SI BUAH BESAR CABAI F1 TM SCARLET

tm-scarlet, benih cabai, cabai besar, tm seedsCabai merupakan salah satu jenis komuditas hortikultura yang tidak pernah lepas diburu oleh masyarakat. Masyarakat Indonesia yang mayoritas pencinta pedas tidak mungkin bisa melupakan bahkan meninggalkan si sumber pedas ini begitu saja meskipun harga di pasaran semakin melonjak. Seperti kita tahu di awal tahun baru 2017, harga cabai hampir tak terkendali, sekilonya saja sekarang sudah mencapai Rp 120 rb. Hampir naik 50 % dari harga semula yang hanya Rp 60 rb/kg. Namun hal ini sungguh tak menyurutkan minat masyarakat untuk tetap membeli dan mengonsumsi cabai. Tidak hanya untuk kebutuhan konsumsi rumah tangga tetapi juga kebutuhan usaha rumah makan, depot, maupun restoran.

Cabai sering kali dijadikan sebagai bumbu masakan sehingga masakan akan memiliki cita rasa pedas yang menggugah selera. Kandungan senyawa capsaicin pada cabailah yang menyebabkan ketagihan dan membangkitkan nafsu makan bagi para pengemarnya. Memakan makanan pedas kini telah menjadi kebiasaan di masyarakat.

Beraneka ragam kuliner dan rumah makan dengan menu andalan super pedas semakin diminati masyarakat baik tua maupun muda dengan tingkat atau level kepedasan yang sesuai keingginan. Tentu saja dengan hal ini, membuktikan bahwa berbisnis cabai berpeluang besar untuk meraih keuntungan yang besar. Mengingat pasar cabai semakin luas dan permintaannya yang semakin tinggi.

Berdasarkan data dari kementan tahun 2016, kebutuhan atau konsumsi cabai nasional setiap harinya diperkirakan mencapai 150 ribu ton. Separuh dari jumlah itu untuk keperluan rumah tangga dan sisanya untuk industri. Sedangkan area penanaman cabai untuk cabai besar seluas 152 ribu ha dan cabai rawit 188 ribu ha dengan perkiraan produksi masing-masing 1,2 ton dan 940 ribu ton. Untuk di daerah sentra produksi cabai di Pulau jawa berkontribusi sebesar 51 %, Sumatra 17%, Sulawesi 4%, dan sisanya dari daerah lainnya.

Prospek berbisnis cabai sangat menguntungkan terutama bagi para petani. Banyak petani kini beralih dan mencoba membudidayakan cabai karena dirasa keuntungannya cukup besar. Karena cabai setiap harinya terus dibutuhkan oleh masyarakat. Harga cabai pun akan mengalami kenaikan pada saat hari-hari tertentu seperti hari raya atau tahun baru seperti saat ini. Jika petani membudidayakan cabai maka akan mendapat keuntungan besar.

Namun perlu diingat budidaya cabai terbilang susah-susah gampang. Misalkan pada saat musim penghujan seperti ini tanaman cabai mudah terserang penyakit maka petani perlu melakukan perawatan yang intensif agar kerugian tidak terjadi.

Cabai memiliki tiga jenis yang sering dibudidayakan yaitu cabai rawit, cabai keriting, dan cabai merah besar. Biasanya yang paling digemari adalah cabai rawit karena rasanya yang pedas. Tapi tak menutup kemungkinan untuk jenis cabai merah besar juga sering dicari masyarakat. Jenis cabai merah biasanya sering digunakan sebagai bahan pelengkap makanan. Ukuran cabai ini besar dan kulit buahnya halus dan mengkilat.

Cabai merah besar memiliki rasa yang tidak terlalu pedas namun harga jual cabai ini lebih tinggi dibandingkan cabai rawit. Selain itu, cabai merah besar juga dapat digunakan sebagai pewarna alami pada masakan sehingga akan menimbulkan daya tarik untuk menyantap makanan tersebut. Kepopularitasan cabai ini juga tak kalah di kalangan petani dan hampir setara dengan cabai rawit. Banyak petani yang sudah membudidayakan cabai merah besar dan keuntungannya bisa dibilang cukup menjanjikan karena mereka melakukan teknik budidaya yang baik dan benar serta penggunaan benih cabai yang berkualitas. Jadi, tidak sembarangan benih yang bisa dipakai untuk budidaya, hanya benih yang bagus yang dapat menghasilkan panenan yang bagus pula.

Saat ini sudah banyak Varietas Cabai besar yang dapat menjadi pilihan kita, antara lain : Cabai merah besar F1 Arimbi 85, cabai F1 Columbus dari Cap Kapal Terbang, cabai besar F1 Gandewa Cap Panah Merah, Cabai merah besar F1 Baja Cap Panah Merah serta Cabai merah besar TM Scarlet dari TM Seed. Salah satu benih cabai merah besar yang dapat menjadi pilihan petani adalah benih cabai besar F1 TM Scarlet. Benih Cabai F1 TM Scarlet adalah jenis cabai besar hibrida yang diproduksi oleh perusahaan benih Tani Makmur cap TM Seeds. Benih ini telah terjamin kualitasnya dan berstandarisasi. Adapun deskripsi dari cabai TM Scarlet sebagai berikut:

1. Cabai TM Scarlet direkomendasikan untuk dataran rendah sampai menengah
2. Tanaman kuat dan kokoh
3. Tanaman toleran terhadap penyakit antraknose dan layu
4. Cabai F1 TM Scarlet dapat dipanen pada umur 85 HST
5. Buah berwarna merah menyala
6. Buah TM Scarlet berukuran besar dengan panjang 14-16 cm dan diameter 1,5 cm
7. Buah padat dan keras sehingga tahan pengangkutan jarak jauh

Si buah besar  Cabai F1 TM Scarlet. Benih cabai besar F1 TM Scarlet tersedia dalam kemasan 10 gram. Apabila berminat benih cabai TM Scarlet bisa anda dapatkan di Toko Pertanian Online LMGA AGRO. Toko Online LMGA AGRO menyediakan benih, pupuk, pestisida, dan sarana pertanian lengkap dengan harga terjangkau. LMGA AGRO siap mengirimkan pesanan ke seluruh wilayah Indonesia melalui jasa ekspedisi terpercaya seperti JNE, POS, TIKI, KI8, dsb. Kami juga melanyani konsultasi gratis budidaya tanaman hortikultura. Silakan hubungi Toko Pertanian LMGA AGRO di CP Budi Telp. 082 141 747 141 atau SMS/WA 0812 5222 117.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *