JUAL BIBIT LABU KUNING SUPREMA F1 MURAH PANEN CEPAT

LABU KUNING SUPREMA F1, JUAL BIBIT LABU SUPREMA, JUAL BENIH LABU SUPREMA, LABU SUPREMA MURAH, LMGA AGRO
LABU KUNING SUPREMA F1

Jual bibit labu kuning Suprema F1 panen cepat. Jual bibit labu Suprema harga murah di Toko Online LMGA Agro, hubungi Budi 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 (SMS/WA). LMGA Agro juga melayani konsultasi gratis mengenai cara menanam tanaman budidaya Anda dan membantu mengatasi permasalahan yang Anda temui di lapangan.

Toko Online pertanian LMGA Agro menyediakan berbagai kebutuhan bercocok tanam Anda seperti benih sayur dan buah berbagai jenis varietas, juga pupuk dan pestisida. Menyediakan juga alat-alat pertanian serta sarana prasarana budidaya tanaman.

LMGA Agro siap mengirim pesanan Anda, terutama benih labu kuning Suprema F1 cap Panah Merah, ke alamat Anda dengan cepat dan tepat waktu. Menggunakan jasa ekspedisi kepercayaan Kami bertahun-tahun seperti JNE, TIKI, POS, KI8 dan lain-lain.

BENIH LABU KUNING SUPREMA F1

LABU KUNING SUPREMA F1, CARA MENANAM LABU, LABU KUNING SUPREMA, JUAL BENIIH LABU SUPREMA, BIBIT LABU SUPREMA MURAH, EASTWESTSEED, PANAH MERAH, LMGA AGRO
BIBIT LABU KUNING SUPREMA F1

Budidaya labu kuning Suprema F1 cocok dilakukan pada dataran rendah sampai dataran tinggi. Benih labu kuning Suprema F1 produk benih hibrida cap Panah Merah dari PT East-West Seed Indonesia ( EWINDO ).

Kulit buah labu kuning Suprema F1 berwarna hijau saat masih muda, selanjutnya berangsur berwarna kuning coklat saat tua. Daging buah berwarna kuning, rasanya pulen dan ukuran buah yang dapat disesuaikan.

Tanaman labu kuning Suprema F1 memiliki kemampuan hidup di lahan yang kritis, miskin unsur hara, namun mudah dalam perawatannya. Tanaman juga cukup tahan terhadap virus Gemini.

Umur panen tanaman labu kuning Suprema F1 adalah 85 – 90 hari setelah tanam, diameter buah labu kuning Suprema F1 adalah 20 – 22 cm, bobot buah mencapai 3500 – 4500 gram/buah. Potensi hasil sebesar 40 – 50 ton/ha. Isi kemasan produk berisi 95 butir benih.

Buah labu atau biasa disebut waluh ( Cucurbita ) termasuk dalam kelompok tanaman labu-labuan ( Cucurbitaceae ). Tanaman Waluh menghasilkan buah yang berukuran besar, berasal dari benua Amerika hingga menyebar luas ke seluruh wilayah terutama yang beriklim hangat.

Daging buah labu kuning Suprema F1 berwarna oranye karena mengandung beta-karotene (salah satu pro Vitamin A dan anti oksidan ). Daging buahnya bertekstur renyah, rasanya manis dengan sedikit asam. Daun waluh ini juga dapat dibuat sayur.

Di Indonesia, labu kuning ini disebut waluh, meskipun sebenarnya  buah labu terdiri dari kelompok tanaman yang lebih luas, seperti labu air, labu ular, labu siam, dan beligo. Labu kuning/waluh berbeda dengan labu jenis lain karena buah yang dimakan yang telah masak ( biasanya berwarna jingga ), ukuran relatif besar, bentuk bulat sampai bulat telur dengan lekukan buah yang jelas dan keras.

TANAMAN LABU KUNING SUPREMA F1

LABU KUNING SUPREMA F1, JUAL BENIH LABU SUPREMA, MENANAM LABU SUPREMA, EASTWESTSEED, LMGAAGRO
PUPUK BUDIDAYA SUPREMA

Di Indonesia, tanaman labu kuning berasal dari kota Ambon, Maluku. Ada 5 species labu yang dikenal salah satunya adalah Cucurbita moschata, dan kelima spesies cucurbita tersebut di Indonesia disebut dengan labu kuning ( waluh ) karena ciri-ciri yang hampir sama.

Buah labu kuning banyak sekali ragamnya, ada yang bulat pipih, lonjong atau panjang dengan alur yang banyak ( sekitar 15 – 30 alur ). Daun labu pun diteliti dapat dijadikan sayur, dan biji buah labu dimanfaatkan sebagai kuaci. Air buahnya berguna sebagai penawar racun binatang berbisa, sedangkan biji juga dapat dijadikan obat cacing pita.

Daging buah labu mengandung antioksidan berkhasiat sebagai penangkal kanker. Labu kuning dapat digunakan untuk penyembuhan radang, untuk kesehatan ginjal, mengobati demam dan diare. Labu kuning mengandung karotenoid ( beta-karoten ), vitamin C dan A, mineral, lemak dan mineral. 

Tanaman labu memiliki banyak varietas, lebih dari 40 jenis varietas labu, namun baru sedikit yang dimanfaatkan manusia sebagai bahan pangan. Sebenarnya, buah labu sangat kaya akan kandungan serat, vitamin, mineral dan air. Sehingga labu sangat bermanfaat bagi kesehatan kita.

Buah labu kuning Suprema F1 dapat mengobati tekanan darah tinggi, menurunkan panas, bermanfaat bagi penderita diabetes dan dapat memperlancar proses pencernaan. Dari sekian banyak jenis labu, labu kuning justru yang banayak dimanfaatkan buahnya. Beragam jenis hidangan dibuat dari buah labu seperti kolak, sup, cake hingga kue-kue basah seperti kue lumpur, talam dan masih banyak jenis masakan lain.

BACA JUGA : LABU MADU ( BUTTERNUT SQUASH ) PEACOCK F1, BUAH MANIS DAN LEMBUT

BUDIDAYA LABU KUNING SUPREMA F1

Lahan untuk budidaya labu kuning Suprema F1 atau waluh harus yang terpapar cahaya matahari langsung, paling sedikit 4 jam sehari. Paparan sinar matahari yang optimal selama 8 jam sehari. Jikaterdapat naungan berupa pohon besar, sulur-sulur batang tanaman labu akan hanya tumbuh merambat ke atas mencari sinar matahari.

Labu kuning dapat tumbuh dimana saja, baik dataran rendah maupun dataran tinggi, hingga pada ketinggian 1500 m dpl juga tanpa perawatan yang terlalu rumit. Syarat yang paling penting yaitu tanahnya harus gembur, subur dan tidak terlalu banyak mengandung air terutama air yang menggenang. Tanah memiliki pH antara 5,5 – 7.

Waktu tanam labu kuning yang tepat adalah akhir musim hujan ( bulan Maret ) atau bila menanam labu kuning di musim kemarau maka pengairan harus diperhatikan. Tidak disarankan menanam labu kuning di saat musim hujan karena banyak hama yang menyerang seperti oteng-oteng ( Epilachna sp ) menyebabkan buah menjdi busuk saat muda.

1. Pengolahan Lahan Menanam Labu Kuning Suprema F1

Tanah untuk menanam labu kuning Suprema F1haruslah gembur dan tersedia air yang cukup, karena tanaman waluh memiliki perakaran yang luas dan aktif meyerap air agar pertumbuhannya dapat optimal. Lahan digemburkan menggunakan cangkul/traktor. Selanjutnya membuat bedengan untuk tanaman labu.

Bedengan tanaman labu kuning Suprema F1 dibuat dengan lebar 1 meter, tinggi bedengan 30 cm dan jarak antar bedengan adalah 40 cm. Panjang bedengan disesuaikan dengan luas lahan. Selanjutnya pemberian pupuk dasar, lebih baik menggunakan pupuk kandang karena lebih murah dan baik untuk kesuburan tanah.Jika pH tanah rendah maka dapat ditingkatkan ke angka normal dengan pemberian Dolomit ± 2 – 4 ton/ha dan disesuaikan dengan nilai pH.

Perakaran tanaman waluh ini sangat rakus terhadap pupuk dan air. Akarnya dapat menyebar luas untuk mencari pupuk dan air, lebih luas dibandingkan akar tanaman semangka dan melon. Sehingga pemberian pupuk kandang sebagai pupuk dasarnya sebaiknya diperbanyak untuk memenuhi kebutuhan tanaman.

LABU KUNING SUPREMA, PEMUPUKAN LABU KUNING, JUAL PUPU MUTIARA, LMGA AGRO
PUPUK NPK MUTIARA

Pupuk NPK Mutiara dapat ditambahkan sebagai pupuk dasar untuk mempercepat laju pertumbuhan tanaman labu. Selanjutnya lahan dibiarkan 2 minggu agar pupuk terurai dan meresap ke dalam tanah. Setelah tanah sudah cukup gembur, bedengan ditutup dengan mulsa plastik hitam perak ( dapat dibeli di Toko pertanian LMGA Agro ). Adanya mulsa, pertumbuhan gulma terkendali, dapat mencegah erosi dan menekan serangan hama dan penyakit tanaman.

Setelah bedengan tertutup mulsa, selanjutnya dibuat lubang tanam dengan menggunakan alat pelubang mulsa (dapat dibeli di Toko pertanian LMGA Agro). Lubang tanam dibuat 2 baris dalam 1 bedengan dengan jarak masing-masing lubang adalah 40 cm. Penanaman yang baik adalah dengan jarak 3 – 4 hari dari pembuatan lubang tanam, bibit baru ditanam di lubang tanam.

BACA JUGA : PELUANG BESAR PASAR WALUH KUNING SUPREMA

PERSIAPAN DAN PENANAMAN BENIH LABU KUNING SUPREMA F1

Cara menanam Labu Kuning Suprema F1 dibibit melalui benihnya. Budidaya labu juga bisa dibibit secara vegetatif, yaitu dengan memotong sulur yang sudah keluar akarnya lalu ditanam di tempat yang lain. Namun penanaman melalui benihnya akan didapatkan pertumbuhan yang serempak. Benih dapat disemaikan dulu pada polybag sampai tumbuh tunasnya. Setelah usia bibit 1 minggu, dapat ditanam di bedengan.

Sebelumnya, benih dapat dikecambahkan dulu dengan menggunakan kain basah. Benih diletakkan pada kain basah dan ditunggu sampai benih berkecambah ( 3 hari ). Untuk lubang tanam dibuat sedalam 3 – 5 cm, lalu benih dimasukkan ke dalam lubang tanam. Petani umumnya meletakkan 2 – 3 benih dalam 1 lubang tanam. Namun benih yang ditanam  tidak boleh ditumpuk tetapi diletakkan berjejer dengan jarak 5 cm. Tujuannya untuk persediaan bila ada bibit yang mati.

Saat benih masih berumur 0 – 7 hari sebaiknya dilapisi kertas koran atau jerami untuk menghindari benih dari kocoran air langsung saat disiram. Setelah bibit cukup kuat, baru kertas koran atau jerami dapat dihilangkan.

PERAWATAN TANAMAN LABU KUNING SUPREMA F1

1. Penyiraman Tanaman

Pada dasarnya tanaman labu dapat ditanam disepanjang musim. Bila menanam labu kuning Suprema F1 di musim hujan maka dipastikan kita tidak perlu melakukan penyiraman. Namun bila menanam labu di musim kemarau maka kita harus rutin melakukan penyiraman agar tanaman dapat tumbuh dengan baik.

2. Pemupukan Susulan

Pemupukan susulan dilakukan untuk mempercepat laju pertumbuhan tanaman. Pupuk susulan menggunakan larutan NPK, dapat dibuat dengan cara melarutkan pupuk Phonska dengan dosis 100 gram per 40 liter air. Kemudian pupuk dikocorkan pada pangkal tanaman. Selanjutnya pupuk juga diberikan saat tanaman mulai berbuah, menggunakan pupuk yang kandungan Kaliumnya lebih tinggi seperti pupuk KCl atau KNO.

3.  Penyemprotan ZPT

Zap Perangsang Tumbuh terbukti dapat meningkatkan hasil panen setiap jenis tanaman. ZPT yang diberikan pada tanaman labu kuning Suprema F1 adalah Auksin dan Giberellin. Auksin dapat meningkatkan pertumbuhan tunas dan akar pada awal-awal pertumbuhan. Giberellin dapat merangsang pertumbuhan bunga dan buah tumbuh menjadi lebat.

Giberellin diberikan saat tanaman mulai berbunga dan menyebabkan jumlah bunga meningkat drastis. Dosis pemberin harus sesuai yang tercantum pada kemasan dan jangan berlebihan.

4. Pembuatan Ajir Untuk Rambatan

Pemasangan ajir untuk tanaman Labu kuning Suprema F1 sebenarnya tidak telalu penting, karena buah labu kuning masih dapat membesar meskipun tidak menggunakan ajir. Namun biasanya, bila sulur-sulur batang tanaman labu dirambatkan pada ajir, maka bentuk buah dapat sempurna dengan warna yang merata.

Kita dapat membuatkan pagar sebagai rambatan batang labu agar buahnya dapat menggantung. Syarat pagar rambatan harus kuat karena berat buah labu dapat mencapai hingga 3 kg bahkan lebih.

BACA JUGA : CARA BUDIDAYA LABU MADU F1 CAP PANAH MERAH HASIL TINGGI

PANEN TANAMAN LABU KUNING SUPREMA F1

LABU KUNING SUPREMA F1, BIBIT LABU SUPREMA, JUAL BENIH LABU SUPREMA, EASTWESTSEED, JUAL ONLINE, HARGA MURAH, LMGA AGRO
BUAH LABU SUPREMA

Panen buah labu kuning Suprema F1 dilakukan pada umur 85 – 90 hari setelah tanam. Tanda buah labu yang sudah tua adalah warna kulit buah yang berubah menjadi kekuningan. Tangkai buah yang sudah keriput dan layu. Rata-rata tanaman labu tidak dapat berumur lama. Setelah buahnya matang, tanamannya juga mulai kering dan mati.

Tingkat kekerasan kulit buah labu penting sebagai nilai kematangan buah, karena bila labu yang dipanen masih lunak kulitnya akan rentan untuk busuk di kemudian hari. Pilihlah buah labu yang kulitnya cukup tebal dan keras karena kulit tersebut dapat melindungi dari gesekan saat pengangkutan atau resiko yang lain.

Batang dan sulur-sulur tanaman labu kuning Suprema F1 yang sudah tua biasanya perlahan akan menjadi kering. Karena sudah mengering tersebut, maka menjadi sulit untuk dipotong sehingga harus menggunakan alat potong untuk melepas buah labu dari tangkainya. Alat yang dipakai, seperti pisau atau gunting, untuk memotong buah Labu haruslah bersih dan tajam.

Jangan memotong paksa buah labu dari tangkainya tanpa menggunakan alat karena dapat mengakibatkan buah cepat membusuk nantinya.

Buah labu Kuning Suprema F1 yang sudah dipanen memiliki umur simpan yang tahan lama. Bahkan buah yang dipanen jauh dari pohon induknya dapat bertahan cukup lama. Setelah buah Labu kuning Suprema F1 yang dipetik, letakkan ditempat yang kering dan teduh serta tidak lembab/basah. Jangan dimasukkan dalam lemari pendingin karena justru akan mempercepat proses pembusukan buah.

Demikian artikel Kami tentang benih Labu Kuning Suprema F1 cap Panah Merah. Benih dapat dibeli di  Toko Pertanian Online LMGA Agro, hubungi P. Budi 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Kami melayani juga konsultasi gratis tentang cara menanam tanaman hortikultura dan permasalahan yang Anda temui di lapangan.

KONSULTASI GRATIS  CARA MENANAM LABU KUNING SUPREMA F1

Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan layanan konsultasi gratis cara menanam serta budidaya labu kuning Suprema F1 serta menyediakan segala kebutuhan pertanian Anda, mulai dari berbagai jenis varietas sayur dan buah, pupuk cair, pestisida, alat-alat pertanian seperti alat kocor, alat pelubang mulsa dan lain-lain.

BACA JUGA : MERAUP UNTUK DARI WALUH GOLDEN MAMA

LMGA Agro siap mengirim pesanan benih Labu kuning Suprema F1, dengan cepat dan tepat waktu ke alamat Anda di seluruh wilayah Indonesia. Kami bekerjasama dengan jasa ekspedisi seperti JNE, POS, TIKI, KI8 dan lain-lain agar pesanan Anda sampai ditempat tujuan. Terimakasih, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *