GOLDEN MELON KULIT BUAH BERWARNA KUNING EMAS

golden melon, melon kuning, cara menanam melon, lmga agro
GOLDEN MELON

Golden Melon Daging Buah Berwarna Kuning Emas. Jual benih melon kuning atau Golden melon di Toko Online Pertanian LMGA Agro, hubungi Pak Budi 082141747141 ( telepon ) 08125222117 ( SMS/WA ). Juga menerima layanan konsultasi gratis mengenai segala permasalahan yang Anda temui di lapangan.

Benih Golden Melon tersedia lengkap di Toko Online Pertanian LMGA Agro dengan berbagai keunggulan masing-masing benih dan berasal dari pabrik benih terkemuka di Indonesia. Tersedia juga benih melon madu dan melon hijau.

Golden melon meskipun tidak memiliki net namun rasa manisnya tidak kalah dengan melon hijau. Dan dari banyak jenis melon yang ada, sebagian masyarakat memilih untuk budidaya melon kuning dibandingkan melon hijau.

Hal ini karena minat pasar golden melon lebih besar dan harga jual golden melon mencapai 2 kali lipat dari harga melon hijau. Tekstur melon berkulit kuning ini dagingnya renyah dan rasanya manis.

SYARAT TUMBUH BUDIDAYA GOLDEN MELON

Untuk membudidayakan tanaman golden melon, perlu memperhatikan beberapa faktor yang dapat mempengaruhi produksi buah melon baik kualitas maupun kuantitasnya. Seperti misalnya faktor kesuburan tanah, faktor iklim dan cuaca, faktor hama penyakit yang menyerangnya dan faktor lain yang perlu diperhatikan selama budidaya golden melon.

Suhu ideal menanam melon yaitu 25 – 30 °C, ketinggian tempat yang baik adalah 300 – 900 meter dpl dengan intensitas sinar matahari bersinar penuh sepanjang hari dan curah hujan yang relatif rendah.

Media tanam yang baik adalah tanah liat yang berpasir, tidak terlalu basah dan pH tanah 5,8 – 7,2. Tanah banyak mengandung bahan organik seperti andosol, latosol, regosol dan grumosol. 

Golden melon Cucumis melo L. adalah nama buah sekaligus tanaman yang menghasilkan melon, termasuk suku labu-labuan atau Cucurbitaceae. Buah melon biasa dimakan segar dan diiris-iris ukuran sedang atau kecil-kecil sebagai campuran es buah.

Buah melon yang dimakan adalah bagian dagingnya ( mesokarp ). Teksturnya lunak, rasa renyah, buahnya keras. Tampilan golden melon berwarna kuning renyah yang memikat, daging buah berwarna putih banyak diminati orang di seluruh dunia.

Golden melon juga memiliki banyak manfaat dibidang kesehatan karena mengandung vitamin C yang tinggi. Golden melon ampuh dalam mengobati sariawan, menghaluskan kulit, meningkatkan imunitas tubuh, mengandung antioksidan untuk menangkal serangan radikal bebas.

MANFAAT BUAH GOLDEN MELON

golden melon, melon kuning, cara menanam melon, lmga agro
GOLDEN MELON

Golden melon merupakan buah yang manis dan enak untuk dikonsumsi. Buah melon golden banyak mengandung asam folat yang berfungsi efek anti-koagulan. 

  • Berkhasiat meredakan kram otot saat datang bulan. Karena banyak mengandung asam folat memberikan efek anti-koagulan. Membantu melarutkan gumpalan darah, mengurangi retensi air dan mengurangi kram otot.
  • Meningkatkan ketajaman penglihatan. Golden melon kaya vitamin A yang hadir dalam bentuk beta-karotene. Beta-karotene baik untuk penglihatan dan mencegah penyakit katarak. Vitamin A pada golden melon bermanfaat untuk sel-sel epitel kulit dan membuat sehat mata.
  • Meningkatkan kekebalan Tubuh dan mencegah penuaan dini. Golden melon mengandung vitamin C yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh dengan cara merangsang pertumbuhan sel darah putih. Sel darah putih membantu menghancurkan virus dan bakteri. Vitamin C bermanfaat untuk mencegah penuaan dini dan sakit maag.
  • Dapat mencegah terjadinya sembelit pada pencernaan. Adanya musim panas disertai dengan peningkatan suhu dapat menyebabkan stroke panas dan gangguan perut. Konsumsi makanan berlemak dan kurangnya serat dapat menyebabkan masalah pencernaan yang mengakibatkan sembelit. Kandungan serat dalam golden melon dapat membantu menambah serat tubuh dan mengurangi konstipasi.
  • Mengganti ion tubuh yang hilang karena berkeringat di musim panas. Karena kesegarannya, buah melon dapat mengganti mineral yang keluar dari tubuh. Buah melon juga mengandung natrium dan kalium yang dapat membantu menjaga keseimbangan elektrolit.
  • Berfungsi untuk membersihkan ginjal dan mencegah batu ginjal. Karena buah melon mengandung banyak air sehingga dengan mengkonsumsi secara rutin dapat membersihkan ginjal.
  • Adenosin dalam golden melon berfungsi sebagai pengencer darah dan memecah gumpalan dalam darah sehingga dapat mencegah penyakit jantung. Dianjurkan untuk mengkonsumsi sekitar 250 – 300 gram buah melon setiap harinya. Namun untuk penderita diabetes, konsumsi buah melon kurang dari 100 gram dan hindari buah yang terlalu matang.

BENIH GOLDEN MELON KULIT BUAH BERWARNA KUNING | LMGA AGRO

  1. Melon Kulit Kuning ALISHA produk unggulan dari Panah Merah. Melon kuning tanpa net, daging buah berwarna oranye/kemerahan. Adaptasi untuk dataran rendah dan musim kemarau. Tahan virus gemini, umur panen 68 – 72 hst. Rasa renyah dan manis, bobot buah 2,2 – 2,4 kg/buah.
  2. Melon Kuning F1 APOLLO produk unggulan dari Known-You Seed Taiwan tanpa net. Pertumbuhan tanaman kuat dan tegap, dianjurkan menggunakan ajir. Berat buah 2,5 kg/buah. Rasa manis, kadar gulanya 14% Brix. Daging buah berwarna putih, keras dan renyah. Panen umur 65 hst.
  3. Melon Kuning F1 KINANTI tanpa net dan warna daging buah jingga. Pertumbuhan tanaman yang kuat dan tegap. Bentuk buah lonjong, berat buah 1,5 – 2,5 kg. Rasa manis dan renyah, kadar gula 13 – 16% Brix. Dipanen umur 65 – 70 hst.
  4. Melon Kuning F1 LUNA 2427 dari Known-You Seed Taiwan. Tanpa net, pertumbuhan tanaman kuat dan tegap, dianjurkan menggunakan ajir. Berat buah 2,5 kg/buah. Rasa manis, kadar gula 15% Brix. Daging buah oranye, keras dan renyah. Umur panen 65 hst.
  5. Melon Kuning F1 URANUS benih unggulan Cap Panah Merah. Kulit tanpa net, pertumbuhan kuat dan tegap, dianjurkan menggunakan penyangga. Berat buah 2,5 kg/buah. Rasa manis, kadar gula 15% Brix. Kulit buah berwarna kuning, daging buah oranye/merah, keras dan renyah. Umur panen 65 hst.

BACA JUGA : BENIH MELON

BUDIDAYA MELON KUNING GOLDEN DI IKLIM TROPIS INDONESIA

golden melon, melon kuning, cara menanam melon, lmga agro
GOLDEN MELON

Budidaya tanaman melon pada umumnya tidaklah terlalu sulit, sama juga dengan budidaya melon kuning Golden juga tidak terlalu sulit di daerah iklim tropis seperti Indonesia. Asalkan diperhatikan perawatannya, dilakukan secara rutin dengan baik dan tidak terjangkit virus biasanya melon golden dapat dipanen umur 60 – 70 hari.

Iklim Indonesia yang tropis dengan paparan sinar matahari yang bersinar sepanjang hari menguntungkan dalam budidaya golden melon. Tanaman golden melon dapat tumbuh baik dan betah dengan paparan sinar matahari yang lama sepanjang hari. Golden melon juga dapat tumbuh pada tanah lempung berpasir dan adaptasi pada ketinggian 0 – 700 meter dpl.

Golden melon juga dapat ditanam di area dekat pantai namun tidak boleh berlebihan dalam pemberian airnya. Air yang berlebihan justru dapat merusak pertumbuhan tanaman melon. Meskipun juga tidak boleh kekurangan air.

Sebelum melakukan penyemaian benih, benih melon golden dikecambahkan terlebih dahulu. Caranya adalah masukkan benih melon ke dalam kantong plastik berklip, beri lubang agar benih dapat bernapas, rendam dalam air selama 1 jam. Setelah 1 jam, benih melon dalam plastik diperam menggunakan handuk basah selama 12 jam. Selanjutnya benih siap disemaikan.

Benih golden melon setelah dikecambahkan, baru disemai dalam polibag. Polibag diisi media berupa campuran sabut kelapa dan pupuk kandang. Dalam jangka waktu 10 hari, akan tumbuh 3 helai daun golden melon dengan sempurna. Bibit melon sudah siap dipindahkan ke lahan kebun dan siap ditanam dengan jarak tanam 50 x 60 cm.

Pemupukan Golden melon dilakukan satu minggu sekali. Dan setelah umur 21 hst, pemupukan lebih banyak pupuk yang mengandung Kalium agar bunga tidak mudah rontok. Pemantauan dilakukan setiap hari dan tidak boleh lengah terutama pengamatan bila ada serangan hama dan penyakit.

Serangan hama dan penyakit pada golden melon dapat mengganggu pertumbuhan bahkan menjadi penyebab gagalnya panen budidaya golden melon yang sudah kita lakukan.

Serangan hama dan penyakit tanaman golden melon cepat sekali menyebar meskipun kita sudah memotong bagian tanaman yang rusak. Serangan hama dan penyakit cepat menjalar ke bagian tanaman yang lain.

PERSIAPAN MENANAM BIBIT GOLDEN MELON DI BEDENGAN

Siapkan lahan untuk menanam bibit golden melon. Bersihkan lahan kebun kita dari gulma lalu gemburkan tanah dengan cangkul hingga sedalam 10 – 15 cm. Taburkan 20 – 25 kg ( untuk luas 500 m2) Kapur Dolomit merata dipermukaan tanah dan tipis-tipis saja. Lalu diamkan selama 3 – 4 hari agar menyatu dengan tanah dan bekerja untuk menetralkan pH tanah.

Setelah didiamkan, saatnya membuat bedengan dengan tinggi 25 – 30 cm, lebar 100 – 120 cm dan panjang 10 – 15 m. Jarak antar bedeng dibuat dengan lebar 60 cm.

Taburkan pupuk kandang yang sudah matang sebanyak 100 – 120 kg ( luas 500 m2 )pada permukaan bedengan merata seluruh bedengan. Tambahkan pupuk kimia ZA dan KCl masing-masing sebanyak 25 kg/500m2 dan TSP 15 kg/500m2. Pupuk kimia tadi dicampur lalu disebar di atas bedengan dan diaduk menggunakan cangkul. Lalu lahan dibiarkan selama 3 – 4 hari agar pupuk bekerja pada tanah.

Setelah itu, bedengan dapat ditutup mulsa plastik hitam perak. Lalu buat lubang tanam pada permukaan mulsa. Setiap bedengan, dibuat 2 baris lubang tanam yang jaraknya 60 cm dan jarak antar lubang dalam 1 baris adalah 60 cm juga. Pemasangan mulsa ini dilakukan 2 hari sebelum penanaman bibit. Demikian persiapan lahan untuk menanam bibit melon.

BACA JUGA : ORANG META PELOPOR MELON EXOTIC BERNILAI JUAL TINGGI DARI PANAH MERAH

PERAWATAN TANAMAN MELON GOLDEN

golden melon, melon kuning, lmga agro, Jual Bibit Melon Melindo 6 F1
GOLDEN MELON

Bibit melon selama di persemaian harus diletakkan berderet dan terkena sinar matahari penuh sejak terbit hingga tenggelam. Untuk menghindari curahan hujan langsung dan serangan lalat atau hama lain maka perlu dilindungi dari plastik transparan yang salah satu ujungnya terbuka.

Penanaman bibit melon dilakukan pada pagi atau sore hari. Setelah ditanam, lakukan penyiraman secara rutin namun tidak sampai berlebihan. Langkap perawatan yang pertama adalah penyulaman yang dilakukan setelah 3 – 5 hari setelah penanaman bibit. Penyulaman untuk mengganti bibit yang tidak mau tumbuh atau tampak layu setelah dipindahkan ke kebun tetap.

Pemasangan ajir terbuat dari bilah bambu sepanjang 1,5 meter dilakukan sebelum tanaman berumur 7 hari. Ajir ditancapkan agak condong ke arah dalam bedengan sehingga antar ajir saling bersilangan membentuk huruf X. Buat juga sebilah bambu yang lebih panjang untuk diletakkan dengan posisi horisontal diantara silangan ajir-ajir tadi. Lalu semua bilah bambu dsatukan dengan diikat menggunakan tali salaran. Tali salaran dapat dibeli di Toko Online Pertanian LMGA Agro.

Penyiraman dilakukan setiap pagi sampai umur 1 minggu. Selanjutnya penyiraman dilakukan setiap 2 – 3 hari sekali tergantung dari kondisi lingkungan.

PEMUPUKAN SUSULAN TANAMAN GOLDEN MELON

  1. Pemupukan susulan pertama diberikan pada umur 8 – 10 hst. Menggunakan pupuk NPK 16-16-16 dengan dosis 5 gram/tanaman. Dilarutkan dalam 300 ml air lalu dikocorkan pada lubang tanam.
  2. Pemupukan susulan kedua pda umur 14 hst, menggunakan pupuk NPK 16-16-16 dan TSP ( perbandingan 1 : 1 ) dengan dosis 20 gram/tanaman. Dilarutkan dalam 500 ml air dan dikocorkan pada lubang tanam.
  3. Pemupukan susulan ketiga pada umur 21 hst. Menggunakan pupuk NPK 15-15-15, TSP dan KNO3 dengan perbandingan 2 : 2 : 1 sebanyak 100 gram/tanaman. Pupuk ditaburkan pada bedengan setelah penyiraman atau saat kondisi tanah basah.
  4. Pemupukan susulan keempat pada umur 28 hst menggunakan pupuk NPK 15-15-15, TSP dan KNO3 dengan perbandingan 2 : 2 : 1. Dosis 100 gram/tanaman. Ditaburkan pada parit setelah penyiraman.
  5. Pemupukan susulan kelima pada umur 35 hst. Menggunakan pupuk NPK 15-15-15, TSP dan KNO3 ( perbandingan 2 : 2 : 1 ) dosis 100 gram/tanaman. Ditaburkan pada parit saat kondisi basah.
  6. Pemupukan susulan keenam pada umur 42 hst. Menggunakan pupuk NPK 15-15-15 dan KNO3 dengan perbandingan 1 : 1 dosis 100 gram/tanaman. Ditaburkan pada parit setelah penyiraman.
  7. Pemupukan susulan ketujuh pada umur 50 hst. Menggunakan pupuk KNO3 dengan dosis 50 gram/tanaman. Diberikan dengan cara dikocor.

BACA JUGA : MELON TAHAN VIRUS GRACIA DARI PANAH MERAH

SELEKSI BUAH DAN PENYERBUKAN GOLDEN MELON

Bila di musim panas atau kemarau, penyerbukan melon golden mendapat bantuan dari serangga atau oleh angin. Namun bila tiba-tiba turun hujan, maka perlu dilakukan penyerbukan buatan. Hal tersebut karena pada musim hujan, keberadaan serangga banyak berkurang.

Proses penyerbukan sebaiknya dilakukan pada pagi hari sebelum matahari terik yaitu antara pukul 7 – 9 pagi. Dilakukan pada tanaman melon berumur 25 – 35 hst.

Cara penyerbukannya antara lain dengan mengambil bunga jantan ( serbuk sari ) lalu dioleskan pada bunga betina ( putik ). Alat yang digunakan adalah pinset. Satu serbuk sari bisa digunakan untuk 2 – 3 bakal buah. Penyerbukan dilakukan pada bunga betina yang ada di daun ke-7 sampai daun ke-14. Biasanya dalam 1 pohon bisa dilakukan penyerbukan sebanyak 4 – 5 bunga betina.

Tunggu hasil dari penyerbukan yang telah dilakukan. Setelah muncul buah sebesar jeruk nipis maka lakukan seleksi dengan membuang buah yang kurang baik/abnormal. Sisakan buah yang paling baik sebanyak 2 – 3 buah per pohon. Kemudian pelihara hingga buah besar, ikatlah tangkai buah pada penyangga ajir menggunakan tali salaran. Gunanya agar tangkai buah tidak patah atau jatuh.

JENIS HAMA PADA TANAMAN GOLDEN MELON

  1. Jangkrik/Gangsir menyerang melon dengan memakan pangkal batang terutama pada tanaman muda. Pencegahan serangan hama ini dengan selalu menjaga kebersihan di area tanaman juga menutup lubang mulsa di sekitar tanaman dengan tanah atau potongan bambu. Pengendalian kimia menggunakan insektisida seperti curacron, decis, santoat atau regent.
  2. Penggerek daun menyerang daun sampai batang dari tanaman muda. Daun menjadi berlubang dan hanya menyisakan tulang daunnya. Pencegahan dengan menanam yang jauh dari tanaman gambas, terong, timun, semangka dan tanaman lain yang satu famili. Pengendalian kimiawi menggunakan curacron atau regent.
  3. Ulat grayak memakan terutama daun dan batang yang muda. Pengendalian kimiawi menggunakan santoat, curacron atau regent.
  4. Ulat tanah ini aktif pada malam hari, menyerang pangkal batang hingga daun melon. Pengendalian kimia menggunakan prevathon atau curacron. Penyemprotan sebaiknya dilakukan pada malam hari.
  5. Lalat buah menyerang buah yang masih kecil. Caranya dengan memasukkan telur lalat ke dalam buah. Lalu telur-telur lalat tersebut akan menetas menjadi larva dan memakan daging buah hingga menyebabkan buah menguning, busuk lalu rontok. Pengendalian hama lalat dengan memasang perangkap lalat buah dan penyemprotan insektisida yang berbau tajam yaitu curacron atau santoat.
  6. Aphids dan thrips menghisap cairan daun sehingga daun mengkerut lalu keriting. Pencegahan dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan dari gulma atau tanaman inangnya. Penyemprotan menggunakan akarisida berbahan aktif abamektin yaitu Bamex, demolish atau agrimec.
  7. Kumbang daun menyerang daun dan bunga pada malam hari. Daun dan bunga menjadi berlubang. Penyemprotan menggunakan insektisida berbahan aktif diafentiuron, tiodikarb, profenofos dan metidation.
  8. Kutu kebul menyebabkan kerusakan pada daun yaitu bercak nekrotik karena sel-sel dan jaringan daun yang rusak. Hama ini merupakan vektor utama virus Gemini penyebab penyakit Bulai. Pengendalian dengan cara membuang tanaman yang terinfeksi kutu kebul. Pengndalian kimia dengan penyemprotan akarisida abamektin.

NAMA-NAMA PENYAKIT PADA TANAMAN GOLDEN MELON

  1. Rebah semai atau dumping-off menyerang bibit di persemaian. Gejala batang berwarna coklat, bibit rebah lalu mati. Pencegahan dengan cara benih diberi fungisida karbendazim atau disemprot fungisida antracol.
  2. Layu fusarium disebabkan oleh cendawan Fusarium oxysporum. Gejalanya tanaman yang tampak segar di pagi hari, namun layu di siang hari dan sorenya kembali segar. Gejala tersebut terjadi bebarapa hari sampai tanaman mati. Pencegahan, menggunakan benih tahan layu, pemakaian mulsa plastik agar tidak terlalu lembab, drainase yang baik, melakukan rotasi tanaman dan penerapan aplikasi trichoderma. Membuang tanaman yang layu, pengocoran trichoderma dan fungisida.
  3. Antraknosa gejalanya terdapat bercak-bercak coklat pada daun, berubah menjadi kemerahan dan akhirnya daun menjadi mati.Jika menyerang buah, buah menjadi busuk ada bulatan berwarna merah jambu yang makin lama makin meluas. Buanglah buah yang terserang jauh-jauh, penyemprotan fungisida antracol, dithane, dan lain-lain.
  4. Layu bakteri tanaman menjadi layu permanen. Jika batang dipotong melintang, tampak pembuluh xylem yang menghitam. Cabut dan buanglah tanaman yang terinfeksi, penyemprotan bakterisida seperti agrimicin.
  5. Embun tepung ( Powdery mildewgejala tampak daun dan batang ynag dilapisi semacam tepung berwarna putih. Daun dan batang yang diserang akan mengkerut dan berwarna coklat. Tanaman menjadi lemah dan kerdil karena pertumbuhan terhambat. Cabutlah tanaman yang terserang, lalu dimusnahkan. Penyemprotan fungisida berbahan aktif benomyl, pradimefon, oksitioquinoks dan tembaga.
  6. Penyakit Virus WMV ditandai dengan daun yang melepuh, belang-belang, daun berubah bentuk dan mengkerut. Pertumbuhan kerdil dan rekahan membujur pada batang. Pengendalian dengan memusnahkan tanaman yang terinfeksi, rotasi tanaman dan mengendalikan hama vektornya, yaitu aphids dan thrips menggunakan demolish, agrimec, alfamex atau bamex.
  7. Bercak daun ditandai adanya bercak-bercak hitam kecoklatan berbentuk bulat dan menyebar hingga daun mengering. Disebabkan oleh cendawan patogen. Pencegahan bercak daun bisa melakukan pergiliran tanaman, menjaga kondisi lingkungan agar tidak terlalu lembab. Pengendalian kimia menggunakan fungisida antracol, starmyl, dithane atau score.

BACA JUGA : MELON MELINDO 14 TAHAN VIRUS DAN BERCAK DAUN ANDALAN PETANI

PANEN MELON GOLDEN

Buah melon mulai dapat dipanen setelah umur 65 – 70 hst. Ciri-ciri buah yang sudah matang adalah serat jala pada kulit buah yang terlihat jelas dan kasar. Permukaan kulit disekitar tangkai buah sudah retak-retak, warnanya sedikit pucat, dan buah melon sudah meninggalkan aroma yang tajam.

Sebaiknya pemanenan dilakukan pada pagi hari setelah embun pagi hilang, sekitar jam 8 – 11 pagi. Caranya adalah dengan memotong tangkai buah menggunakan pisau, sisakan tangkai minimal 2 cm untuk memperpanjang masa simpan.

Pemetikan buah melon dapat dilakukan bertahap, pilihlah buah melon yang benar-benar siap panen. Pilihlah buah yang baik dan tidak rusak. Buah melon yang cacat fisiknya dapat mengurangi harga jual melon goldennya.

Buah melon yang dipanen sebaiknya pada tingkat kematangan 90% dan diperkirakan 3 – 7 hari akan matang sempurna. Ini untuk menjaga pada saat pengangkutan untuk didistribusikan, buah sudah matang sempurna saat sampai di tangan konsumen.

Demikian artikel tentang Golden Melon Kulit Buah Berwarna Kuning Emas. Toko Online Pertanian LMGA Agro jual benih buah melon berbagai varietas. Hubungi Pak Budi 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Semoga bermanfaat dan silahkan menghubungi Kami segala keperluan bercocok tanam Anda, ada pada Kami.

Toko Online Pertanian LMGA Agro juga melayani gratis konsultasi pertanian. Menyediakan berbagai jenis benih buah dan sayur, berbagai jenis pupuk baik cair maupun tabur, pestisida, ZPT dan lain-lain. Kami juga menyediakan alat-alat pertanian seperti polibag, mulsa plastik, alat kocor dan lain-lain.

Benih Golden melon Kulit Buah Berwarna Kuning Emas, Kami siap mengirim ke alamat Anda di seluruh wilayah Indonesia menggunakan jasa ekspedisi mitra kami yaitu JNE, TIKI, KI8, POS INDONESIA dan lain-lain.

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *