JUAL BENIH KACANG PANJANG KANTON TAVI PANAH MERAH

KACANG PANJANG KANTON TAVI, KANTON TAVI PANAH MERAH, KANTON TAVI CAP PANAH MERAH, KANTON TAVI HARGA MURAH, JUAL BENIH KANTON TAVI, LMGA AGROlmgaagro.com — Jual benih kacang panjang Kanton Tavi  Panah Merah. Benih dapat dibeli di Toko Pertanian Online LMGA Agro, hubungi P. Budi 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Benih  kacang panjang Kanton Tavi merupakan bibit varietas kacang panjang Idola petani Indonesia dari Panah Merah produksi PT East-West Seed Indonesia ( EWINDO ). Dapatkan kacang panjang Kanton Tavi harga murah di toko online LMGA AGRO.

LMGA Agro juga melayani konsultasi pertanian secara gratis seputar cara menanam benih kacang panjang Kanton Tavi, budidaya kacang panjang, menanam kacang panjang, cara merawat tanaman kacang panjang, pupuk kacang panjang, cara pemupukan kacang panjang hingga kendala dalam menanggulangi serangan organisme pengganggu tanaman.

LMGA Agro siap mengantar pesanan Anda ke alamat yang dituju ke seluruh wilayah Indonesia dengan cepat menggunakan jasa ekspedisi seperti JNE, TIKI, POS, KI8 dan lain-lain.

KACANG PANJANG KANTON TAVI BENIH PANAH MERAH

Kacang panjang Kanton Tavi merupakan benih kacang panjang super cap Panah Merah yang diproduksi oleh PT East-West Seed Indonesia ( EWINDO ).

Kacang panjang Kanton Tavi cocok ditanam di dataran rendah hingga menengah. Benih kacang panjang Kanton Tavi memiliki ketahanan terhadap virus MYMIV ( Mungbean Yellow Mosaic India Virus ), Bw ( Bacterial wilt ) dan Fw ( Fusarium wilt ). Tahan layu Fusarium dan layu Bakteri.

Kacang panjang Kanton Tavi memiliki bentuk polong yang silindris, warna hijau dan pada ujungnya berwarna ungu.

Ukuran Panjang kacang panjang kanton Tavi produk Cap Panah Merah  adalah 67 cm, benih sangat toleran penyakit ujung mecut ( menyerang daun ).

Umur panen kacang panjang Kanton Tavi adalah 48 – 55 hari setelah tanam dan potensi hasil 25 – 30 ton/ha.

Nama latin kacang panjang Vigna unguiculata ssp. sesquipedalis, merupakan tumbuhan yang buahnya dimanfaatkan sebagai sayur atau lalapan.

Kacang panjang tumbuh dengan cara memanjat atau melilit. Bagian yang dijadikan sayur/lalapan yaitu kacang panjang yang masih muda dan serat-seratnya masih lunak.

Tanaman kacang panjang banyak ditemui di daerah panas di Asia. Daunnya yang disebut lembayung, dapat dijadikan sayuran hijau. Tanaman berbentuk perdu/semak dengan ketinggian mencapai hingga 2 meter atau lebih.

MANFAAT KACANG PANJANG KANTON TAVI BAGI KESEHATAN

  1. Kandungan vitamin K dalam kacang panjang Kanton Tavi bagus untuk memperlancar peredaran darah dan mencegah terjadinya pengerasan pada pembuluh darah sehingga tidak terjadi penyakit jantung koroner atau gagal jantung.

  2. Kandungan vitamin B dalam kacang panjang Kanton Tavi dapat membuat tubuh selalu bugar dan sehat. Konsumsi yang rutin menghindarkan kita dari rasa mudah lelah.

  3. Kandungan vitamin K juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya keropos tulang atau oestoporosis. Konsumsi kaacang panjang mentah dapat memenuhi kebutuhan harian vitamin K sebanyak 20% dan cukup untuk dapat mencegah terjadinya oestoporosis.

  4. Kacang panjang sebagai sumber antioksidan karena mengandung vitamin C, mineral dan betakaroten. Antioksidan sudah terbukti membantu tubuh dalam menangkal radikal bebas penyebab kanker.

  5. Sebagaimana sayuran jenis kacang-kacangan lain, kacang panjang juga bermanfaat untuk mengontrol kadar gula berlebih dalam darah penyebab diabetes melitus.

  6. Kacang panjang mengandung kalori dan kadar gula yang rendah sangat aman bagi penderita diabetes. Sebanyak 3 – 4 batang kacang panjang dapat dijadikan jus atau ditambah sedikit air untuk dikonsumsi setiap pagi. Bila tidak tahan dengan bau yang dihasilkan dari jus kacang panjang, dapat ditambahkan dengan buah lain.

BACA JUGA : BENIH KACANG PANJANG 

BUDIDAYA KACANG PANJANG KANTON TAVI PANAH MERAH

Kacang panjang Kanton Tavi menyukai lahan dengan jenis tanah latosol atau lempung berpasir, gembur dan subur. Jenis tanah yang kaya unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman dan memiliki drainase yang baik. Tanah yang memiliki pH normal 5 – 6.

Daerah yang memiliki suhu 25 – 30 °C dan curah hujan antara 700 – 1200 mm/tahun. Menanam kacang panjang yang ideal pada ketinggian yang tidak lebih dari 800 m dpl dengan iklim kering.

1. Persiapan Lahan Budidaya Tanaman Kacang Panjang Kanton Tavi

Lahan digemburkan dengan cara dicangkul, lahan dibersihkan dari rumput-rumput liar dan batu-batu. Tanah ditebarkan pupuk sebanyak 1 ton/ha. Setelah tanah dipupuk dibiarkan selama 7 hari.

Selanjutnya dibuat bedengan dengan lebar ± 80 cm, tinggi 30 cm, jarak antar bedengan 40 – 50 cm dan panjang disesuaikan dengan luas lahan. Bedengan diberi lubang tanam dengan jarak tanam 30 x 40 cm.

2. Cara Menanam Kacang Panjang Kanton Tavi

Cara menanam benih kacang panjang Kanton Tavi adalah dengan menanam langsung pada bedengan, dengan memasukkan 2 – 3 benih kedalam lubang tanam sedalam 1 – 2 cm lalu ditutup dengan tanah atau abu sekam. Benih akan berbunga pada umur 30 hari.

Waktu tanam yang tepat yaitu pada pagi/sore hari saat matahari tidak bersinar terik. Penanaman dilakukan pada akhir musim kemarau atau awal musim hujan. Dapat juga ditanam sepanjang musim asalkan mendapatkan air yang memenuhi sepanjang pertumbuhannya.

3. Penyulaman Bibit Kacang Panjang Kanton Tavi

Penyulaman dilakukan untuk bibit yang mati, tampak sakit dan abnormal dengan mencabut tanaman langsung dari tempatnya tumbuh.

Segera diganti benih baru, langkah ini dilakukan sampai umur tanaman 3-5 hari setelah tanam. Lebih dari sebaiknya tidak diganti lagi agar nantinya tanaman tumbuh seragam dan serempak tumbuhnya.

4. Penyiangan Budidaya Kacang Panjang Kanton Tavi

Penyiangan dilakukan saat tanaman berumur 2 – 3 minggu setelah tanam, disesuaikan dengan kondisi lahan. Penyiangan dilakukan dengan cara mencabut menggunkan tanagn alat dibersihkan dengan alat kored.

5. Pemangkasan Tanaman Kacang Panjang

Pemangkasan dilakukan bila tanaman terlalu rimbun, pemangkasan terhadap daun maupun bagian ujung batang. Pemangkasan dilakukan sebanyak 4 – 5 cabang samping terbawah. Tanaman kacang panjang yang terlalu rimbun dapat menghambat pertumbuhan bunga.

6. Pemupukan Susulan Tanaman Kacang Panjang Kanton Tavi

Pemberian pupuk susulan tanaman kacang panjang pada umur 45 hari setelah tanam, pupuk yang diberikan yaitu 50 kg/ha Urea, 25 kg/ha SP-36 dan 75 kg/ha KCl. Pupuk diberikan di dalam lubang pupuk yang dibuat di kanan kiri lubang tanaman.

Cara pemupukan lain yaitu menggunakan campuran TSP, ZA dan KCl dengan perbandingan 2 : 1 : 1. Pemupukan pertama dilakukan saat tanaman berusia 1 minggu dengan cara ditaburkan dengan dosis sebanyak 5 – 10 kg/1000 tanaman.

Pemupukan selanjutnya diberikan dengan interval 1 minggu sekali. Penyiraman sebaiknya dilakukan setiap 2 hari sekali saat musim kemarau atau disesuaikan dengan musim saat menanamnya.

BACA JUGA : MENANAM KACANG PANJANG YANG BAIK DAN BENAR 

HAMA – HAMA KACANG PANJANG

  1. Lalat Kacang Panjang, ulat ini bertubuh kecil menyerang daun hingga warna daun menjadi kekuningan, terdapat bintik putih di sekitar tulang daun, pada pangkal batang terjadi perakaran sekunder dan membesar. Pengendalian menggunakan insektisida selain itu juga melakukan pergiliran tanaman.

  2. Ulat bunga, larvanya mengganggu bagian bunga dan menyerang polong. Untuk mencegah populasi ulat semakin banyak, bisa disemprotkan insektisida yang sesuai. Melakukan rotasi tanaman dengan tanaman yang bukan dari kacang-kacangan.

  3. Hama Pengerek polong. Gejala serangan hama ini yaitu polong tampak pada bunga dan bakal polong yang rusak kemudian bunga menjadi rontok. Satu ekor larva selama hidupnya dapat merusak 4 – 6 bunga per tanaman. Polong yang berlubang menyebabkan biji pada polong menjadi rusak. Menyerang polong dengan cara melubangi kulit polong, kemudian memakan daging buah dan biji-biji muda yang ada didalam polong. Mencegah serangannya dapat juga menggunakan perangkap kupu-kupu di beberapa tempat. Bila sudah terinfeksi maka disemprotkan insektisida dengan tepat sesuai dosisnya.

  4. Hama Kutu Aphids Croccivora selalu bergerombol di balik daun. Serangannya menyebabkan daun mengeras dan menggulung kedalam dan timbul embun jelaga. Agar tidak terserang, hindari menanam kacang panjang berdekatan dengan tanaman yang lebih tua. Namun bila sudah terserang hama ini maka semprotkan daun bagian bawah menggunakan insektisida yang tepat dan sesuai anjuran pada label kemasan.

PENYAKIT – PENYAKIT TANAMAN KACANG PANJANG

  1. MYMIV , Mungbean Yellow Mosaic virus patogen dari keluarga Geminiviridae. Dari semua jenis virus yang menyerang tanaman kacang-kacangan, penyakit Mungbean Yellow Mosaic salah satu yang paling merusak dan meluas hingga dari berbagai negara. Merusak daun hingga berwarna kuning dan menimbulkan kerugian besar pada budidaya kacang panjang.

  2. Kutu Daun, hama Aphis yang menyerang bagian tanaman kacang panjang gejala serangan tampak pada ujung batang yang masih muda. Kutu daun menghisap cairan pada tanaman dan mengakibatkan tanaman kacang panjang menjadi kerdil/pertumbuhan terhambat. Hama Kutu daun menyerang tanaman sejak dari awal pertumbuhan hingga masa pembentukan bunga dan polong. Kerusakan akibat Kutu daun pada bagian tanaman yang masih muda seperti tunas dan tangkai daun yang masih muda.

  3. Penyakit mozaik, biasanya menyerang daun muda, ditandai dengan adanya bercak seperti mozaik berwarna gelap.

PENGENDALIAN DAN PENCEGAHAN penyakit pada tanaman kacang panjang terutama menggunakan benih kacang panjang hibrida, juga melakukan sanitasi lingkungan dan melakukan kontrol saluran drainase.

Beberapa penyakit semakin berkembang jika kondisi udara panas dan lembab seperti saat musim hujan yang tiba-tiba panas terik. Pengendalian menggunakan fungisida yang efektif dan tepat, dosis sesuai anjuran dalam kemasan.

PANEN DAN PASCA PANEN KACANG PANJANG KANTON TAVI

Umur panen kacang panjang Kanton Tavi adalah 48 – 55 hari setelah tanam. Polong kacang panjang Kanton Tavi yang dipanen saat masih muda dengan ciri-cirinya : bentuk masih silindris, warna hijau segar ( belum kekuningan ) dan polong belum bernas.

Polong-polong kacang panjang Kanton Tavi yang sudah dipetik menggunakan pisau, dikumpulkan pada tempat yang teduh. Setelah terkumpul semua, perlu dilakukan sortasi untuk memisahkan polong berdasarkan beberapa grade ( grade A – C ).

BACA JUGA : TANAM KACANG PARADE TAVI PETANI BEBAS VIRUS KUNING

KACANG PANJANG KANTON TAVI, BENIH KACANG PANJANG KANTON TAVI, KANTON TAVI KACANG PANJANG, KACANG PANJANG PANAH MERAH, LMGA AGRO, JUAL BENIH KANTON TAVI
KACANG PANJANG KANTON TAVI

Grade A yaitu polong muda, bentuk normal dan sehat. Grade B – C yaitu polong kacang panjang yang tua, bentuk tidak normal dan ada serangan ulat penggerek polong.

Kacang panjang dikemas berdasarkan kelompok gradenya. Grade A dikemas dalam box plastik dengan susunan searah dan posisi tidur ( horizontal ) agar kacang panjang tidak patah.

Kualitas kacang panjang grade A biasanya untuk memenuhi permintaan dari swalayan/supermarket. Sedangkan untuk polong grade B – C dikemas dengan cara mengikat lalu dibungkus dengan lembaran karung. Grade B – C untuk dijual di pasar tradisional.

Demikian artikel mengenai benih kacang panjang Kanton Tavi cap Panah Merah produksi PT East-West Seed Indonesia.

Benih dapat dibeli di toko pertanian Online LMGA Agro, hubungi P. Budi 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). LMGA Agro juga menerima konsultasi gratis cara menanam bibit kacang panjang Kanton Tavi.

LMGA Agro juga menyediakan benih-benih sayur kacang panjang dan buah hortikultura yang berkualitas unggul, menyediakan alat-alat pertanian dan sarana prasarana budidaya tanaman.

LMGA Agro siap mengantar pesanan Anda benih kacang panjang Kanton Tavi Panah Merah dengan cepat ke seluruh wilayah Indonesia menggunakan jasa ekspedisi seperti JNE, TIKI, POS, KI8 dan lain-lain.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *