layu bakteri dan serangan Phytophtora. Tanaman berpotensi menghasilkan 1 – 1,5 kg/tanaman atau 16 – 25 ton/ha.

Budidaya pohon cabe Columbus produk BISI International dengan merk dagang Cap Kapal Terbang. Benih cabe Columbus memiliki adaptasi yang luas dar dataran rendah sampai tinggi. Tahan penyakit layu bakteri, jamur dan bakteri serta virus Gemini. 

Budidaya pohon cabe Rimbun 3 yaitu cabe keriting produk BISI International. Cabe keriting Rimbun 3 memiliki adaptasi yang luas namun paling ideal ditanam di dataran rendah. Perawatan menanam pohon cabe Rimbun 3 mudah sehingga cocok bagi pemula.

Menanam pohon cabe benih Horison dan Flash 750 adalah benih bibit tanaman yang tahan ditanam di musim hujan. Cabe saat masak bentuknya ramping dan sedikit bergelombang. Cabe yang masak apabila ditekan sedikit lunak dengan tekstur yang agak lemas.

Menanam pohon cabe benih bibit TM 999 dari TM Seeds merupakan benih yang merajai pasar benih cabe keriting. Memiliki adaptasi luas dari dataran rendah sampai tinggi. Tahan penyakit Antraknosa dan layu. Cabe keriting TM 999 tahan pengangkutan jarak jauh.

Budidaya pohon cabe benih bibit hibrida Raga 2 Cap Kapal Terbang dari BISI International. Adalah jenis cabe rawit yang berukuran besar dengan masa panen yang pendek yaitu 60 hari setelah tanam. Potensi hasil panennya 1 kg/tanaman.

BACA JUGA : PENANGGULANGAN PATEK ( ANTRAKNOSA ) PADA TANAMAN CABAI

LAYU FUSARIUM PENYAKIT PENTING POHON CABE

Gejala serangan Layu Fusarium menyebabkan daun cabe menguning mulai dari bagian bawah lalu menjalar ke atas hingga ranting yang muda. Warna jaringan dalam batang dan akar berwarna coklat.

Bagian tanaman yang terinfeksi tertutup hifa putih seperti kapas. Bila infeksi meluas, tanaman akan menjadi layu. Bila terjadi pada tanaman yang akan berbuah, tanaman masih bisa berbuah. Bila serangan sudah sampai batang maka buah yang kecil akan gugur.

Pengendalian :

  • Sanitasi dengan cara mencabut dan memusnahkan tanaman yang terserang.
  • Dianjurkan menggunakan agen antagonis Trichoderma spp. dan Gliocladium spp. yang diaplikasikan bersama pemupukan dasar.
  • Menggunakan anti jamur dan bakteri Arashi, efektif dan efisien mencegah penyakit layu akibat bakteri dan jamur.
  • Menyemprotkan fungisida dengan dosis sesuai anjuran. Dapat berkonsultasi dengan Toko Online Pertanian LMGA Agro.

BACA JUGA : STRATEGI JITU MENCEGAH RONTOK BUNGA DAN BUAH TANAMAN CABAI

LAYU BAKTERI PENYAKIT PENTING POHON CABE

pohon cabe, menanam cabe, jual benih, lmga agro
PENYAKIT PADA POHON CABE

Layu bakteri Ralstonia disebabkan oleh bakteri Ralstonia solanacearum. Serangan bakteri yang berat dapat menyebabkan kematian dan gagalnya panen hingga menimbulkan kerugian besar. Bakteri Ralstonia solanacearum bersifat merusak ( destruktif ).

Memiliki tanaman inang yang banyak seperti tanaman budidaya ( cabe, tomat, kentang, kacang tanah dan pepaya ), tanaman hias dan gulma tropis dan subtropis. Gejala layu pada tanaman muda tampak pada daun pucuk tanaman.

Serangan pada tanaman tua terjadi layu permanen seluruh daun tanaman. Warna daun tetap hijau namun sedikit kekuningan. Serangan bakteri menyebabakan buah busuk dan berwarna kekuningan.

Penyakit berkembang cepat saat musim hujan dan ditularkan melalui benih, tanah, alat pertanian, pengairan dan sisa tanaman sebelumnya. Serangan cepat meluas bila di dataran rendah.

Pengendalian :

  • Kultur teknis yaitu melakukan pergiliran tanaman, tumpang sari, menggunakan benih sehat, sanitasi kebun dengan mencabut dan memusnahkan tanaman yang sakit.
  • Memanfaatkan agen antagonis Trichoderma spp. dan Gliocladium spp. yang diaplikasikan bersama pupuk dasar.
  • Menggunakan anti jamur dan bakteri Arashi.
  • Menggunakan bakterisida sesuai anjuran.

HAMA THRIPS PADA POHON CABE

Hama Thrips mudah dilihat secara kasat mata, bentuknya kecil panjang seperti semut. Warnanya ada yang hitam, ada yang hijau. Gerakan hama ini cepat dengan cara meloncat. Gejala serangan : daun menjadi keriting dengan lekukan menggulung ke atas. Bunga cabe menjadi rontok dan pada permukaan daun tampak lapisan mengkilat seperti perak.

Pengendalian :

  • Menggunakan tanaman perangkap yaitu bunga tahi kotok/kenikir kuning.
  • Menggunakan mulsa plastik hitam perak.
  • Sanitasi dengan cara memotong bagian tanaman yang terserang thrips.
  • Menggunakan perangkap warna kuning ( yellow trap ) sebanyak 40 buah/ha atau 2 buah/500 m2 dan dipasang saat tanaman berumur 2 minggu. Perangkap menggunakan pot bambu yang dipasang plastik map warna kuning. Plastik diolesi lem agar thrips tertarik dan menempel. Saat plastik penuh thrips, plastik harus diganti.
  • Menggunakan musuh alaminya, yaitu predator jenis kumbang Coccinellidae, tungau, predator larva Chrysopidae, kepik Anthocoridae dan patogen Entomopthora sp.
  • Penyemprotan pestisida bila kerusakan tanaman akibat hama sudah melewati ambang batas dan cara-cara pengendalian yang lain tidak mengurangi serangan. Tentang hal ini Anda dapat berkonsultasi dengan kami dengan nomer yang tertera.

BACA JUGA : MENDULANG RUPIAH DENGAN TANAMAN CABAI PELITA

HAMA TUNGAU PADA POHON CABE

Tungau ( Mite ) adalah binatang yang berbentuk tepung berwarna hijau muda. Gejala serangannya sangat khas yaitu daun akan melengkung ke bawah. Daun yang diserang adalah daun ketiga sampai kebawah.

Bila gulungan daun dibuka tampak tungau yang sangat lembut seperti tepung. Pengendalian hama ini adalah :

  • Sanitasi dengan cara memotong bagian tanaman yang terserang lalu dimusnahkan.
  • Menggunakan musuh alaminya yaitu Ambhyseins cucumeris.
  • Penyemprotan menggunakan akarisida yang telah berijin dari Menteri Pertanian dan bila ditemuai ada gejala kerusakan dan populasi tungau.

CARA PANEN POHON CABE

Apabila menanam pohon cabe di rumah, bila tanaman sudah ada cabe yang matang, tinggal dipetik dan bisa digunakan langsung untuk memasak setiap hari. Waktu untuk menanam pohon cabe adalah selama 90 hari untuk merawat pohon cabe yang dimulai dengan menyemai benih, saatnya kita bisa menikmati hasilnya.

Untuk mendapatkan buah cabe yang matang maksimal dan berwarna merah, panen dilakukan 30 hari kedepan. Menanam pohon cabe di rumah sebanyak 2 pot cabe saja dapat memenuhi kebutuhan cabe setiap hari. Dan tidak perlu pusing lagi saat harga cabe di pasaran mahal, kita tinggal memetik pohon cabe di rumah kita.

Pohon cabe dapat dipetik hasilnya setelah berumur 2,5 – 3 bulan sejak bibit ditanam. Periode panen pohon cabe bisa selama 6 bulan bahkan lebih. Umur dari pohon cabe bisa mencapai hingga 24 bulan. Panen cabe ini dapat dilakukan hingga 15 – 18 kali tergantung dari perawatannya dan lokasi penanaman.

Pohon cabe akan menurun produktivitasnya seiring umurnya sehingga hasil panen semakin lama semakin sedikit dan biasanya ukuran cabe semakin menurun. Untuk budidaya pohon cabe secara intensif, petani memelihara hingga berumur 12 bulan saja.

Buah cabe juga banyak yang dijual dalam bentuk kering maupun bubuk sehingga lebih tahan lama dan mudah menyimpannya. Agar lebih lama dan awet segarnya, cabe disimpan dalam kantong plastik lalu dimasukkan lemari es. Dengan cara  demikian, cabai segar tahan hingga bermingu-minggu. Untuk cabai kering dapat disimpan pada suhu kamar dan berhawa sejuk.

Demikian artikel kami tentang Merawat Pohon Cabe Agar Berbuah Lebat dan Subur. Hubungi 082141747141 ( telepon ) 08125222117 ( SMS/WA ) untuk bertanya seputar pohon cabe. Toko Online Pertanian LMGA Agro jual murah benih berbagai jenis cabe, juga sayuran dan buah lainnya.

Toko Online pertanian LMGA Agro melayani gratis konsultasi pertanian seputar pohon cabe. Jual murah berbagai jenis pupuk cair maupun tabur, pestisida, ZPT juga menyediakan alat-alat pertanian seperti alat semprot, mulsa, alat pelubang mulsa dan lain-lain. Kami siap mengirim pesanan Anda bersama jasa ekspedisi JNE, POS, KI8, TIKI dan lain-lain.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *