JUAL BIBIT JAGUNG MANIS BONANZA F1 | MURAH | PANAH MERAH

JAGUNG MANIS BONANZA, BIBIT BONANZA F1, BONANZA F1 MURAH BONANZA F1, JUAL BONANZA F1, AGEN JAGUNG MANIS BONANZA , BONANZA F1 PANAH MERAH
JAGUNG MANIS BONANZA

WWW.LMGAAGRO.COMJual bibit jagung manis Bonanza F1 unggul. Toko Online LMGA AGRO, P. Budi SMS/WA: 08125222117, Telepon : 082141747141. Jagung manis Bonanza di produksi oleh East West Seed Indonesia. Kami siap mengirim benih jagung manis Bonanza harga murah  ke wilayah Indonesia dengan cepat harga Grosir. LMGA AGRO menyediakan benih sayuran, buah, bibit, pestisida, pupuk, sarana prasarana pertanian melayani konsultasi Gratis pertanian.

BIBIT JAGUNG MANIS BONANZA

Jagung manis Bonanza merupakan bibit jagung manis unggul cap Panah Merah. Direkomendasikan untuk ditanam di dataran rendah sampai menengah dan dapat dipanen pada umur 70 – 85 hari setelah tanam.

Tanaman jagung manis Bonanza pertumbuhannya seragam dengan ketinggian yang sedang. Tanaman menghasilkan tongkol yang seragam, bulir tongkol berwarna kuning tua dengan bobot sebesar 300 – 400 gram per buah.

Bulir tongkol jagung manis Bonanza rasanya manis dan lembut, untuk dikonsumsi dalam bentuk segar. Hasil segar yang diperoleh budidaya jagung manis Bonanza sekitar 14 – 18 ton/Ha. Kemasan benih jagung manis Bonanza cap Panah Merah berisi 200 butir benih.

JAGUNG MANIS BONANZA

Jagung manisZea mays Kelompok Saccharata ) adalah kelompok kultivar jagung yang penting dan disukai oleh para petani karena secara komersial budidaya jagung manis menguntungkan. Keunggulan jagung manis terletak pada kandungan gulanya, terutama sukrosa yang tinggi saat dipanen.

Jagung manis berbeda dengan jagung biasa, atau disebut jagung ladang. Jagung biasa dimanfaatkan untuk pakan ternak dalam bentuk tepung, sedangkan jagung manis dikonsumsi dalam bentuk segar.

Jagung manis dimakan dalam bentuk jagung bakar atau perkedel jagung karena rasanya yang manis dan lembut. Atau diolah dijadikan bubur.

Jagung manis diklasifikasikan sebagai sayur mayur, sedangkan jagung biasa masuk kategori palawija. Hal tersebut karena jagung manis dijual segar dan mudah rusak.

BACA JUGA : MERAIH UNTUNG DARI JAGUNG MANIS  F1 BONANZA

Rasa manisnya tidak dapat bertahan lama, satu hingga empat hari saja, sehingga masa simpan jagung manis menjadi penentu kualitas jagung manis kita.

Budidaya jagung biasa/ladang, dipanen saat jagung sudah tua dan sangat matang. Sedangkan jagung manis dipanen saat masih muda karena diolah dengan dibakar atau rebus, sehingga harus dipanen dalam bentuk muda.

CARA MENANAM JAGUNG MANIS BONANZA

Cara menanam jagung manis Bonanza cukup mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Dapat juga dilakukan sebagai usaha sampingan untuk menambah pendapatan keluarga.

Kunci dalam menanam jagung manis yaitu ketekunan, jika dilakukan serius dan fokus maka akan diperoleh hasil yang optimal. Salah satu benih yang banyak membawa sukses petani adalah benih jagung manis Bonanza F1 Cap Panah Merah.

Persiapan Lahan Menanam Jagung Manis Bonanza

Persiapan lahan budidaya jagung manis dilakukan 15 hari sebelum tanam, yaitu dengan mengolah tanah secara intensif.

Pengolahan tanah untuk menanam jagung manis Bonanza  dimaksudkan untuk agar tanah tempat tumbuh tanaman bersifat gembur dan memudahkan tanaman menyerap unsur hara tanah.

BACA JUGA : JAGUNG MANIS F1 BONANZA HARGA MURAH

Untuk tanah yang berat, pengolahan tanah dilakukan lebih intensif sedangkan tanah yang relatif ringan, mengolah tanah secara minimum.

Tanah untuk lokasi tanam jagung manis harus dibajak dengan cara dibolakbalikkan dengan tujuan memperbaiki aerasi dan drainase tanah serta membunuh organisme tanah yang bisa mengganggu tanaman,

Seminggu kemudian, tanah dicangkul kembali dengan meratakan tanah dan dibuat petak-petak tanah ( bedengan ). Diantara bedengan dibuat parit atau saluran air dengan lebar 35 cm.

Bila tanah tampak kurang subur, maka dapat disebar pupuk kandang sebanyak 2.5 ton/ha kemudian diaduk merata.

Penanaman Jagung Manis Bonanza

Penanaman jagung manis Bonanza dilakukan pada bedengan yang telah dipersiapkan sebelumnya. Saat penanaman, tanah disiram air agar lembab namun tidak terlalu becek. Jarak tanam jagung manis Bonanza yaitu 75 x 25 cm.

Tanah ditugal dengan kedalaman 2 cm ( saat musim hujan ) dan kedalaman 4 cm ( saat musim kemarau ). Bila kondisi tanah gembur, aerasi dan drainase tanah baik maka setiap lubang ditanam 1 benih.

Sedangkan bila lahan kurang optimum maka setiap lubang tanam ditanam 2 benih. Untuk mencegah serangan serangga di tanaman jagung manis, sekitar lubang tanam ditaburi karbofuran. 

BACA JUGA : KUNCI SUKSES MENANAM JAGUNG MANIS
Pemeliharaan Tanaman Jagung Manis Bonanza
  • Saat tanaman berumur 1 minggu tanaman jagung manis Bonanza dilakukan penyulaman tanaman yaitu dengan mencabut tanaman yang mati atau tampak sakit dengan bibi tanaman yang tumbuh baik pada satu lubang.

  • Penjarangan tanaman di tanaman jagung manis Bonanza bisa dilaksananan pada tanaman jagung manis mempunyai umur 2 – 3 minggu setelah tanam. Penjarangan di lakukan dengan cara memilih tanaman yang tampak sehat dan tegap sehingga populasi tanaman seragam. Tanaman yang sehat menggantikan tanaman yang mati dan pada satu lubang tanam untuk satu tanaman.

  • Waktu kritis persaingan tanaman jagung manis dengan gulma di tanaman Jagung manis terjadi mulai awal penanaman jagung manis sampai periode sepertiga sampai seperempat umur tanaman jagung manis. Sehingga penyiangan tanaman  dilakukan saat umur tanaman 15 hari setelah tanam.

  • Penyiangan dilakukan dengan hati-hati agar tidak merusak perakaran tanaman. Untuk penyiangan kedua dilakukan bersamaan dengan pembumbunan dan pemupukan kedua. Yaitu kurang lebih berumur 1 bulan setelah tanam.

  • Pembumbunan dilakukan agar batang tanaman kokoh, memperbaiki drainase dan mempermudah pengairan. Cara pembumbunan yaitu dengan mengumpulkan tanah-tanah disekitar tanaman menuju perakaran tanaman. Hingga membentuk gundukan tanah yang dapat menguatkan batang tanaman.

  • Penyiraman jagung manis Bonanza dilakukan lebih intensif terutama saat musim kemarau. Tujuan penyiraman untuk menjaga kelembaban lahan dan agar tanaman tidak kekurangan kadar air untuk pertumbuhannya hingga panen.

  • PEMUPUKAN JAGUNG MANIS BONANZA CAP PANAH MERAH
  • Pemupukan susulan jagung manis dilakukan untuk menyediakan unsur hara dalam tanah bagi tanaman. Pemupukan I saat tanaman berumur 15 hari setelah tanam, yaitu 250 kg/Ha ZA, 220 kg/Ha TSP dan 60 kg/Ha KCl.

  • Pemupukan II yaitu saat tanaman jagung manis Bonanza berumur 25 hari setelah tanam, sebanyak 100 kg/Ha ZA, 150 kg/Ha dan 100 kg/Ha KCl.

  • Pemupukan III saat tanaman berumur 45 hari setelah tanam. Pupuk yang diberikan 150 kg/ha ZA dan 100 kg/ha KCl. Saat pemupukan ketiga dilakukan juga pembumbunan agar tanaman dapat kokoh bila ditiup angin kencang dan melakukan juga pembersihan gulma.

  • Pengendalian hama dan penyakit tanaman. Hama yang biasa menyerang adalah penggerek buah, dan disebabkan oleh ulat Helicoverpa armigera yang hanya menyerang dan terdapat pada tanaman jagung. Hama lain yaitu bercak daun dengan ciri-ciri daun yang terkena yaitu akan terdapat bercak basah pada daun dan memanjang kemudian berwarna coklat mengering pada daun.

Pemanenan  Jagung Manis Bonanza
JAGUNG MANIS BONANZA, BONANZA F1 MURAH, AGEN BONAZA F1, BONANZA F1 HARGA GROSIR, JAGUNG MANIS BONANZA PANAH MERAH, LMGA AGRO
BIBIT BONANZA F1

Tanaman jagung manis biasanya sudah mulai berbunga pada umur 50 hari setelah tanam. Saat tanaman jagung mengeluarkan tongkol biasanya pada satu tanaman terdapat dua tongkol.

Dengan menghilangkan tongkol bagian bawah maka tongkol jagung dapat maksimal tumbuhnya. Setelah tongkol bawah yang masih muda dipangkas, daun-daun di bawah tongkol juga dipangkas.

Tanaman jagung manis Bonanza dapat dipanen saat berumur 83 hari setelah tanam untuk dikonsumsi bentuk segar.

Tongkol jagung manis Bonanza F1 yang siap dipanen yaitu dengan melihat langsung kondisi tongkol atau dengan menekan langsung tongkol dengan ibu jari. Bagian tongkol yang ditekan pada sepertiga biji jagung.

Saat musim hujan, panen jagung manis dapat lebih lama dibandingkan menanam jagung manis saat musim kemarau.

Dan penanaman pada dataran rendah lebih cepat panen dibandingkan penanaman pada dataran tinggi.  Waktu pemanenan sebaiknya saat cuaca panas di siang hari agar bulir jagung dapat berasa manis.

Jagung manis Bonanza yang telah dipanen dapat langsung dibawa ke pengepul atau dimanfaatkan untuk diolah sendiri seperti direbus atau dibakar.

BACA JUGA : JAGUNG MANIS TALENTA 

Demikian ulasan kami tentang bibit jagung manis Bonanza cap Panah Merah dan cara budidaya jagung manis hingga pemanenannya.

JAGUNG MANIS BONANZA, JAUL JAGUNG MANIS BONANZA, BONANZA CAP PANAH MERAH, BONANZA F1 HARGA MURAH
BENIH BONANZA F1

Untuk penjelasan yang lebih detail dapat menemui Kami di Toko On Line LMGA AGRO (Agen, Distributor, Dealer, Resmi). Kami menjual jagung manis Bonanza F1 harga murah, serta menjual benih, pestisida, pupuk, dan alat pertanian  harga murah dan terjangkau.

Toko pertanian LMGA AGRO juga melayani konsultasi GRATIS cara  budidaya jagung manis Bonanza F1  Cap Panah Merah dan budidaya pertanian tanaman hortikultura. Hubungi toko pertanian LMGA AGRO di bapak Budi : Telp. 082 141 747 141 atau SMS/WA 0812 5222 117. Selamat mencoba semoga sukses .

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *