BENIH KUBIS, MANFAAT KUBIS DAN CARA MENANAM KUBIS

cara menanam kubis-benih kubis
cara menanam kubis-benih kubis

WWW.LMGAAGRO.COMBenih Kubis, Manfaat Kubis Dan Cara Menanam Kubis. Tersedia benih kubis berkualitas di Toko Pertanian Online LMGA AGRO jual benih murah. Kontak Person P. Budi Telp.082141747141;SMS/WA:08125222117. Silahkan hubungi, kami siap melayani pengiriman pesanan benih tanaman, pupuk, obat dan hormon pertanian seluruh wilayah Indonesia. Kami menyediakan layanan Konsultasi Gratis Cara menanam Kubis yang baik dan benar.

BENIH KUBIS / KOL DAN CARA MENANAM KUBIS / KOL
CARA MENANAM KUBIS, gambar kubis-benih kubis
gambar kubis-benih kubis

Sayuran hijau merupakan salah satu bahan pangan yang penting dan harus dikonsumsi setiap orang. Salah satunya manfaat makan sayur seperti sayur kol untuk mencukupi nutrisi dan unsur-unsur vitamin mineral tubuh. Sehingga kesehatan tubuh kita tetap terjaga dengan rutin mengkonsumsi sayuran.  Salah satu jenis sayuran yang sudah familiar dengan kita adalah jenis kubis-kubisan. Tanaman yang masuk keluarga kubis ( Brassicaceae ) diantara lainnya kubis atau kol, brokoli, bunga kol. Kubis/kol salah satu jenis sayuran yang populer dan banyak disukai masyarakat. Banyak jenis makanan yang mengandung bahan sayuran berupa kol/kubis. Banyak pula resep kubis dalam berbagai model masakan dan juga panduan cara memasak sayur kol/kubis. Hingga artikel yang membahas mengenai manfaat sayur kol dan mengulas mengenai panduan cara menanam kubis yang baik dan benar. Masyarakat sudah menganggap bahwa kesehatan menjadi kebutuhan, sehingga mengonsumsi sayuran termasuk kol/kubis menjadi hal penting. Ditunjang harga kubis yang relatif terjangkau menjadikan peminat yang banyak.

Tanaman kubis/kol pada awalnya banyak dijumpai dan dibudidayakan di daerah dataran tinggi. Dengan hawa yang sejuk, suhu rendah dan cenderung dingin merupakan ciri habitat kubis/kol. Namun saat ini dengan inovasi dan penelitian dalam bidang pertanian, perusahaan benih menciptakan benih kubis/kol dataran rendah. Dengan adanya benih kubis/kol yang lebih toleran terhadap panas dan suhu tinggi sangat membantu meningkatkan budidaya tanaman hortikultura ini. Berikut ini beberapa benih tanaman kubis/kol yang banyak diminati petani dan konsumen pelanggan dari Toko Pertanian LMGA AGRO.

  • Benih Kubis Hibrida Dataran Rendah : K-K CROSS produk dari TAKII SEED, SUMMER AUTUMN, TAKADA (Tahan akar Gada) produk dari Known You Seed

  • Benih Kubis Hibrida Dataran Menengah : GREEN AUTUMN produk dari Known You Seed, GRAND 22 produk dari CHIA TAI ( Cap Kapal Terbang)

  • Benih Kubis Hibrida Dataran Tinggi : GREEN NOVA produk dari TAKII SEED, GREEN AUTUMN produk dari Known You Seed, GRAND 22 produk dari CHIA TAI ( Cap Kapal Terbang)

MANFAAT KUBIS / KOL BAGI KESEHATAN

Manfaat Kol/kubis sangatlah banyak bagi kesehatan tubuh kita. Beberapa manfaat kubis bila dikonsumsi baik sebagai sayuran segar atau dalam bentuk olahan masakan antara lainnya.

  • Kandungan vitamin C kubis/kol lebih tinggi dari buah jeruk membuat mengonsumsi kubis baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Meningkatkan sistem imun tubuh.

  • Kandungan serat tinggi yang terdapat pada sayur kubis baik untuk menjaga saluran pencernaan sehingga terhindar dari sembelit.

  • Kandungan beberapa mineral seperti magnesium, kalsium dan potasium memberikan efek kesehatan terhadap tulang tubuh. Menjaga dari penyakit tulang keropos.

  • Kandungan anti oksidan yang tinggi mampu menjaga dari radikal bebas penyebab kanker. Sehingga bisa berperan sebagai pencegah kanker yang efektif.

  • Kandungan vitamin, mineral dan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh,bisa menggantikan konsumsi bahan pangan yang berkalori tinggi. Sehingga efektif bagi yang menjalankan program diet alami.

  • Kandungan nutrisi kubis/kol yang disebut beta karoten bermanfaat bagi kesehatan mata. Menjaga mata dari katarak, mempertajam penglihatan dan mencegah penurunan daya penglihatan karena usia.

  • Kandungan vitamin K dan antosianin berguna untuk nutrisi organ otak. Meningkatkan konsentrasi dan menghindarkan dari alzheimer dan demensia. Khususnya pada kubis merah.

  • Mengonsumsi kubis yang telah dikukus juga baik untuk penderita kolesterol. Karena kandungan serat pada kubis terikat dengan baik pada saat terkukus dan mampu membawa asam empedu terbuang lancar dari saluran pencernaan. Hasilnya penurunan terhadap kolesterol.

BACA JUGA : K-K CROSS RAJANYA TANAMAN KUBIS DATARAN RENDAH

BACA JUGA : TANAMAN KUBIS GRAND 22 ANDALAN PETANI DATARAN RENDAH

BACA JUGA : GREEN NOVA RAJA KUBIS DATARAN TINGGI

SYARAT TUMBUH PADA CARA MENANAM KUBIS / KOL

CARA MENANAM KUBIS, GAMBAR KUBIS
gambar kubis

Varietas kol atau kubis pada awalnya banyak dibudidayakan di dataran tinggi pada ketinggian sekitar 700-1000mdpl. Tanaman kubis idealnya tumbuh baik pada ketinggian 800mdpl dengan curah hujan yang mencukupi serta suhu 18-20 derajat celsius. Pada saat ini sudah dikembangkan benih kubis untuk dataran rendah, menengah. Kubis dataran rendah mempunyai  daya tahan terhadap panas dengan usia panen lebih cepat dibandingkan kubis dataran tinggi. Untuk kubis dataran menengah rata-rata beradaptasi pada  ketinggian antara 400-800mdpl, dengan suhu antara 18-30 derajat celsius. Kondisi tanah yang dibutuhkan untuk lahan tanam gembur dan bernutrisi cukup dengan pH antara 6-6,5.

Olah Lahan Tanam Untuk Budidaya Kol / Kubis

Pilih lahan tanam sesuai varietas benih kubis yang akan ditanam. Olah tanah dengan alat pertanian hingga kondisi tanah gembur sedalam 20-30cm. Bersihkan lahan dari gulma dan tanaman pengganggu lainnya. Campurkan dolomit sekitar 2ton/ha untuk mendapatkan keseimbangan unsur keasaman tanah. Bikin bedengan-bedengan dengan masing-masing lebar 1m, tinggi 30cm,jarak antar bedengan 30cm. Untuk panjangnya menyeseuaikan lahannya. Berikan pupuk dasar berupa pupuk kandang matang dan pupuk kimia seperti TSP, KCL, ZA. Untuk komposisi menyesuaikan tinggi rendah kawasan lahan budidayanya atau bisa menggunakan komposisi TSP/SP36, ZA, KCL perbandingan 2:2:1. Penaburan dilakukan bersamaan dengan pupuk kandang kemudian didiamkan 2-3minggu sebelum penanaman bibit kubis/kol.

PEMBIBITAN DAN PINDAH TANAM PADA CARA MENANAM KUBIS / KOL

Persemaian Pada Budidaya Kol / Kubis

Siapkan polybag, siapkan media tanah untuk menyemai yaitu campuran tanah dan pupuk kandang matang dengan perbandingan 2:1. Setelah itu masukkan media semai yang sudah dibiarkan selama 1 minggu ke masing-masing polybag. Siapkan varietas benih kubis/kol yang akan ditanam, sesuaikan dengan lokasi tanam dengan pilihan jenis benihnya. Dilanjutkan tanam benih per polybag 1-2 benih sedalam 1-2cm. Kemudian basahi polybag yang sudah ditanami benih kubis/kol dengan alat semprot secukupnya. Hindarkan persemaian benih tadi dari paparan langsung sinar matahri atau bisa gunakan sungkup berupa mulsa plasti diatasnya. Penggunaan sungkup juga menjaga dari air hujan dan embun pagi.  Benih akan berkecambah setelah 3-4hari. Buka sungkup bila memakainya, beri cukup udara dan jaga dari sinar matahari langsung. Kemudian pelihara bibit tersebut hingga keluar beberapa helai daun kubis atau setidaknya sampai usia 25-30hari.

Penanaman Bibit Tanaman Kol / Kubis Dan Pemeliharaannya

Proses cara menanam kubis pada lahan tanam pertama pasang mulsa plastik pada lahan tanam, untuk mendapatkan pemeliharaan optimal nantinya hingga panen. Karena banyak manfaatnya penggunaan mulsa plastik pada budidaya tanaman sayur seperti kubis/kol,brokoli dsb. Buat lubang tanam pada lahan bedengan yang disiapkan dengan menggunakan pelubang mulsa/tugal. Dengan beberapa pilihan untuk jarak tanam 70 x 50 cm, 60 x 50 cm, 40 x 50 cm, 40 x 40 cm. Pindahkan bibit yang terlihat segar dari persemaian ke lubang tanam, tanam lalu tutupi tanah dan ditekan sedikit. Kemudian siram air secukupnya untuk menjaga dari layu. Pemindahan bibit lebih baik dilakukan pada sore hari.

PEMELIHARAAN TANAMAN PADA CARA MENANAM KUBIS / KOL

cara menanam kubisPenyiraman juga perlu diperhatikan, apalagi untuk budidaya kubis dataran rendah. Ditambah lagi pada musim kemarau. Penyiraman dilakukan rutin 2-3 hari sekali atau bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan cuaca. Bisa juga dilakukan penyiraman setiap hari pagi sore apabila kemarau. Pada usia tanaman kubis/kol tersebut  antara 1-30HST pada lahan tanam, gunakan penyiraman kocor atau semprot secara langsung. Untuk usia diatas 30HST bisa menggunakan sistem leb atau memanfaatkan parit saluran air antar bedengan digenangi air hingga bedengan juga.

Penyulaman tanaman kol/kubis dilakukan untuk menyisipkan atau mengganti tanaman kol/kubis yang rusak atau mati dengan tanaman kol/kubis yang sehat. Tanaman kol/kubis tersebut diambil dari tempat persemaian. Paling tidak bisa dilakukan penyulaman pada usia 14HST. Pemeliharaan berupa penyiangan juga perlu dilakukan secara rutin terhadap tanaman gulma. Karena tanaman gulma bisa menghabiskan nutrisi tanah yang semestinya untuk tanaman kol/kubis. Penyiangan  gulma membantu menghilangkan tempat bersembunyi hama dan penyakit yang bisa mengganggu budidaya kubis. Penyiangan bisa dilakukan 2-3kali dalam sekali musim tanam.

PERAWATAN TANAMAN PADA CARA MENANAM KUBIS / KOL

Perawatan Tanaman Kol / Kubis

Pada fase pembentukan crop perlu diberikan pemupukan susulan Urea, KCL, ZA perbandingan 1:2:3. Aplikasi pemupukan susulan dilarutkan dan dikocorkan pada tanaman untuk mempermudah penyerapan dan menghemat pupuk. Begitu selanjutnya pemupukan susulan kedua seterusnya bisa dilakukan setiap 10-15hari sekali. Untuk perempelan tunas samping dilakukan rutin sejak awal agar pembentukan bunga bisa optimal.

Untuk fase pembentukan crop hingga menjelang panen serangan hama dan penyakit perlu diwaspadai. Apalagi awal musim kemarau serangan hama mengalami peningkatan. Hama tersebut antara lain ulat tanah, ulat daun kubis, ulat krop kubis, ulat krop bergaris. Penanggulangan bisa menggunakan pestisida khusus mengatasi ulat atau menggunakan cara alami yaitu memperbaiki sanitasi. Cabut dan musnahkan tanaman yang terserang berat. Ganti tanaman dengan yang baru dan sehat untuk yang terkena serangan rebah kecambah. Fase mendekati panen usahakan penanganan tidak menggunakan pestisida lagi terhadap tanaman, tetapi manual. Penyiangan manual untuk menekan serangan ulat dilakukan seminggu sekali. Perbaiki sanitasi, buang bakar bagian tanaman yang terserang penyakit seperti pada daun kol/daun kubis. Segera konsultasikan pada praktisi pertanian apabila serangannya cenderung memburuk, untuk mendapatkan solusi lebih baik.

BACA JUGA : BUDIDAYA TANAMAN KUBIS YANG BAIK DAN BENAR
PANEN TANAMAN KUBIS / KOL

Masa Panen Tanaman Kol / Kubis

cara menanam kubisUntuk tanaman kol /kubis siap untuk dipanen apabila muncul ciri-ciri seperti bagian dalam korp padat. Lapisan luar korp membuka  melengkung keluar  dan berwarna keunguan. Untuk usia panen tanaman kol/kubis mencapai 70-90hari, tergantung varietas benih dan keadaan lahan tanamnya. Agar kubis atau kol tetap terjaga sertakan daun kol beberapa helai ketika memotongnya. Daun kubis/kol yang ikut terpotong bisa menahan gesekan-gesekan agar tida rusak pada saat pengemasan dan pengangkutan nantinya. Taruh tempat yang teduh dan jangan dilempar atau ditumpuk karena mudah rusak.

Demikian ulasan mengenai benih kubis/kol, brokoli yang mungkin bisa menjadi alternatif pilihan untuk budidaya kol/kubis. Juga sedikit informasi mengenai cara menanam kubis / kol baik untuk dataran rendah maupun dataran tinggi. Untuk mendapatkan informasi lebih detil mengenai cara menanam kubis / kol, bisa menghubungi pihak LMGA AGRO. Kami juga melayani konsultasi mengenai pertanian. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *