CABE RAWIT MERAH KAYA MANFAAT DAN MUDAH CARA TANAMNYA

cabe rawit merah, menanam cabe rawit, cabe merah, lmga agro
CABE RAWIT MERAH

Cabe Rawit Merah Kaya Manfaat dan Mudah Cara TanamnyaHP 082141747141 SMS/WA 08125222117. Jual benih cabe  rawit merah hibrida F1 dan unggul serta tahan penyakit dan Virus di Toko Online Pertanian LMGA Agro. Menerima layanan gratis konsultasi pertanian dan membantu mencari solusi permasalahan Anda di lapangan.

Toko Online Pertanian LMGA Agro menyediakan berbagai jenis benih buah dan sayur, termasuk benih cabe merah, jenis pupuk daun, ZPT, insektisida, fungisida dan lain-lain. Juga tersedia alat-alat pertanian seperti alat kocor, mulsa, polibag, alat pelubang mulsa, sprinkle dan lain-lain.

Cabe rawit merah memiliki kandungan gizi yang lengkap sehingga manfaatnya juga banyak bagi kesehatan tubuh kita. Selain bermanfaat bagi kesehatan, cabe rawit merah juga bermanfaat sebagai bahan olahan pada masakan. Sebagai penambah rasa pedas pada masakan yang menambah cita rasa pada masakan.

Tanam cabe rawit merah tidaklah serumit yang dibayangkan karena kuncinya adalah pengetahuan dan ketekunan dalam bercocok tanam. Selalu berkonsultasi bila belum banyak pengalaman budidaya cabe merah dan tidak segan-segan selalu bertanya pada ahlinya. Cabe rawit merah bila waktu panen kita bertepatan harga jual cabe merah yang tinggi, maka keuntungan yang kita raup juga bisa tinggi.

MANFAAT CABE RAWIT MERAH

cabe rawit merah, menanam cabe rawit, cabe merah, lmga agro, jual benih cabe
CABE RAWIT MERAH BHASKARA

Tidak sedikit masyarakat terutama ibu-ibu rumah tangga yang menyukai menanam cabe rawit merah di pekarangan rumah karena mudahnya menanam tanaman rawit ( kecil ) ini. Ukuran tanamannya yang kecil dan mudah tumbuh.

Meskipun banyak juga yang tidak suka makan cabe karena rasa pedasnya dan diyakini dapat mendatangkan gangguan pada perut bila mengkonsumsinya, namun ternyata cabe rawit merah memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Cabai secara umum memiliki kandungan gizi yang berguna untuk tubuh kita, yaitu antara lain zat capsaicin, kapsidin, beberapa vitamin terutama vitamin A dan C.

Hanya dengan kandungan yang ada dalam cabai tersebut, ternyata manfaatnya besar sekali, antara lain :

  • meningkatkan imunitas tubuh
  • dapat menurunkan berat badan
  • membantu mengatasi penyakit diabetes
  • menyehatkan pencernaan kita
  • mengurangi rasa sakit
  • menurunkan keluhan sakit kepala
  • dapat menurunkan rasa pegal-pegal pada tubuh, dan
  • melancarkan keluhan penapasan.

Cabe rawit merah saat muda warnanya hijau dan berubah menjadi merah saat matang/tua. Ukuran cabe rawit merah lebih kecil dari varietas cabe yang lain, namun tingkat kepedasannya tinggi yaitu mencapai 50.000 – 100.000 skala Scoville. Hama yang menyerang tanaman cabe adalah Bactrocera papayae dan Bactrocera carambolae. 

BENIH CABE RAWIT MERAH HIBRIDA F1 BEBAS VIRUS

  1. Cabe SAKA GENI tahan virus produk dari HALBANERO. Ditanam di dataran rendah – tinggi, panjang cabe 5 – 6 cm dan diameter 1 – 1,3 cm. Pohon tinggi, percabangan banyak, umur panen 80 hari dan potensi hasil 14 – 16 ton/ha.
  2. Cabe MARUTI hibrida dari PT Agri Makmur Pertiwi. Ditanam di dataran menengah pada ketinggian 200 – 775 m dpl. Ukuran panjang cabe 5,6 – 6,5 cm, diameter 1 cm, jumlah cabe 300 – 400/tanaman. Panen umur 85 – 90 hari dan potensi hasil 2,5 – 3 ton/ha.
  3. Cabe RAWITA Cap Panah Merah kuat dan cocok di dataran tinggi. Tahan layu bakteri dan rasa sangat pedas. Bobot buah 3 – 4 gram/buah dengan potensi hasil 10 – 14 ton/ha. Panen umur 109 – 113 hst.
  4. Cabe DEWATA Cap Panah Merah. Mudah perawatannya dan cocok di dataran rendah – tinggi. Cabe panjang 5,5 cm, diameter 0,6 cm, umur panen 65 hst. potensi hasil 20 ton/ha.
  5. Cabe RAGA 2 Cap Kapal Terbang yang cocok ditanam di dataran rendah – tinggi. Panjang 6 cm dan diameter 0,8 cm. Panen umur 66 hst dan potensi hasil 20 ton/ha.
  6. Cabe SONAR Cap Kapal Terbang cocok ditanam di dataran rendah – tinggi. Panjang 5,5 cm dan diameter 0,6 cm. Umur panen 73 hst dan potensi hasil 20 ton/ha. Tanaman tegak dan ruas yang pendek.
  7. Cabe NIRMALA Cap Panah Merah mudah perawatannya, tanaman tegak, kokoh dan ruas yang pendek. Panjang 5,5 cm dan diameter 0,6 cm. Panen umur 75 hst dan potensi hasil 24 ton/ha.

BACA JUGA : BUDIDAYA CABE RAWIT DAN PEMUPUKAN YANG TEPAT

BENIH CABE RAWIT MERAH HIBRIDA F1 BEBAS VIRUS ( 2 )

  1. Cabe PELITA 8 Cap Panah Merah. Tahan antraknose, Bacterial wilt dan virus. Tipe tegak, adaptasi luas bisa ditanam di dataran rendah – tinggi. Bobot cabe 2 – 4 gram/buah, umur panen 75 hst dan potensi 12 ton/ha.
  2. Cabe PELITA Cap Panah Merah cocok ditanam di dataran rendah – tinggi. Panjang 5 cm dan diameter 0,5 cm. Umur panen 73 hst dan potensi hasil 23 ton/ha. Toleran penyakit layu bakteri.
  3. Cabe BHASKARA Cap Kapal Terbang cepat panen umur 65 hst. Cabe panjang 5 – 6 cm dan diameter 0,5 cm. Potensi hasil mencapai 1 kg/pohon.
  4. Cabe CENTIL dari Known-You Seed Taiwan yang cocok ditanam di dataran rendah – tinggi. Mudah perawatan, tanaman tegak dengan ruas yang pendek. Panjang 4,5 cm dan diameter 1,2 cm. Panen umur 70 hst, tanaman toleran layu bakteri dan potensi hasil 23 ton/ha.
  5. Cabe RINTA dari Bintang Central Asia. Cabe lebat menggantung, panjang 7 – 8 cm dan diameter 0,9 cm. Tahan iklim panas, cocok di dataran rendah – tinggi. Toleran penyakit layu, antraknose dan thrips. Umur panen 75 hst.
  6. Cabe MHANU PRAYIT F1 dari Halbanero. Panjang 5 – 6 cm, diameter 2 cm, pohon kokoh dan produktif berbuah. Cocok ditanam di dataran rendah – tinggi, tahan antraknose dan cracking. Potensi hasil 17 ton/ha atau 600 – 800 gram/tanaman. Umur panen 85 hst.

BACA JUGA : BUDIDAYA CABE RAWIT SOLUSI CARA MEMANFAATKAN PEKARANGAN

BENIH CABE RAWIT MERAH UNGGUL

  1. Cabe Unggul VINOTY dari PT Agrindo Hartha Mekar. Tipe menggantung, cocok di dataran rendah – tinggi. Panjang 4 – 6 cm dan diameter 1 – 1,2 cm. Toleran terhadap layu dan patek.
  2. Cabe Unggul BARA Cap Panah Merah cocok di dataran rendah – tinggi. tanaman tegak, ruas pendek dan buah lebat. Panjang 4 cm dan diameter 0,5 cm. Umur panen 100 hst, toleran layu bakteri dan potensi hasil 15 ton/ha.
  3. Cabe unggul CAKRA PUTIH Cap Kapal Terbang cocok ditanam di dataran rendah – tinggi. Panjang 3 cm dan diameter 0,75 cm. Panen umur 85 hst, tanaman tahan layu bakteri dan potensi hasil 12 ton/ha.
  4. Cabe Unggul TANJUNG tipe menggantung dan cocok ditanam di dataran rendah – tinggi. Tanaman toleran layu, antraknose dan thrips. Panjang 4 – 5 cm dan diameter 1 – 1,2 cm. Umur panen 80 – 95 hst dan potensi hasil 1,2 – 1,5 kg/tanaman. Rasa sangat pedat, buah lebat dan produktif.
  5. Cabe Unggul MAHAMERU cocok ditanam di dataran rendah – tinggi. Tanaman tegak, ruas pendek dan buah lebat. Panjang 3,5 cm dan diameter 0,75 cm. Umur panen 85 hst, toleran penyakit layu bakteri dan potensi hasil 12 ton/ha.
  6. Cabe Unggul TARUNA Cap panah Merah cocok ditanam di dataran rendah – tinggi. Tanaman tegak, ruas pendek dan buah lebat. Panjang 3 cm dan diameter 0,4 cm. Umur panen 85 hst, toleran layu bakteri dan potensi hasil 8 ton/ha.
  7. Cabe Unggul MADUN dari Mutiara Bumi. Buah menggantung, lebat dan tanaman tegak dengan ruas yang pendek. Panjang 5 cm dan diameter 0,5 cm. Umur panen 85 hst, tahan layu bakteri dan potensi hasil 10 ton/ha.

BENIH CABE RAWIT MERAH UNGGUL ( 2 )

  1. Cabe Unggul TM RAWIT dari Tanimurni cocok ditanam di dataran rendah – tinggi. Panjang 4 cm dan diameter 0,5 cm. Umur panen 85 hst, toleran layu bakteri dan potensi hasil 8 ton/ha.
  2. Cabe Unggul MHANU cocok ditanam di dataran rendah – tinggi. Tanaman tegak, ruas pendek dan buah lebat. Panjang 3 cm dan diameter 0,3 cm. Umur panen 85 hst, tahan layu bakteri dan potensi hasil 10 ton/ha.
  3. Cabe Unggul SHYPOON lebih dikenal dengan cabe rawit berangkai dari Halbanero. Panjang 5 – 6 cm dan diameter 1,2 – 1,9 cm. Pohon tinggi, percabangan banyak dan produktif. Tangkai 5 – 10 buah dan rasa sangat pedas. Cocok ditanam di dataran rendah – tinggi dan tahan antraknose dan cracking. Potensi hasil 17 ton/ha, 600 – 800 gram/tanaman dan umur panen 85 hst.
  4. Cabe Unggul BRENGGALA dari Aura Seed cocok ditanam di dataran rendah – tinggi. Panjang 5 cm dan diameter 0,5 cm. Panen umur 85 hst, tahan layu bakteri dan potensi hasil 10 ton/ha.
  5. abe Unggul NATURAL Cap Sebelas cocok ditanam di dataran rendah – tinggi. Buah lebat dengan posisi menggantung, panjang 5 cm dan diameter 0,5 cm. Umur panen 85 hst, toleran layu bakteri, potensi hasil 15 ton/ha.
  6. Cabe Unggul SRET produk Bintang Citra Asia cocok ditanam di dataran rendah – tinggi. tanaman tegak, ruas pendek dan buah lebat. Panjang 4 cm dan diameter 1 cm. Umur panen 85 hst, tahan layu bakteri dan potensi hasil 1,2 kg/tanaman.

BACA JUGA : TIPS SUKSES BUDIDAYA TANAMAN SAYUR

CARA TANAM CABE RAWIT MERAH DALAM POLIBAG

  • Siapkan benih yang sesuai dengan lokasi penanaman dan jenis varietas yang kita inginkan.
  • Media semai disiapkan, adalah campuran tanah dan pupuk kandang atau kompos dengan perbandingan 3 : 1.
  • Campuran media tadi, kita aduk hingga tercampur merata. Lalu biarkan dan diletakkan pada tempat yang terlindungi dari air hujan langsung dan paparan sinar matahari. Media dibiarkan ± selama 1 minggu.
  • Benih dapat kita rendam dalam air hangat-hangat kuku selam 3 jam. Dapat juga kita tambahkan ZPT secukupnya atau menggunakan air bawang merah untuk merangsang perkecambahan.
  • Media semai yang sudah diaduk rata tadi dimasukkan ke wadah semai. Wadah semai juga bisa menggunakan tray semai yang dapat dibeli di Toko Online pertanian LMGA Agro, tersedia berbagai ukuran tray semai. Untuk menyemaikan benih cabe rawit merah juga dapat dilakukan di hamparan tanah. Namun sebaiknya menggunakan tray semai karena lebih aman. Media semai yang sudah siap, disiram hingga basah.
  • Benih cabe rawit merah yang sudah siap, kita letakkan pada media. Bila di hamparan tanah, jaraknya adalah 3 x 4 cm atau 4 x 4 cm. Lalu benih ditutup tanah tipis-tipis.
  • Wadah semai lalu ditutup menggunakan plastik atau jaring hitam atau bisa menggunakan daun pisang. Hal ini agar kondisi lingkungan tempat semai menjadi hangat dan lembab sehingga benih cepat berkecambah.
  • Wadah untuk semai benih juga bisa menggunakan polibag kecil. Isi polibag dengan media, siram hingga basah dan masukkan tiap polibag satu benih.
  • Setelah 7 – 10 hari, benih akan berkecambah dan segera pindahkan polibag di tempat yang teduh atau menggunakan naungan.
  • Setelah 2 hari di tempat yang teduh, saatnya diletakkan di bawah sinar matahari agar batang tidak mengalami etiolasi dan batang menjadi kuat. Setelah hari ke-25 sampai 30, bibit dapat dipindahkan ke pot atau polibag pembesaran.

CARA MENYEMAI BENIH CABE MERAH DI BEDENGAN

cabe rawit merah, menanam cabe merah, cabe merah, lmga agro, Benih Cabe Cap Panah Merah Dewata F1
CABE RAWIT MERAH DEWATA F1

Cara menyemai benih di bedengan lebih ekonomis dibandingkan dalam polibag. Bila modal budidaya cabe rawit merah terbatas, persemaian benih dapat dilakukan di bedengan saja.

  1. Tanah dibuat petakan-petakan, lalu diberi kompos dan diaduk hingga rata. Aduklah hingga didapatkan butiran tanah yang halus agar dapat ditembus oleh akar cabe rawit merah.
  2. Petakan tanah dibuat setebal 5 – 10 cm dan dibuat baris dengan jarak 10 cm. Benih dibenamkan dengan jarak 7,5 cm lalu disiram secukupnya dan benih tutup dengan tanah atau abu. Lalu seluruh bedengan ditutup karung goni basah selama 3 – 4 hari.
  3. Usahakan karung goni selalu basah dengan rajin menyiram air. Setelah hari ke-4, benih akan berkecambah dan karung goni boleh dibuka. Petakan tanah dianjurkan dilindungi plastik transparan untuk melindungi bibit cabe rawit merah yang masih muda dari siraman air dan panas matahari yang terik secara langsung. Setelah umur 3 – 4 minggu atau telah muncul 3 – 4 helai daun, bibit dapat dipindah ke lahan atau pot pembesaran.
  4. Pemindahan bibit sebaiknya dilakukan pagi atau sore hari saat panas tidak terik untuk mencegah bibit stress. Pemindahan bibit dilakukan dengan hati-hati terutama akarnya. Pastikan mencabutnya dengan baik dan benar agar akar tidak rusak.

BACA JUGA : CARA PEMUPUKAN CABE YANG TEPAT DAN HASIL BUAH LEBAT

PENANAMAN BIBIT CABE RAWIT MERAH KE POT/POLIBAG

Wadah pot/polibag yang dipakai sebagai tempat untuk menanam bibit adalah yang berdiameter minimal 30 cm. Dan ukuran yang lebih besar justru lebih baik sehingga dapat menampung media tanam yang cukup bagi perkembangan tanaman sampai menghasilkan nanti.

Media tanam ini disiapkan pada pot/polibag selama 7 – 10 hari baru bisa ditanami. Wadah lain yang bisa juga dijadikan wadah yaitu ember bekas, kaleng bekas cat, jerigen bekas dan lain-lain.

Sifat media tanam yang ideal untuk menanam cabe rawit merah dalam polibag adalah gembur ( porous ), tidak mudah becek dan banyak mengandung bahan organik atau unsur hara. Media tanam menggunakan campuran tanh + pupuk kandang + sekam mentah + arang sekam.

Pilihlah tanah yang gembur atau tanah disekitar pembuangan sampah atau dibawah tanaman bambu. Karena media tanam dalam polibag itu mudah padat maka media tanam dicampurkan arang sekam. Arang sekam bermanfaat untuk menjaga porositas tanah dan mencegah media tanam menjadi padat.

Campuran tanah + pupuk kandang/kompos + sekam mentah + arang sekam adalah 3 : 2 : 1 : 1. Bila media tanam siap dan bibit sudah cukup umur maka bibit siap dipindahkan ke pot pembesaran. Pemindahan bibit sebaiknya dilakukan pada sore hari.

Basahi dahulu media dengan air bersih dan buat lubang tanam tepat di tengah-tengah wadah. Jika persemaian bibit di hamparan tanah, ambil bibit dengan hati-hati dengan cara dicongkel sekalian akar dan tanahnya. Bibit jangan dicabut karena bisa jadi akar akan terputus.

Setelah pemindahan bibit selesai, letakkan polibag pada tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung selama 3 – 4 hari. Baru pada hari ke-5, bibit sudah cukup kuat ditaruh di bawah sinar matahari langsung.

PERAWATAN CABE RAWIT MERAH DALAM POLIBAG

cabe rawit merah, menanam cabe merah, cabe merah, jual benih cabe, lmga agro
ALAT KOCOR CABE RAWIT MERAH

Setelah proses pemindahan bibit selesai, langkah selanjutnya adalah perawatan cabe rawit merah yang tidak begitu sulit. Selain tentu saja kontrol tanaman yang rutin dilakukan, juga melakukan penyiraman, pemasangan penyangga ajir dan penyiangan.

Sirami media bila tampak kering namun jangan terlalu menggenang karena dapat merangsang tumbuhnya jamur dan bakteri. Tanaman cabe rawit merah membutuhkan air untuk kelangsungan hidupnya namun tidak berlebihan.

Agar tanaman dapat berdiri tegak dan kokoh serta kuat menopang tubuhnya maka perlu kiranya ditancapkan penyangga berupa lanjaran/ajir dari sebilah bambu. Pemasangan ajir sebaiknya dilakukan sebelum penanaman bibit di polibag atau segera setelah pemindahan bibit. Bila sudah terlanjur tanaman sudah besar, ajir ditancapkan diluar polibag agar tidak melukai akar tanaman. Bila akar terluka dapat merangsang tumbuhnya jamur atau bakteri pengganggu.

Penyiangan adalah membersihkan dan mencabut rumput liar yang tumbuh disekitar tanaman. Adanya gulma dapat mengganggu pertumbuhan tanaman cabe rawit merah dan menyebabkan terjadinya persaingan dalam menyerap unsur hara. Kadangkala juga, rumput-rumput liar menjadi inang hama dan penyakit cabe rawit merah.

Perawatan yang tak kalah penting adalah perempelan ( pemangkasan ) tunas-tunas cabe merah terutama yang bagian bawah. Tunas-tunas ini tumbuh di setiap ketiak daun dan bila dibiarkan akan menyebabkan unsur hara bekerja tidak fokus pada pembentukan buah. Sehingga tunas-tunas tersebut harus dikurangi, yaitu 4 – 5 tunas yang letaknya paling bawah.

BACA JUGA : JUAL BIBIT CABE RAWIT BHASKARA UMUR GENJAH

PEMUPUKAN CABE RAWIT MERAH DALAM POLIBAG

Pemupukan disini adalah pemupukan lanjutan setelah diberikan pupuk dasar pada media tanam sebelum penanaman bibit. Pupuk susulan ini diberikan 2 minggu setelah pemindahan bibit cabe rawit merah.

Pupuk susulan diyakini dapat menyuburkan dan tanaman dapat berbuah lebat. Pupuk susulan diberikan untuk memenuhi kebutuhan hara tanaman cabe rawit merah selama pertumbuhannya hingga berbuah. Unsur hara dalam tanah ini makin lama makin habis karena diserap akar tanaman.

Pupuk susulan yang diberikan adalah pupuk organik dan pupuk an-organik ( kimia ). Pupuk organik yang diberikan adalah pupuk kandang atau kompos yang sudah matang atau yang sudah difermentasi. Bisa juga menggunakan pupuk kandang yang dilengkapi cebdawan Trichoderma. Pupuk kimia lebih efisien dan praktis bila menggunakan pupuk NPK. Cara pemupukan susulan cabe rawit merah adalah :

  1. Pertama pada umur 15 hari setelah tanam. Berikan ½ sendok makan NPK disekeliling pangkal batang cabe rawit merah, usahakan tidak kena batang. Cara diatas diulang setiap 10 hari sekali.
  2. Pemberian pupuk harus dalam kondisi media yang basah agar pupuk mudah diserap akar. Waktu pemupukan yang baik adalah pagi atau sore hari.
  3. Lakukan kontrol tanaman secara rutin dan seksama. Bila tampak tanaman layu karena kekurangan pupuk dan bukan penyakit, berikan pupuk N secukupnya saja.
  4. Selain pemberian pupuk NPK, berikan juga pupuk organik. Berikan sebanyak 2 genggam pupuk kandang berselang seling dengan pemupukan kimia. Misalnya pemupukan pertama, pupuk NPK. Pemupukan kedua menggunakan pupuk kandang begitu seterusnya hingga panen. Perbanyak pupuk organik justru menyebabkan tanaman kita lebih subur dan media tanam juga lebih subur.
  5. Pemberian pupuk daun untuk melengkapi unsur hara mikro yang dibutuhkan tanaman meskipun dalam jumlah kecil namun penting sekali keberadaannya bagi tanaman. Penyemprotan pupuk daun setiap seminggu sekali dan jenis pupuk daun dapat dibeli di Toko Online pertanian LMGA Agro. Merk pupuk daun yang ada di pasaran adalah bayfolan, Gandasil D/B dan lain-lain.

PENGENDALIAN HAMA DAN PENYAKIT CABE RAWIT MERAH

cabe rawit merah, menanam cabe rawit, cabe merah, jual benih cabe, lmga agro
FUNGISIDA CABE RAWIT MERAH

Pengendalian hama dan penyakit dapat dilakukan dengan rutin mengontrol kondisi tanaman.  Dengan langkah tersebut kita dapat mengetahui dengan cepat tanaman yang terkena gigitan hama atau gejala terserang penyakit. Menanam cabe rawit merah dipot biasanya diserang hama belalang dan ulat pemakan daun.

Serangan hama ulat, kita cukup memotong daun yang ada ulatnya atau bekas gigitan ulang. Daun dipotong menggunakan gunting, bersihkan kotoran ulat agar ulat daun tidak datang lagi.

Serangan hama belalang, kita dapat menyemprotkan pestisida yang tepat. BIsa juga cara alami yaitu daun cabe disiram air kunyit. Air kunyit memiliki bau rempah yang khas yang tidak disukai oleh serangga.

Toko Online Pertanian LMGA Agro sudah membahas tuntas tentang hama dan penyakit tanaman cabe di artikel-artikel kami yang lain. Anda dapat mempelajarinya dan selamat membaca.

Pestisida yang dapat digunakan untuk mengendalikan hama ulat, kepik, belalang, lalat buah atau hama jenis lain menyemprotkan insektisida Lannate, Curacron, Metindo atau Regent.

Pengendalian hama golongan kutu-kutuan seperti tungau, thrips, kutu kebul dan kutu daun, dapat menggunakan akarisida Bamex, Agrimec, Demolish, Alfamex, Promektin atau Samite.

Penyakit yang disebabkan jamur, gunakan fungisida Antracol, Bion M dan lain-lain. Bila diseran bakteri, semprotkan bakterisida.

BACA JUGA : RAWITA CABAI KECIL MENGGANTUNG PANAH MERAH

PANEN CABE RAWIT MERAH

Setelah cabe rawit merah berumur 3 bulan, sudah mulai muncul buahnya. Hingga sampai pada umur 6 bulan bahkan lebih, cabe rawit merah sudah dapat dipanen. Umur tanaman cabe dapat sampai 24 bulan dan panen dapat dilakukan sampai 15 – 18 kali panen.

Semakin tua umurnya maka produktivitas tanaman semakin menurun dan jumlah yang dipanen semakin sedikit dan kualitas cabe semakin menurun. Sehingga nilai ekonomis dan harga jualnya tidak setinggi pada panen yang awal-awal.

Beberapa petani hanya memanen cabe rawit merah sampai umur 12 bulan saja agar nilai ekonomis tetap tinggi. Waktu panen cabe rawit merah dilakukan pada pagi dan sore hari. Dengan cara cabe dipetik beserta tangkainya.

Buah cabe yang baik adalah bentuk buah ramping dan padat berisi ( tidak kopong ). Ciri cabe seperti tersebut sangat pedas dan harga jualnya tinggi dibandingkan pada cabe yang besar namun isinya kopong.

Bagi Anda yang menanam cabe rawit merah di kebun atau pekarangan rumah, saatnya memanen hasil cabe adalah yang ditunggu-tunggu. Setelah 90 hari kita tekun menghabiskan waktu, tenaga dan perhatian merawat cabe rawit merah kita, saatnya cabe dipetik. Bila menanam di rumah, hanya menanam 2 pot saja kita dapat memenuhi kebutuhan cabe kita dan tidak kuatir bila cabe sedang langka.

Demikian artikel kami tentang Cabe Rawit Kaya Manfaat dan Mudah Cara Tanamnya. Se,oga bermanfaat dan Selamat mencoba.

Toko Online Pertanian LMGA Agro jual benih cabe hibrida, baik cabe kecil dan besar, juga cabe keriting. Jual juga semua jenis benih sayur dan buah, jenis pupuk, jenis pestisida dan alat-alat pertanian. Murah dan lengkap.

LMGA Agro siap mengantar pesanan Anda sampai di alamat Anda di seluruh wilayah Indonesia. Bersama mitra ekspedisi kami yaitu JNE, POS Indonesia, TIKI, KI8 dan lain-lain. Melayani juga gratis konsultasi pertanian dan seputar permasalahan Anda saat bercocok tanam.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *